5 Cara untuk Menghilangkan Pegal-Pegal setelah Mudik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Cara untuk Menghilangkan Pegal-Pegal setelah Mudik

Halodoc, Jakarta – Perjalanan panjang saat mudik dan arus balik bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami pegal-pegal. Apalagi kalau mudik dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi, ditambah terjebak kepadatan lalu lintas selama mudik. Duh!

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Nyeri Leher Bagian Belakang

Hal itu bisa menyebabkan pegal-pegal dan kelelahan menyerang setelah mudik. Padahal, seseorang mungkin diharuskan untuk segera beraktivitas setelah mudik, misalnya segera kembali bekerja, sekolah, ataupun melakukan aktivitas lain.

Pegal-pegal yang menyerang bisa mengganggu aktivitas dan membuat seseorang mengalami kesulitan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kondisi ini dan membuat tubuh kembali bugar serta siap kembali beraktivitas?

1. Berendam Air Hangat

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pegal-pegal adalah berendam dengan air hangat. Ini bisa membantu mengurangi rasa tegang kaku dan nyeri pada bagian tubuh. Namun perlu diingat, berendam dengan air hangat tidak perlu dilakukan dalam waktu yang terlalu lama. Air hangat yang meresap ke kulit bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar serta ampuh mengurangi ketegangan dan tekanan pada otot.

Selain berendam, kamu juga bisa mengatasi pegal-pegal di tubuh dengan mengompres air hangat. Tempelkan handuk atau kain yang sudah direndam dengan air hangat ke bagian tubuh yang terasa pegal. Tapi, hal ini pun sebaiknya tidak dilakukan dalam waktu yang terlalu lama, yaitu sekitar 20 menit saja.

2. Perbanyak Air Putih

Banyak mengonsumsi air putih nyatanya juga bisa membantu mengatasi pegal-pegal setelah mudik. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, sehingga mencukupi asupan air minum sangat penting untuk membantu tubuh bekerja secara normal, termasuk yang berkaitan dengan pegal-pegal.

Asupan air yang cukup serta mineral bisa menutrisi otot dan bisa mencegah pegal-pegal menjadi lebih parah. Selain dari air putih, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan konsumsi buah, sayuran, ataupun jus buah.

Baca juga: Tidur Mangap Saat Mudik, Hati-Hati Tersedak

3. Latihan Relaksasi

Selain kelelahan fisik, stres selama perjalanan mudik juga bisa menjadi pemicu pegal-pegal. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba melakukan latihan relaksasi. Lakukan latihan ini dengan menarik napas dari hidung secara perlahan.

Kemudian, keluarkan melalui mulut secara perlahan. Melakukan latihan relaksasi bisa membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang, pernapasan menjadi lancar, serta membuat otot yang tegang jadi lebih rileks.

4. Pijat

Saat tubuh terasa lelah dan pegal-pegal menyerang setelah mudik, cobalah untuk melakukan terapi atau pijat untuk meredakannya. Ada banyak jenis pijatan yang bisa kamu pilih, mulai dari pijat lembut dengan minyak esensial, pijat refleksi, hingga thai massage. Kamu bisa meminta bantuan ahli pijat untuk melakukannya. Terapi dan pijatan bisa membantu melemaskan otot yang kaku, melancarkan peredaran darah, serta mengurangi stres.

5. Konsumsi Obat

Jika pegal-pegal yang menyerang sangat mengganggu, kamu bisa mempertimbangkan konsumsi obat pereda nyeri. Tidak hanya pegal-pegal, konsumsi jenis obat ini juga bisa mengurangi rasa sakit akibat otot atau sendi yang menegang dan meradang. Tapi ingat, pastikan untuk berbicara dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini.

Baca juga: Atasi Efek Buruk Duduk Lama Saat Mudik dengan 4 Makanan Ini

Kalau sudah punya resep obat anti nyeri, kamu bisa membelinya di aplikasi Halodoc. Belanja obat kini lebih mudah hanya dalam satu aplikasi. Selain obat pereda nyeri, kamu juga bisa membeli produk kesehatan lain melalui Halodoc. Pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Gratis ongkir, lho. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!