07 May 2019

Idap Tifus, Hindari 5 Asupan Ini Saat Puasa

Idap Tifus, Hindari 5 Asupan Ini Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Demam tifoid, tifus, atau tipes adalah infeksi akibat bakteri Salmonella typhi yang menyerang tubuh bagian saluran pencernaan. Infeksi ini terjadi ketika makanan atau minuman yang telah terkontaminasi masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini dapat membuat ibadah puasa menjadi kurang nyaman dan lancar, karena kamu biasanya dianjurkan untuk tidak berpuasa lebih dahulu.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena tindakan pencegahan bisa dilakukan supaya penyakit tifus tidak lagi menjadi pengganggu kelancaran puasa kamu. Caranya tentu saja dengan menghindari segala bentuk makanan atau minuman yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

  • Makanan Pedas

Tak sedikit orang beranggapan bahwa makanan tidak sempurna rasanya tanpa rasa pedas. Namun, bagi pengidap tifus, makanan pedas menjadi salah satu pantangan. Ketika kamu mengidap tifus, bakteri membuat usus kamu terluka, dan makanan pedas menimbulkan rasa panas pada usus, sehingga memungkinkan terjadinya pembengkakan, bahkan perdarahan.

Baca juga: Kena Tifus, Bolehkah Tetap Beraktivitas Berat?

  • Makanan dengan Kandungan Serat Tinggi

Jenis makanan, baik itu sayuran atau lainnya yang tinggi kandungan serat sebaiknya tidak dikonsumsi untuk pengidap tifus. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama dan tenaga ekstra untuk bisa mencerna serat. Makanan berserat akan membuat tubuh lebih lambat dalam melakukan penyerapan nutrisi, sehingga menimbulkan akumulasi gas yang membuat perut terasa kembung dan begah.

  • Makanan dengan Bumbu Tajam

Penggunaan bumbu yang bisa menguatkan cita rasa masakan pun sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sedang puasa. Sakit tifus membuat kamu mengalami penurunan nafsu makan, dan makanan dengan bumbu atau rasa yang tajam membuat kamu semakin kehilangan selera makan. Sebagai gantinya, gunakan rempah atau air rebusan ayam yang bisa menjadi kaldu.

Baca juga: 2 Alasan Bahaya Tifus Bisa Berakibat Fatal

  • Makanan Tinggi Lemak

Makanan bersantan, gorengan, makanan siap saji kaya akan kandungan lemaknya, dan ini tidak boleh dikonsumsi oleh pengidap tifus. Sama halnya dengan serat, makanan tinggi lemak sulit dicerna oleh saluran pencernaan dan bisa memicu terjadinya komplikasi yang serius.

  • Makanan Kaya Karbohidrat

Lalu, pantangan berikutnya adalah makanan kaya akan kandungan karbohidrat. Kamu pasti akan terasa lemas dan tidak bertenaga, karena kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, terutama ketika puasa. Ini membuat kamu mengonsumsi makanan tinggi akan karbohidrat. Padahal, kamu harus tahu bahwa makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi bisa membuat kondisi sakit yang kamu alami semakin buruk. Jika ingin mengonsumsi karbohidrat, tidak ada salahnya untuk menghaluskannya terlebih dahulu, supaya tubuh lebih mudah mencernanya.

Baca juga: Kebiasaan Sehari-Hari yang Menjadi Pemicu Terserang Tifus

Tidak ada anjuran untuk tidak berpuasa bagi pengidap tifus. Namun, kamu perlu mengetahui apa saja makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama puasa, supaya sakit yang kamu alami tidak memburuk dan menimbulkan komplikasi serius di kemudian hari. Nah, jika kamu membutuhkan tips kesehatan lainnya atau ingin bertanya langsung ketika mengalami gejala aneh, kamu bisa langsung menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter ahli di aplikasi ini akan siap membantu kamu. Segera download aplikasi Halodoc ya!