Ini Bedanya Rasa Pegal Olahraga dan Arthritis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Bedanya Rasa Pegal Olahraga dan Arthritis

Halodoc, Jakarta – Semua orang pernah merasakan rasa pegal olahraga, tetapi tidak semua orang bisa merasakan arthritis. Rasa pegal olahraga ketika tubuh mengalami sakit dan nyeri karena kelelahan ataupun tubuh yang tidak siap dengan kegiatan fisik. Penjelasan lain untuk pegal olahraga adalah ketika kamu belum terbiasa melakukannya. 

Arthritis sendiri adalah peradangan sendi. Ini dapat memengaruhi satu sendi atau beberapa sendi. Gejala radang sendi biasanya berkembang dari waktu ke waktu, tetapi mereka juga dapat muncul tiba-tiba. 

Arthritis paling sering terlihat pada orang dewasa di atas usia 65, tetapi juga dapat berkembang pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang lebih muda. Arthritis lebih sering terjadi pada wanita daripada pria dan pada orang yang kelebihan berat badan.

Baca juga: Begini Cara Memulihkan Tubuh Setelah Berolahraga

Apa Penyebab Arthritis?

Tulang rawan adalah jaringan ikat yang kuat tapi fleksibel di persendian. Ini melindungi sendi dengan menyerap tekanan dan goncangan yang diciptakan saat bergerak dan memberi tekanan pada mereka. Penurunan jumlah normal jaringan tulang rawan ini menyebabkan beberapa bentuk arthritis.

Keausan normal menyebabkan OA, salah satu bentuk artritis yang paling umum. Infeksi atau cedera pada sendi dapat memperburuk kerusakan alami jaringan tulang rawan ini. Risiko seseorang terkena OA mungkin lebih tinggi jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ini.

Bentuk radang sendi yang umum, RA, adalah kelainan autoimun. Itu terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh. Serangan-serangan ini memengaruhi sinovium, jaringan lunak pada sendi yang menghasilkan cairan yang memberi makan tulang rawan dan melumasi sendi.

RA adalah penyakit sinovium yang akan menyerang dan menghancurkan sendi. Pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan tulang dan tulang rawan di dalam sendi. Tujuan utama perawatan adalah untuk mengurangi jumlah rasa sakit yang kamu alami dan mencegah kerusakan tambahan pada sendi. 

Pengidap arthritis sejatinya harus tahu perawatan apa yang paling cocok untuk mengendalikan rasa sakit. Beberapa orang menemukan bantalan pemanas dan kompres es menjadi menenangkan. Yang lain menggunakan alat bantu mobilitas, seperti tongkat atau alat bantu jalan, untuk membantu menghilangkan tekanan pada sendi yang sakit. Meningkatkan fungsi sendi juga penting. Dokter mungkin meresepkan kombinasi metode perawatan untuk mencapai hasil terbaik.

Baca juga: Yang Harus Dilakukan Saat Otot Tiba-Tiba Kram

Mengatasi Pegal Olahraga

Nyeri otot yang berkepanjangan setelah olahraga bisa menjadi tanda cedera otot. Berikut ini tips bagaimana untuk meredakan nyeri otot akibat pegal olahraga plus meminimalkan gejala cedera bila itu terjadi. 

  1. Gunakan Kompres Es

Jika ini merupakan cedera akut, atau jika seseorang melihat pembengkakan pada otot atau area persendian dan terasa hangat, bungkus es dengan handuk tipis dan letakkan di atas otot yang sakit selama sekitar 15 menit. Jika tidak ada pembengkakan dan otot-otot hanya sakit akibat latihan, oleskan paket panas selama 15 menit untuk meningkatkan sirkulasi darah.

  1. Lakukan Pemijatan Profesional

Pijatan sehabis olahraga akan membantu merelaksasikan otot yang sangat tegang dan meredakan nyeri otot.

Baca juga: Bahaya Olahraga Tanpa Mengenakan Sepatu

  1. Regangkan otot

Regangkan otot selama sekitar 10 menit setelah latihan yang keras untuk mencegah otot yang sakit. Dan sebelum berolahraga, ingatlah untuk melakukan pemanasan dengan gerakan-gerakan sederhana, seperti ayunan lengan dan lari-lari kecil.

  1. Lakukan Latihan Ringan (seperti berjalan, berenang)

Jangan berhenti berolahraga sepenuhnya. Fakta bahwa kamu mengalami nyeri otot setelah latihan adalah tanda bahwa otot telah terlalu lama direnggangkan dengan menggunakan otot-otot beraktivitas ringan dapat mempercepat penghapusan penumpukan asam laktat.

  1. Mandilah dengan Air Hangat

Mandi air hangat dapat melemaskan otot-otot yang tegang dan meningkatkan sirkulasi darah, memberikan bantuan yang cukup signifikan.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai perbedaan antara rasa pegal olahraga dan arthritis, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.