03 May 2018

Ibu Hamil Ngidam Sushi, Bolehkah?

Ibu Hamil Ngidam Sushi, Bolehkah

Halodoc, Jakarta – Banyak sekali pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh wanita hamil. Salah satunya adalah pantangan mengenai makanan yang boleh dikonsumsi atau tidak. Ya, biasanya ibu hamil diharuskan untuk memilih menu makanan mereka dengan baik. Tujuannya agar asupan nutrisi dan gizi untuk ibu dan janin dapat terpenuhi. Mengonsumsi makanan mentah juga tidak disarankan untuk ibu hamil, termasuk sushi.

Sushi sendiri merupakan makanan tradisional khas jepang dengan kombinasi makanan laut yang biasanya dicampur dengan daging, sayur, telur bahkan nasi. Sushi juga merupakan salah satu makanan yang telah mendunia, khususnya di Indonesia. Memang, sushi merupakan salah satu makanan praktis, karena biasanya dalam satu sushi, sudah mengandung beberapa nutrisi seperti karbohidrat, protein dan juga serat. Nah, kebutuhan nutrisi itu juga yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Tapi apakah ibu hamil boleh mengonsumsi sushi?

Dilansir dari Boldsky, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu hamil saat mengonsumsi sushi. Menikmati sushi boleh-boleh saja, asal tidak dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu, ibu juga harus memperhatikan kualitas makanan yang disajikan, sebaiknya pilih restoran sushi yang memang sudah dikenal, selain itu, pilih ikan yang masih segar dan terjamin kualitasnya. Ibu jangan segan-segan untuk bertanya kepada pihak restoran mengenai ikan yang akan ibu konsumsi.

(Baca juga: 5 Makanan Yang Perlu Dihindari Ibu Hamil)

Selain mengonsumsi sushi secukupnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu hamil saat akan mengonsumsi sushi:

  • Jangan Konsumsi Sushi dengan Ikan Mentah

Ikan yang masih mentah tidak baik untuk perkembangan janin. Dikhawatirkan, ikan mentah berpotensi menjadi sumber penyakit bagi ibu atau janin di kemudian hari. Biasanya pada ikan mentah mengandung parasit yang berupa cacing dan dikenal dengan cacing anisakis. Tidak hanya bagi janin, parasit ini juga berbahaya bagi ibu. Jika seorang ibu hamil terinfeksi parasit anisakis, tidak menutup kemungkinan ibu akan mengalami gejala seperti mual, sakit perut, muntah hingga diare. Tentu ini akan membahayakan bagi janin karena asupan nutrisi dan gizi akan berkurang.

  • Jangan Mengonsumsi Ikan Besar

Pada masa kehamilan, tidak dianjurkan jika ibu hamil mengonsumsi sushi yang berasal dari ikan yang berasal. Pasalnya, kemungkinan ikan besar akan mengandung lebih banyak zat merkuri. Merkuri adalah zat kimia hasil pembuangan pembakaran, pertanian dan limbah pabrik yang dilakukan oleh manusia. Biasanya merkuri akan tersimpan pada otot-otot ikan. Memang belum ada yang bisa memastikan seperti apa ikan yang terpapar merkuri, namun sebaiknya, jika bisa dihindari, tidak ada salahnya ibu lebih cerewet dalam memilih ikan yang akan ibu konsumsi. Banyak sekali dampak buruk jika ibu hamil terpapar dengan kandungan merkuri:

  • Mempengaruhi kandungan ASI yang terkandung pada ibu hamil.
  • Mengganggu saraf-saraf pada ibu hamil.
  • Mengganggu perkembangan janin.
  • Sebaiknya Konsumsi Sushi yang Sudah Matang

Sushi tidak selalu dibuat dengan ikan yang mentah. Buktinya di beberapa restoran ada menu yang menyediakan sushi yang terbuat dengan bahan makanan yang sudah matang. Nah dengan begini, keinginan ibu hamil untuk menikmati sushi dapat terpenuhi tanpa perlu khawatir. Namun, jika ibu masih ingin bertanya mengenai makanan apa yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu bisa menghubungi dokter salah satunya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor ibu bisa melakukan Voice/Video Call dan Chat dengan dokter dimana saja dan kapan saja. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.