5 Gejala Kanker Mulut yang Diabaikan

Kanker Mulut

Halodoc, Jakarta - Kanker mulut memiliki gejala yang sulit dikenali karena mirip dengan sariawan. Kanker mulut jarang menimbulkan gejala pada awal kemunculannya, seperti halnya dengan kanker-kanker yang lain, sehingga sangat sulit untuk terdeteksi. Banyak orang yang baru mengetahui bahwa mereka mengidap kanker mulut setelah kanker memasuki stadium lanjut. Agar mudah dikenali, berikut gejala kanker mulut yang seringkali diabaikan.

Baca juga: Waspada! Kanker Lidah Bisa Menyerang Tanpa Disadari

Kanker Mulut, Perkembangan Sel Kanker pada Jaringan Mulut

Kanker mulut merupakan sel-sel kanker yang berkembang dan menyerang jaringan di dalam mulut. Kanker ini bermula dari luka pada mulut yang tidak kunjung sembuh. Kanker ini tidak hanya berkembang di dalam mulut saja. Sel-sel kanker juga dapat ditemukan pada area sekitar mulut, seperti lidah, pipi, bibir, gusi, tenggorokan, dan sinus.

Baca juga: 5 Masalah Gigi dan Mulut yang Harus Segera Ditangani

Beberapa Gejala Kanker Mulut yang Sering Diabaikan

Karena awal kemunculan kanker mulut sulit dikenali gejalanya, jadi jangan sampai salah mendiagnosis, ya! Berikut beberapa gejala kanker mulut yang sering kali diabaikan:

1. Adanya Bintik Merah atau Putih pada Rongga Mulut

Pada tahap awal sebelum kemunculan kanker, biasanya akan muncul bintik berwarna merah atau putih pada mulut atau tenggorokan yang tidak kunjung sembuh dalam jangka waktu yang lama. Segera periksakan diri jika gejala ini muncul, ya!

2. Adanya Benjolan pada Rongga Mulut

Benjolan ini akan menjadi salah satu tanda dari kanker mulut. Benjolan ini merupakan tumor kecil yang berada dalam rongga mulut.

3. Mudah Mengalami Luka pada Bibir dan Gusi

Adanya kanker mulut akan membuat jaringan pada permukaan atas bibir dan gusi mudah mengalami luka, karena hilangnya jaringan-jaringan yang terdapat pada permukaan atas bibir dan gusi. Awalnya luka-luka ini tidak memicu rasa sakit, namun ketika luka ini terus menerus muncul, perlahan-lahan rasa sakit akan timbul.

4. Sensasi Mati Rasa pada Rongga Mulut

Mati rasa dan kehilangan sensasi mengecap rasa dalam rongga mulut juga merupakan salah satu gejala utama kalau kamu tengah mengidap kanker mulut.

5. Bau pada Mulut

Kanker mulut akan memicu penyakit lain, seperti gingivitis. Gingivitis sendiri dapat menjadi penyebab tanggalnya gigi dan bau busuk pada mulut.

Jika gejala sudah diketahui, jangan tunda untuk segera diskusikan dengan dokter, ya! Apalagi jika gejala yang kamu rasakan sudah bertahan cukup lama dan tidak kunjung hilang. Lebih baik, diagnosis sedini mungkin guna mencegah perkembangan penyakit semakin parah dan mempercepat proses penyembuhan. 

Baca juga: Ciri-ciri Gejala Kanker Oral yang Paling Mudah Diketahui, Apa Saja?

Ini Penyebab dari Kanker Mulut

Kanker mulut terjadi akibat adanya pertumbuhan jaringan abnormal di dalam mulut yang disebabkan oleh mutasi genetik pada sel di jaringan tersebut. Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kanker mulut, yaitu merokok, mengonsumsi alkohol, tidak menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dengan baik, dan sering terpapar sinar matahari.

Jika kamu menemukan gejala-gejala kanker mulut, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!