22 June 2018

5 Fakta Seputar Selulit

fakta selulit

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan wanita tentunya ingin punya kulit yang halus, lembut dan mulus. Namun, seringkali kaum hawa tidak bisa terhindar dari berbagai macam masalah kulit. Nah, salah satu masalah kulit yang paling mengganggu untuk wanita, apalagi kalau bukan selulit. Punya bentuk yang mirip seperti kulit jeruk Mandarin membuat selulit kerap kali mengganggu penampilan sehingga akhirnya pemiliknya jadi merasa minder. Sebenarnya apa sih selulit itu?

Walaupun dialami oleh hampir 95 persen wanita, namun tetap saja masih banyak yang tidak tahu tentang selulit. Ditambah lagi banyak mitos yang beredar membuat para wanita jadi mendapatkan informasi yang salah tentang masalah kulit ini. Akibatnya mereka pun tidak bisa menemukan perawatan yang tepat untuk menghilangkan selulit yang membandel ini. Berikut 5 fakta seputar selulit yang perlu kamu tahu.

1. Penyebab Selulit Bukan Karena Lemak

Selama ini beredar mitos yang salah di masyarakat bahwa selulit disebabkan karena timbunan lemak. Nyatanya, lemak sama sekali tidak berpengaruh terhadap tampilan selulit yang tidak rata dan bergelombang. Pada beberapa situasi, lemak justru dapat mempercantik kulit, misalnya lemak di wajah dapat membuat kulit pipimu kencang dan merona. Bahkan, suntikan lemak juga terkadang diperlukan untuk memperbaiki penampilan kulit. Jadi, penyebab selulit bukan karena lemak, melainkan karena struktur kulit di permukaan atas dan struktur jaringan ikat di bawah menentukan apakah area kulit tersebut mulus atau bergelombang, alias selulit.

2. Selulit Lebih Sering Terjadi Pada Wanita Dibanding Pria

Selulit memang lebih banyak ditemukan pada wanita dibandingkan pria. Namun, hal ini bukan karena wanita cenderung mempunyai lemak yang lebih banyak daripada pria. Bahkan wanita yang bertubuh sangat langsing pun berisiko memiliki selulit. Kondisi selulit memang dapat bertambah buruk bila terdapat banyak jumlah lemak di area tubuh tersebut. Namun, penyebab utama selulit bukanlah karena lemak. Itulah mengapa anak kecil yang bertubuh gemuk sekalipun bisa tidak mempunyai selulit.

Alasan yang sebenarnya mengapa selulit lebih banyak dialami oleh wanita daripada pria adalah karena pengaturan jaringan ikat pada wanita dan pria berbeda. Jadi, di bawah kulit manusia terletak lapisan jaringan ikat fibrosa yang berfungsi untuk melekatkan kulit pada otot di bawahnya.

Pada kebanyakan pria, jaringan ikat ini diatur secara menyilang atau diagonal, dalam pola yang halus dan berkesinambungan. Sedangkan jaringan ikat pada wanita tersusun tegak lurus terhadap kulit yang memungkinkan terciptanya “ruang lemak” terpisah yang bisa mendorong kulit sedangkan sabuk serat menarik kulit ke bawah. Hal inilah yang menyebabkan wanita mudah mengalami selulit.  

3. Pertambahan Usia Menyebabkan Selulit Memburuk

Salah satu faktor yang bisa memicu timbulnya selulit adalah usia. Saat usiamu masih muda, jaringan ikat pada kulit masih kenyal dan elastis, sehingga kulit bisa meregang dan menyesuaikannya kembali, namun tetap halus. Pada usia remaja, hormon pubertas mulai mengganggu jaringan ikat dan membuat elastisitasnya menjadi berkurang. Di saat yang sama, kamu akan cenderung memiliki lemak di area-area tubuh tertentu yang membuat kulit melar. Seiring bertambahnya usia, lapisan luar kulit akan terus semakin melemah, kaku dan kehilangan elastisitasnya. Oleh karena itu, kondisi selulit bisa terus memburuk seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Tips Mudah Untuk Selalu Tampil Awet Muda

4. Selulit Bisa Diatasi

Bukan berarti bila selulit sudah muncul, maka kamu tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengatasinya. Tampilan selulit masih bisa diperbaiki dengan pola hidup yang sehat. Cara-cara yang bisa kamu lakukan antara lain menyeimbangkan diet dengan olahraga yang tepat agar lapisan lemak di bawah kulit dapat berkurang, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol, serta minum air putih yang cukup.

5. Selulit Tidak Bisa Dihilangkan Sepenuhnya

Walaupun penampilan selulit bisa diperbaiki atau bahkan disamarkan, namun selulit hampir tidak bisa dihilangkan. Hal ini karena selulit disebabkan oleh hormon dan faktor keturunan yang tidak bisa dihindari.

Baca juga: Bukan Mimpi, Ketahui Cara Jadikan Kulit Lebih Sehat

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut seputar selulit dan cara mengatasinya, tanyakan saja pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Enggak perlu keluar rumah, kamu bisa ngobrol dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.