• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis Kegiatan Liburan yang Mencerdaskan Anak

Jenis Kegiatan Liburan yang Mencerdaskan Anak

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta – Berlibur menjadi waktu yang dinantikan oleh anak-anak. Tidak hanya anak-anak, melakukan berlibur bersama keluarga mendatangkan manfaat yang dirasakan oleh orangtua maupun anak. Salah satunya adalah menjaga ikatan emosional menjadi lebih erat dan kesehatan mental yang terjaga dengan baik.

Baca juga: Enggak Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat Berlibur bagi Anak

Tentunya saat mengajak anak liburan banyak yang menjadi pertimbangan orangtua. Mulai dari keamanan lokasi untuk anak serta fasilitas yang membuat anak nyaman ketika berlibur.

Sebaiknya orangtua memilih lokasi liburan yang dapat meningkatkan kemampuan anak secara fisik, emosional, maupun tingkat kecerdasan. Tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal, ketahui lokasi liburan yang tingkatkan kecerdasan anak.

Lokasi Liburan yang Cerdaskan Anak

Liburan tidak hanya untuk meningkatkan emosional antara orangtua dan anak, ketahui beberapa lokasi liburan bagi anak yang menstimulasi kecerdasan anak, seperti:

  1. Bermain di Alam

Orangtua, sebaiknya pikirkan untuk mengajak anak berlibur di alam. Dilansir dari Child Mind Institute, mengajak anak bermain di alam luas dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kecerdasan. Anak-anak yang gemar bermain di alam dapat memiliki kreativitas dan imajinasi yang jauh lebih luas dibandingkan anak yang jarang bermain di alam.

Anak yang gemar bermain di alam memiliki tingkat percaya diri yang baik, dapat lebih bertanggung jawab, dan memiliki tingkat stres atau depresi yang lebih rendah. Tidak ada salahnya mengajak anak berlibur di kawasan pegunungan atau pantai. Namun, saat berlibur tetap perhatikan anak dengan baik agar terhindar dari kondisi yang membahayakan.

  1. Liburan Ke Kawasan Bersejarah

Saat musim liburan tiba, tidak ada salahnya orangtua mengajak anak berlibur dengan mengunjungi kawasan-kawasan yang dianggap bersejarah, misalnya museum atau bangunan tertentu.

Ilmu pengetahuan sejarah anak akan bertambah setelah mengunjungi kawasan bersejarah. Tidak hanya ilmu pengetahuan, mengunjungi tempat bersejarah membuat anak bisa menghargai karya atau peninggalan orang lain. Dengan begitu, anak belajar lebih menghargai dan empati dengan orang lain.

Baca juga: Ajarkan Anak untuk Cinta Alam, Ini Caranya

  1. Taman Bermain

Tidak ada salahnya mengunjungi taman bermain yang memiliki banyak kegiatan untuk mengolah fisik maupun kemampuan anak, seperti menggambar. Dilansir dari My Kids Way, bermain di taman bermain yang memiliki beragam lokasi olah fisik maupun seni, seperti menggambar dapat menjadi lokasi yang baik untuk anak menghabiskan masa liburan.

Banyak manfaat yang ibu bisa rasakan pada anak, dengan gerakan fisik yang aktif menjadi lebih sehat, sedangkan kegiatan seni seperti menggambar dapat menurunkan tingkat stres atau depresi yang dialami anak. Tidak hanya itu, umumnya taman bermain banyak dikunjungi anak lain sehingga kemampuan anak bersosialisasi akan meningkat. Yuk, ajak anak bermain di taman bermain!

  1. Berkebun

Dilansir dari Better Health, mengajarkan anak berkebun di waktu libur mereka dapat menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Anak-anak dapat belajar bagaimana tanaman atau sayuran yang mereka konsumsi dapat bertumbuh.

Anak-anak juga dapat mengenal lebih banyak jenis sayuran ataupun tanaman. Pastikan saat anak berkebun orangtua mengawasi dan mendampingi anak agar terhindar dari alat-alat yang membahayakan.

Baca juga: Ini 4 Manfaat Bermain untuk Bayi

Itulah lokasi yang dapat ibu kunjungi saat mengajak anak berlibur. Lakukan persiapan dengan baik agar kebutuhan anak saat liburan dapat terpenuhi dengan baik. Jika anak mengalami gangguan kesehatan saat berlibur, jangan panik, ibu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai keluhan yang dirasakan anak.

Referensi:
Better Health. Diakses pada 2020. Gardening for Children
My Kids Way. Diakses pada 2020. Art as a Stress Reliever for Kids
Child Mind Institute. Diakses pada 2020. Why Kids Need to Spend Time in Nature