11 December 2017

5 Kegiatan Liburan yang Mencerdaskan Anak

5 Kegiatan Liburan yang Mencerdaskan Anak

Halodoc, Jakarta – Libur panjang sebentar lagi tiba. Sudah tahu ingin ke mana dan ngapain saja dengan Si Kecil? Walaupun liburan bagi anak, berarti beristirahat dari seluruh kegiatan belajarnya, namun ibu tetap bisa mengembangkan kreativitas dan pengetahuannya melalui berbagai kegiatan yang mencerdaskan tapi juga menyenangkan selama liburan, lho.

Liburan sekolah adalah masa yang paling dinanti-nantikan oleh anak, karena pada hari libur, Si Kecil tidak perlu sekolah, belajar atau mengerjakan tugas-tugas sekolah. Si Kecil pun bisa melakukan hal-hal menyenangkan yang disukainya selama liburan. Tidak sedikit juga orangtua yang membiarkan anak menghabiskan hari libur yang panjang ini dengan bersantai, nonton TV dan bermain sesuka hatinya.

"Mumpung lagi libur", "Habis gak tau lagi sih mau ngapain", Mmalas pergi-pergi keluar rumah" adalah beberapa alasan yang diungkapkan oleh orangtua. Padahal ibu bisa lho memanfaatkan waktu liburan ini untuk meningkatkan pengetahuan Si Kecil, melatih keterampilannya, dan mengembangkan kreativitasnya dengan mengajak si kecil melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat:

1. Olahraga

Waktu liburan sekolah di akhir tahun yang cukup panjang, bisa hampir selama 2 minggu, dapat ibu gunakan untuk olahraga bersama Si Kecil. Ibu bisa memilih olahraga yang menyenangkan seperti berenang, bermain badminton, atau jalan kaki mengitari komplek sambil membawa binatang kesayangan. Selain baik untuk perkembangan fisik dan melatih keterampilan Si Kecil, olahraga juga bisa menjaga kesehatan ibu dan Si Kecil.

2. Ke Museum

Siapa bilang ke museum itu membosankan? Carilah museum yang kira-kira menarik untuk Si Kecil, seperti museum wayang, museum layang-layang Indonesia, museum perangko, museum kereta api, dan lain-lain. Ibu dapat mulai mengenalkan sejarah dan benda-benda peninggalan jaman dulu yang unik kepada anak mulai sejak kecil. Melalui kegiatan berkunjung ke museum ini, wawasan Si Kecil pun  bisa bertambah luas.

3. Outbound

Bawa Si Kecil lebih dekat dengan alam melalui aktivitas outbound.  Si Kecil dapat dilatih untuk mandiri dan lebih berani melalui sejumlah kegiatan yang ada di outbound, seperti melewati jembatan goyang, merangkak melewati jaring-jaring, flying fox, memanjat pohon, dan lain-lain. Latihan fisik tersebut juga berguna untuk memperkuat otot-otot tubuh dan melatih keseimbangannya. Selain itu, kegiatan outbound yang biasanya diadakan di alam terbuka juga baik untuk ibu karena dapat menyegarkan pikiran dan menghilangkan kepenatan dari aktivitas sehari-sehari.  

4. Berkebun

Tidak harus pergi ke tempat yang jauh untuk membawa anak liburan. Ajak saja Si Kecil untuk bercocok tanam di kebun belakang rumah sendiri. Dengan berkebun, Si Kecil dapat belajar mengenal berbagai jenis tumbuhan dan cara menanam, serta merawatnya. Berkebun juga merupakan salah satu cara agar anak dapat lebih dekat dengan alam dan bisa mencintai lingkungan.

5. Ke Kebun Binatang

Selain dengan tumbuh-tumbuhan, ajak juga Si Kecil berinteraksi dengan binatang. Kegiatan mengunjungi kebun binatang atau tempat wisata yang menawarkan kegiatan bermain dengan hewan pasti akan disambut sangat baik oleh Si Kecil. Selain anak-anak dapat mengenal berbagai macam binatang, kegiatan seperti memberi makan hewan juga dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan kecintaannya kepada makhluk hidup lain.

Itulah beberapa ide kegiatan yang dapat ibu coba untuk mengisi waktu liburan Si Kecil agar lebih bermanfaat. Jika Si Kecil sakit atau mengalami gangguan kesehatan tertentu selama liburan, ibu dapat segera menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Bicarakan masalah kesehatan yang dialami si kecil dan minta saran kesehatan kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat praktis, tinggal order lewat aplikasi dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.