15 May 2019

5 Gaya Hidup untuk Cegah Tipes Kambuh Saat Puasa

5 Gaya Hidup untuk Cegah Tipes Kambuh Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Menerapkan gaya hidup sehat selama bulan puasa bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah penyakit tipes kambuh. Penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi ini memang bisa kambuh karena gaya hidup yang sembarangan. Lantas, apa saja perubahan gaya hidup yang harus diterapkan agar tipes tidak kambuh selama puasa?

Tipes atau tifus adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Dengan kata lain, jenis makanan yang dikonsumsilah yang berperan besar dalam menyebabkan penyakit tipes pada seseorang. Selain kebiasaan makan, tipes juga bisa terjadi karena menurunnya sistem kekebalan tubuh yang dibarengi dengan kebiasaan makan sembarangan dan tidak memperhatikan kebersihan.

Kondisi tersebut membuat bakteri penyebab penyakit tipes menjadi lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Pengobatan dan pertolongan medis segera sangat dibutuhkan untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan dari penyakit ini. Jika merasa mengalami gejala penyakit ini, jangan menunda untuk melakukan pengobatan baik di rumah sakit maupun di rumah.

Baca juga: Ini Gejala Tifus dan Penyebabnya

Perubahan Gaya Hidup untuk Mencegah Tipes Kambuh Selama Bulan Puasa

Salah satu pemicu tipes kambuh adalah kebiasaan tidak menjaga dan memperhatikan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa hal yang sebaiknya diubah agar penyakit ini tidak kembali menyerang. Apa saja perubahan gaya hidup yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tipes?

1. Kebersihan Makanan dan Minuman

Tipes bisa kembali menyerang tubuh jika kamu sembarangan dalam memilih makanan yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa. Tidak menjaga kebersihan makanan menjadi penyebab utama infeksi bakteri Salmonella typhi, dan berujung pada penyakit tipes. Selain makanan, minuman yang tidak terjaga kebersihannya juga bisa memicu penyakit. Sebab, bisa jadi makanan dan minuman tersebut sudah terkontaminasi virus penyebab penyakit.

Baca juga: Waspadai Demam Naik Turun Petanda Gejala 3 Penyakit Ini

Puasa kerap membuat seseorang “sembarangan” dan kalap dalam menyantap makanan saat masuk waktu berbuka puasa. Hal itu membuat seseorang tidak lagi terlalu peduli dengan jenis makanan yang dikonsumsi, dan tidak lagi memperhatikan apakah makanan tersebut berisiko terkontaminasi bakteri penyebab penyakit tifus atau tidak. Kalau sudah begitu, risiko penyakit tifus kembali menyerang akan meningkat.

2. Rajin Cuci Tangan

Salah satu cara bakteri dan virus penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh adalah melalui tangan. Ini paling sering terjadi saat seseorang tidak mencuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, serta setelah beraktivitas di luar ruangan. Rajin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun bisa membantu mencegah penyakit tipes kambuh.

3. Masak Sendiri

Menyiapkan sendiri makanan sahur dan berbuka puasa bisa menjadi salah satu cara mencegah penyakit, termasuk tipes. Dengan begitu, kamu akan mengetahui apa saja makanan yang masuk ke dalam tubuh dan tingkat kebersihannya pun lebih terjamin dibanding makanan yang dibeli sembarangan. Pilihlah jenis makanan dengan banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

4. Cukup Istirahat

Selain faktor makanan, virus penyebab tipes juga semakin mudah menyerang saat seseorang memiliki kekebalan tubuh yang rendah. Salah satu hal yang bisa memicu kondisi ini adalah kurang beristirahat atau kurang tidur. Saat bulan puasa, jadwal tidur kamu memang akan berubah karena diwajibkan bangun pada dini hari untuk sahur. Namun, kamu bisa menyiasati hal tersebut dengan menyesuaikan jam tidur pada malam hari.

5. Olahraga

Tubuh yang sehat dan bugar tentu akan lebih sulit untuk terserang penyakit. Rutin berolahraga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun ingat, pilih waktu terbaik untuk berolahraga agar puasa yang dijalani tetap lancar.

Baca juga: 5 Cara Merawat Diri Saat Tipes

Punya masalah kesehatan selama puasa dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui fitur Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan, trik menjaga kebugaran, dan tips puasa sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!