Jus Seledri Baik untuk Atasi Arthritis, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
jus-seledri-baik-untuk-atasi-arthritis-benarkah-halodoc

Halodoc, Jakarta – Belakangan ini, jus seledri sedang populer di kalangan masyarakat, karena dianggap sebagai minuman yang menyehatkan. Nyatanya, seledri memang punya banyak nutrisi baik, sehingga bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat daun yang sering digunakan sebagai penyedap masakan ini adalah mampu mengobati arthritis atau penyakit radang sendi. Penasaran dengan manfaat seledri untuk radang sendi? Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di sini.

Arthritis atau radang sendi adalah kondisi yang disebabkan karena terjadinya peradangan dalam satu atau beberapa sendi. Penyakit ini sangat menyiksa, karena selain membuat sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan, arthritis juga menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Namun, pengidap arthritis bisa meredakan gejala tersebut dengan minum jus seledri secara rutin. Hal ini berkat kandungan yang terdapat dalam seledri yang baik untuk sendi. 

Baca juga: Mengidap Radang Sendi, Konsumsi 6 Makanan Ini

Menilik Kandungan Nutrisi Seledri

Seledri bisa dianggap sebagai salah satu jenis sayuran hijau yang bergizi. Hal ini karena seledri kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Bahkan, seledri juga termasuk salah satu superfood, karena bermanfaat dalam mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Salah satunya adalah peradangan.

Seledri kaya akan nutrisi, seperti vitamin K, A, B2, B5, B6, dan C. Namun, dari semua kandungan vitamin tersebut, vitamin B5 dalam seledri lah yang bermanfaat dalam melawan peradangan sekaligus membuat sendi menjadi lebih sehat. 

Selain itu, seledri juga merupakan sumber yang baik untuk berbagai zat gizi, seperti asam folat, kalium, serat, manganite, dan asam pantotenat. Daun dan biji seledri juga mengandung zat kimia bernama fitonutrien, yang bermanfaat sebagai antioksidan dan antiradang yang baik.

Manfaat Jus Seledri untuk Radang Sendi

Sebagian besar penelitian yang dilakukan mengenai jus seledri berfokus pada zat spesifik yang dikandungnya yang bisa memberi manfaat kesehatan. Dua jenis antioksidan dalam seledri yang terbukti bisa menurunkan peradangan dan mengatasi serangan penyakit adalah apigenin dan luteolin.

Sebuah penelitian menelusuri peran apigenin dalam meredakan gejala radang sendi atau artritis pada hewan percobaan. Hasilnya, hewan percobaan yang terpapar zat apigenin mengalami peradangan jaringan yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak terpapar zat apigenin. Selain itu, gejala radang sendi yang dialami pun juga jauh lebih ringan.

Jadi, sudah tidak diragukan lagi bahwa seledri bisa memberi dampak baik terhadap penyakit radang sendi.

Baca juga: Jus Seledri Baik untuk Dikonsumsi Pengidap Kolesterol Tinggi, Benarkah?

Cara Terbaik Mengonsumsi Seledri

Meski jus seledri terasa lebih segar untuk menghilangkan dahaga, tapi enggak ada salahnya untuk menyelingi minum jus seledri dengan makan sayur seledri dalam bentuk utuh yang bisa kamu campur ke dalam menu makanan kamu. Hal ini karena beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayur bisa didapatkan lebih optimal bila dimakan utuh.

Contohnya, kandungan antioksidan pada sayuran biasanya akan berkurang atau bahkan hilang setelah diolah menjadi jus. Di sisi lain, jus seledri juga tetap menjadi salah satu pilihan yang baik karena kandungan airnya bisa sekaligus menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh kamu.

Baca juga: Lebih Bagus Mana Makan Buah Langsung atau Dijus

Nah, sudah tahu kan manfaat seledri untuk radang sendi? Jadi, bila kamu adalah pengidap radang sendi, cobalah untuk minum jus seledri secara rutin. Bila kamu punya pertanyaan mengenai nutrisi makanan lainnya, gunakan saja aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui fitur Talk to A Doctor untuk bertanya-tanya seputar kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.