5 Gerakan Sederhana untuk Redakan Arthritis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5-gerakan-sederhana-untuk-redakan-arthritis-halodoc

Halodoc, Jakarta – Arthritis adalah penyakit yang menyerang persendian dan biasanya membuat bagian tubuh yang terkena menjadi bengkak dan kaku. Dua jenis arthritis yang paling umum, yaitu osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA) sama-sama mengakibatkan nyeri pada lutut. Selain lutut, anggota tubuh lain yang sering jadi langganan penyakit arthritis adalah persendian tangan dan jari. Nah, perawatan seperti melakukan gerakan sederhana di bawah ini bisa membantu kamu untuk meredakan nyeri sendi pada lutut dan tangan akibat arthritis. Yuk, simak di sini.

Baca juga: Kenali 5 Pemicu Arthritis yang Sebaiknya Dihindari

Gerakan Sederhana untuk Nyeri Lutut

Nyeri lutut akibat arthritis mengganggu aktivitas kamu sehari-hari? Coba lakukan gerakan sederhana berikut secara teratur untuk membantu meredakan, bahkan melatih otot-otot lutut yang kaku dan bengkak.

1. Leg Raise

Gerakan ini mengandalkan kekuatan otot paha, sehingga bila dilakukan secara rutin bisa meredakan nyeri pada lutut. Pasalnya, otot-otot paha di bagian depan terhubung langsung dengan sendi di lutut.

Caranya, berbaringlah terlentang dengan posisi kedua tangan di samping tubuh dan kaki lurus dengan jari-jari kaki menghadap ke atas. Kemudian, angkat salah satu kaki secara perlahan, tetapi usahakan tetap lurus, sambil mengencangkan otot perut. Tahan kaki di atas selama 5 detik, kemudian turunkan pelan-pelan. Ulangi gerakan yang sama pada kedua kaki secara bergantian sebanyak beberapa kali.

2. Hamstring Stretch

Bila gerakan sebelumnya mengandalkan otot paha bagian depan, kini sebaliknya. Gerakan ini bisa meregangkan sekaligus memperkuat otot belakang paha yang juga terhubung langsung dengan sendi di lutut.

Masih dalam posisi berbaring, dengan kedua kaki lurus ke depan. Kemudian, tekuk salah satu kaki secara perlahan sambil menariknya ke arah dada, sedangkan kaki yang satunya tetap lurus. Pegang bagian belakang paha kaki yang ditekuk dengan kedua tangan untuk membantu menarik, kemudian tahan selama 30–60 detik. Kembalikan lutut yang ditekuk ke posisi semula, lalu ulangi gerakan yang sama pada kaki yang satunya lagi.

3. Leg Stretch

Tidak jauh berbeda dengan gerakan sebelumnya, leg stretch bermanfaat untuk memperkuat otot-otot paha bagian depan yang secara tidak langsung akan mengatasi nyeri lutut.

Caranya, duduk di lantai dengan posisi badan tegap, kedua kaki lurus ke depan, dan kedua tangan di samping badan. Tekuk salah satu lutut sampai otot-otot terasa cukup meregang. Pegang paha bagian bawah, lalu tahan posisi tersebut selama 5 detik dan luruskan kembali. Ulangi gerakan yang sama pada kaki lainnya setidaknya 10 kali.

Baca juga: Ini Bedanya Rasa Pegal Olahraga dan Arthritis

Gerakan Sederhana untuk Nyeri Tangan

Sedangkan untuk meredakan artritis yang terjadi di jari atau tangan, kamu bisa mencoba gerakan sederhana berikut:

4. Mengepalkan Tangan

Gerakan ini sangat sederhana dan bisa kamu lakukan di mana saja. Caranya, mulailah dengan meregangkan tangan dan jari, lalu secara perlahan tekuk jari-jari hingga mengepal. Usahakan agar ibu jari berada di luar kepalan tangan. Lalu, kembalikan lagi ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut pada masing-masing tangan sebanyak 10 kali.

5. Menekuk Jempol

Dengan menggunakan salah satu tangan, pegang pangkal ibu jari tangan yang lain lalu tekuk ke bagian atas sampai kamu merasakan peregangan. Kembalikan ujung jempol ke posisi semula dan ulangi.

Baca juga: Jus Seledri Baik untuk Atasi Arthritis, Benarkah?

Mudah bukan? Bila nyeri arthritis kamu tidak kunjung mereda juga, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Kamu juga bisa menghubungi dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa minta saran kesehatan dan rekomendasi obat dari dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatanmu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 7 Hand Exercises to Ease Arthritis Pain.
Medical News Today. Diakses pada 2019. Arthritis of the knee: Ten exercises.