25 September 2018

5 Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil

ikan untuk ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Selama masa kehamilan, ibu perlu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Itulah mengapa ibu hamil dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan gizi. Nah, ikan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Hal ini karena ikan punya berbagai macam kandungan gizi yang baik untuk ibu hamil, sehingga rajin makan ikan bisa memberi banyak manfaat kesehatan untuk ibu dan bayi. Namun, ibu juga perlu berhati-hati dalam memilih ikan yang akan dikonsumsi. Pasalnya, beberapa jenis ikan tertentu mengandung merkuri yang tinggi yang bisa berbahaya bagi janin. Yuk, cari tahu jenis ikan apa saja yang baik untuk bumil.

Sebenarnya, semua jenis ikan itu baik untuk ibu hamil. Ikan merupakan jenis makanan sehat yang kandungan lemak jenuhnya rendah, tetapi kaya akan protein. Selain itu, ikan juga punya satu nutrisi yang penting untuk ibu dapatkan selama masa kehamilan, yaitu asam lemak omega-3. Jenis asam lemak tidak jenuh ini berperan penting dalam perkembangan sel-sel otak, saraf, serta mata bayi dalam kandungan. Beberapa ikan juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup lengkap yang bermanfaat untuk menjaga tubuh ibu tetap sehat. Itulah mengapa para pakar kesehatan sangat merekomendasikan ibu hamil untuk makan ikan. Berikut jenis ikan yang baik untuk ibu hamil:

1. Ikan Salmon

Ikan salmon dikenal sebagai ikan yang paling baik untuk ibu hamil. Pasalnya, ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Selain untuk perkembangan otak dan saraf janin, asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk mencegah bayi lahir prematur, mencegah bayi memiliki alergi, serta menyehatkan jantung ibu dan juga bayi. Ini merupakan manfaat makan ikan untuk ibu hamil. Kandungan merkuri yang terdapat dalam ikan salmon juga tergolong rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

2. Ikan Tuna

Selain ikan salmon, ikan tuna juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, dan juga mengandung DHA, EPA, dan omega 6. Kandungan DHA berperan untuk mencegah keguguran pada ibu hamil, sedangkan EPA berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah dan menyehatkan jantung. Nutrisi lainnya yang juga terdapat dalam ikan tuna adalah protein, vitamin A, vitamin D, kolin, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, dan kalium.

Walaupun ikan tuna merupakan jenis ikan yang baik untuk ibu hamil, tetapi jumlah pengonsumsiannya perlu dibatasi. Hal ini karena ikan tuna mengandung lebih banyak merkuri daripada jenis ikan lainnya.

3. Ikan Sarden

Jenis ikan yang baik untuk ibu hamil lainnya adalah ikan sarden. Ikan ini juga mengandung DHA dan EPA yang dapat membantu proses pertumbuhan janin yang dikandung ibu hamil. Manfaat lainnya mengonsumsi ikan sarden bagi ibu hamil adalah mencegah penyakit tiroid dengan kandungan yodiumnya, berguna untuk pertumbuhan tulang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil karena mengandung vitamin D. Itulah sebabnya makan ikan untuk ibu hamil sangat penting.

4. Ikan Kembung

Ikan kembung juga termasuk jenis ikan untuk ibu hamil. Ternyata kandungan omega-3 yang terdapat dalam ikan kembung tiga kali lebih besar daripada ikan salmon, lho. Dalam 100 gram ikan kembung, terdapat kandungan omega-3 sebanyak 2,2 gram. Ikan kembung juga kaya akan vitamin dan mineral. Namun, ibu juga perlu membatasi konsumsi ikan ini karena kandungan merkurinya cukup tinggi.

5. Ikan Mas

Ikan yang mudah didapat di mana-mana ini juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Karena selain menyehatkan, ikan mas juga tidak terkontaminasi oleh merkuri, sehingga ibu hamil bisa mengonsumsinya tanpa perlu khawatir.

Makan ikan untuk Ibu hamil sangat dianjurkan dengan jumlah 1–2 porsi dalam satu minggu. Untuk mengetahui jenis nutrisi apa saja yang penting selama kehamilan, tanyakan saja ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Bumil bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: