Atasi Efek Buruk Duduk Lama Saat Mudik dengan 4 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Atasi Efek Buruk Duduk Lama Saat Mudik dengan 4 Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Mendekati musim mudik, banyak orang yang sudah mulai merencanakan perjalanan dan pilihan transportasi yang digunakan. Sebagian orang mungkin memilih transportasi umum untuk pulang ke kampung halaman, sebagian lainnya memilih membawa kendaraan pribadi. Jauhnya jarak yang akan ditempuh menjadikan hal ini sangat penting.

Meski begitu, ada satu hal yang tak bisa dihindari saat mudik yaitu duduk lama selama perjalanan. Saat mudik, seseorang mungkin akan menempuh jarak puluhan, hingga ratusan kilometer. Kalau sudah begitu, duduk diam dalam waktu yang lama menjadi satu-satunya yang bisa dilakukan saat mudik.

Baca juga: Hati-Hati, Ini yang Bisa Terjadi jika Terlalu Banyak Duduk

Kabar buruknya, duduk diam dalam waktu lama dan tidak melakukan apa-apa alias sedentary bisa memberi dampak buruk bagi tubuh. Apalagi, kalau kamu juga tipe pekerja yang lebih sering duduk sehari-hari. Duduk diam selama mudik artinya akan meningkatkan risiko gangguan karena terlalu lama duduk.

Terlalu lama duduk bisa meningkatkan risiko nyeri punggung sampai penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, hingga menurunnya kinerja otak. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menurunkan risiko tersebut dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan selama mudik. Apa saja?

1. Buah Berry

Kelompok buah berry sangat dianjurkan bagi orang-orang yang duduk dalam waktu lama. Jenis buah yang satu ini mengandung antioksidan alami yang bisa menjaga kadar kolesterol tetap seimbang, mencegah kanker, hingga membantu menurunkan berat badan.

Rutin mengonsumsi buah berry juga bisa membantu menjaga kesehatan otak. Jenis buah ini kaya akan kandungan serat, rendah kalori, dan kadar gula yang cenderung rendah. Dengan begitu, buah berry menjadi jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat diharuskan untuk duduk diam dalam waktu yang lama.

2. Cokelat Hitam

Kamu pecinta cokelat? Selamat! Selama mudik kamu bisa membawa makanan favorit ini sebagai camilan. Nyatanya, mengonsumsi cokelat hitam alias dark chocolate bisa membantu mencegah risiko gangguan kesehatan akibat terlalu lama duduk. Selain rasanya yang enak, cokelat hitam juga membantu menjaga kesehatan tubuh, juga otak.

Baca juga: Mudik Lebaran Tiba, Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Ini

Tapi ingat, pastikan untuk memilih jenis cokelat yang tepat, ya. Hindari konsumsi cokelat yang memiliki banyak kandungan gula dan susu, sebab jika dikonsumsi berlebihan jenis makanan tersebut malah berisiko menyebabkan gangguan kesehatan.

3. Teh Hijau

Duduk diam menempuh jauhnya perjalanan, belum lagi ditambah macet bisa meningkatkan stres saat mudik. Nah, pastikan kamu membawa teh hijau sebagai bekal perjalanan. Teh hijau bisa membantu mengatasi stres, melancarkan sirkulasi darah, dan kaya akan antioksidan. Mengonsumsi teh hijau secara rutin juga disebut bisa membantu mengontrol berat badan, sehingga menghindari obesitas.

4. Buah Jeruk

Saat diharuskan untuk duduk dalam waktu yang lama, pastikan kamu memenuhi asupan vitamin C dalam tubuh. Hal itu penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan menambah stamina selama perjalanan.

Kamu bisa mendapat asupan vitamin C dari buah jeruk, lemon, atau anggur. Kamu bisa menjadikan jenis-jenis buah tersebut sebagai camilan selama perjalanan, dengan cara dijus atau dimakan langsung.

Baca juga: Agar Enggak Kelelahan Setelah Mudik

Selain membawa bekal makanan, lengkapi mudik dengan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk bicara dengan dokter dan menyampaikan masalah kesehatan selama perjalanan mudik. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips menjaga kesehatan selama mudik dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!