02 October 2018

5 Cara untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak

5 Cara untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak

Halodoc, Jakarta – Agar bisa mengikuti pelajaran di sekolah dengan baik, anak tentunya harus memiliki daya ingat yang tinggi. Namun sayangnya, daya ingat setiap anak berbeda-beda. Ada yang mudah mengingat segala hal dalam waktu cepat, tetapi ada juga butuh waktu lama untuk mengingat. Namun, daya ingat anak sebenarnya bisa ditingkatkan bila orangtua mengasahnya secara tepat. Yuk, simak beberapa cara sederhana berikut untuk meningkatkan daya ingat Si Kecil.

Tahapan Daya Ingat Anak

Daya ingat adalah kemampuan seseorang untuk menyimpan, mengolah, dan memunculkan kembali informasi yang sudah diserap otak. Elemen neutron yang dihasilkan otak berperan untuk menyimpan informasi. Bila otak dirangsang untuk menghasilkan neutron secara intensif, maka daya ingat akan menjadi lebih tajam.

Namun, menurut Judy Nolte, Pemimpin Redaksi American Baby, kebanyak orang dewasa tidak bisa mengingat kejadian-kejadian spesifik yang terjadi sebelum mereka menginjak usia 3 tahun. Hal ini disebut juga sebagai fenomena amnesia masa kanak-kanak. Bayi di bawah tiga tahun memang mempunyai daya ingat yang sangat singkat. Itulah mengapa pada usia tersebut, harus mengingatkan beberapa hal secara berulang-ulang. Misalnya, untuk mencuci tangan sebelum makan. Namun seiring bertambahnya usia, daya ingat anak akan semakin meningkat.

1. Bermain Permainan Daya Ingat

Salah satu kegiatan yang paling disukai anak-anak adalah bermain. Namun, jangan hanya memberi anak permainan yang menghibur saja. Ajaklah Si Kecil bermain permainan yang juga bisa mengasah daya ingatnya. Beberapa permainan yang baik untuk meningkatkan daya ingat, antara lain puzzle, mencari gambar yang sama, flash card, serta menempelkan angka, huruf, ataupun gambar.

2. Bercerita Bersama

Cara selanjutnya yang bisa ibu lakukan untuk meningkatkan daya ingat anak adalah dengan membacakan buku cerita sebelum tidur dan di waktu senggang. Setelah selesai membacakan buku untuk Si Kecil, ajaklah dia untuk mengingat kembali ceritanya, seperti nama tokoh, nama tempat, dan lain-lain. Dengan begitu, Si Kecil akan terbiasa mendengarkan cerita ibu dengan baik dan mengingatnya.

3. Bernyanyi

Musik berperan lebih dari sekadar pengantar tidur bagi anak-anak, tetapi juga bisa menstimulasi perkembangan otaknya. Ritme, pengulangan, irama, dan melodi yang ada dalam sebuah lagu bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Anak-anak suka segala sesuatu yang diulang-ulang. Inilah mengapa anak-anak sering meminta ibu untuk memutarkan lagu yang sama berulang kali. Tidak apa-apa, ajaklah Si Kecil bernyanyi “baby shark” misalnya, sambil berjoget. Anak pasti akan tertarik untuk mengingat liriknya serta mencoba menirukan gerakannya. Lama kelamaan, anak bisa menghafal lirik lagu tersebut, bahkan secara otomatis menyanyikannya sendiri ketika lagu tersebut diputar.

4. Aktivitas Fisik

Enggak hanya baik untuk kesehatan tubuhnya, membiasakan Si Kecil untuk aktif secara fisik juga dapat mengasah keterampilan gerak, kemampuan bersosialisasinya dengan orang lain, serta perkembangan otaknya. Anak-anak yang sering berolahraga atau bermain di luar rumah juga akan terhindar dari obesitas dini. Jadi, jangan biarkan anak bermain gadget melulu di rumah, ajaklah Si Kecil melakukan aktivitas yang menyenangkan yang sesuai dengan usianya.

5. Berikan Makanan Bergizi

Selain mencoba beberapa cara di atas, ibu juga perlu memerhatikan asupan nutrisi Si Kecil. Daya ingat anak bisa berkembang dengan memberikan asupan nutrisi berikut yang baik untuk otak:

  • Omega 3, yang bisa ditemukan dalam makanan, seperti ikan makarel, ikan tuna, alpukat, kacang-kacangan, dan minyak ikan.
  • Folat, yang terdapat dalam kacang-kacangan, kacang hijau, dan sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, asparagus, dan kubis Brussel, serta buah-buahan, seperti jeruk, stroberi, dan alpukat.
  • Vitamin B dan vitamin B12, yang terdapat dalam sayur-sayuran, gandum, susu, dan keju.

Ibu juga bisa membeli berbagai vitamin dan suplemen untuk anak lewat aplikasi Halodoc, lho. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat fitur Apotik Antar, dan pesananmu akan dikirim ke lokasi tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: