Pernah Tipes, Mungkinkah Kambuh Kembali Saat Puasa?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Pernah tipes, Mungkinkah Kambuh Kembali Saat Puasa?

Halodoc, Jakarta – Tipes adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit yang sering disebut tipes ini banyak terjadi di negara berkembang. Sebenarnya, penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tapi cukup sering terjadi pada anak-anak. Tipes sering dikaitkan dengan kondisi tubuh yang terlalu lelah, tapi hal itu tidak sepenuhnya benar.

Pada dasarnya, tipes adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Dengan kata lain, jenis makanan yang dikonsumsilah yang berperan besar dalam menyebabkan penyakit tipes pada seseorang. Meskipun sudah pernah mengalami dan sudah menjalani pengobatan, tapi tipes ternyata adalah jenis penyakit yang bisa kambuh kembali.

Salah satu pemicu tipes pada orang dewasa adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh yang dibarengi dengan kebiasaan makan sembarangan dan tidak memperhatikan kebersihan. Alhasil, bakteri penyebab tipes menjadi lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. tipes adalah jenis penyakit yang harus segera mendapat penanganan untuk mencegah komplikasi berbahaya.

Pengobatan dan pertolongan medis segera adalah hal yang sangat penting pada pengidap penyakit tipes. Jika merasa mengalami gejala penyakit ini, jangan menunda untuk melakukan pengobatan, baik di rumah sakit maupun di rumah.

Baca juga: Ini Gejala tipes dan Penyebabnya

Bisakah Tipes Kambuh Selama Bulan Puasa?

Salah satu pemicu tipes kambuh adalah kebiasaan tidak menjaga dan memperhatikan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Apakah penyakit ini bisa kembali kambuh pada bulan puasa? Jawabannya, bisa. Tipes bisa kembali menyerang tubuh jika kamu sembarangan dalam memilih makanan yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa.

Tidak menjaga kebersihan makanan menjadi penyebab utama infeksi bakteri Salmonella typhi, dan berujung pada penyakit tipes. Saat berpuasa, seseorang diwajibkan untuk menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya fajar, hingga matahari terbenam. Dengan kata lain, tubuh tidak akan mendapat asupan makanan maupun minuman selama hampir 14 jam.

Baca juga: Waspadai Demam Naik Turun Pertanda Gejala 3 Penyakit Ini

Hal itu kerap membuat seseorang “sembarangan” dan kalap dalam menyantap makanan saat masuk waktu berbuka puasa. Kamu mungkin tidak lagi terlalu peduli dengan jenis makanan yang dikonsumsi dan tidak lagi memperhatikan apakah makanan tersebut berisiko terkontaminasi bakteri penyebab penyakit tipes atau tidak. Kalau sudah begitu, risiko penyakit tipes kembali menyerang akan meningkat.

Untuk menghindarinya, biasakan mengonsumsi jenis makanan sehat saat sahur maupun berbuka puasa. Tidak hanya sehat, makanan maupun minuman yang dikonsumsi pun sebaiknya mengandung banyak nutrisi yang memang dibutuhkan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan tetap sehat dan bugar dan puasa bisa dijalani dengan lancar.

Selain menghindari tipes, menjaga pola makanan dan jenis makanan yang dikonsumsi juga bisa membantu mencegah serangan penyakit lain. Sebab, tubuh yang sehat dan bugar adalah bekal utama untuk dapat menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: 5 Cara Merawat Diri Saat Tipes

Punya masalah kesehatan selama puasa dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui fitur Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan, trik menjaga kebugaran, dan tips puasa sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!