• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jus Sayuran Terbaik bagi Kesehatan Tubuh

5 Jus Sayuran Terbaik bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Jus Sayuran Terbaik bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta - Jus buah menjadi salah satu minuman sehat yang banyak disukai oleh hampir seluruh masyarakat. Selain segar, nutrisi dan gizi yang terdapat dalam jus buah juga dinilai mampu memenuhi kebutuhan tubuh. Namun tidak hanya buah, kini kamu juga bisa mencoba jus sayur sebagai pilihan lain agar tidak bosan saat mengonsumsi minuman sehat.

Baca juga: 7 Jenis Jus dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ada berbagai jenis sayuran terbaik yang bisa kamu jadikan bahan dasar untuk membuat jus. Bukan hanya manfaatnya untuk kesehatan, tetapi jus sayuran ini juga memiliki rasa yang unik dan lezat untuk dicoba. Yuk, simak lebih banyak mengenai jus sayuran terbaik bagi kesehatan tubuh, di sini!

Inilah Jus Sayuran Terbaik yang Bisa Kamu Coba

Bukan hanya buah, kamu juga bisa mencoba menjadikan beberapa sayuran terbaik sebagai bahan dasar untuk membuat jus. Selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, jus sayuran ternyata memiliki rasa yang unik dan lezat. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi jus sayuran.

Berikut ini jus sayuran terbaik bagi kesehatan tubuh:

1.Kale

Bukan hanya untuk salad, nyatanya kale menjadi salah satu jenis sayuran terbaik yang bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar jus. Rasa kale yang lembut dan tidak terlalu kuat membuat kale cocok untuk dipadukan dengan jenis sayuran maupun buah lain yang dapat menambah kesegaran minuman ini. 

Kale memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, C, dan juga K. Bahkan, sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal Biomedical and Environmental Sciences, 32 pria dengan kadar kolesterol tinggi menemukan sebuah hasil dengan mengonsumsi 150 mililiter jus kale setiap hari selama 3 bulan mampu mengurangi kolesterol jahat.

2.Bit

Bit menjadi sayuran terbaik lainnya yang bisa kamu konsumsi sebagai jus. Rasanya yang enak dan warnanya yang cerah membuat jus bit semakin terlihat menarik. Tidak hanya itu, bit juga dinilai memiliki kandungan mangan, kalium, dan folat yang sangat tinggi.

Baca juga: Ketahui Fakta Minum Jus untuk Diet

3.Wortel

Wortel menjadi pilihan sayuran lain yang bisa kamu jadikan bahan dasar jus. Hal ini karena wortel memiliki kandungan, vitamin K, C, A, dan juga potasium. Kandungan tersebut mampu membantu kamu dalam menjaga kesehatan mata hingga mengontrol berat badan.

Wortel juga memiliki rasa yang enak dan bisa dipadukan dengan berbagai sayuran serta buah lainnya. Mulai dari apel, bit, seledri, nanas, hingga jeruk. Tentunya campuran ini akan memperkaya kandungan nutrisi dalam satu gelas jus wortel kamu.

4.Seledri

Selain kandungan airnya yang cukup tinggi, seledri juga baik untuk dijadikan bahan dasar jus karena memiliki kandungan vitamin A, K, dan C serta antioksidan didalamnya. Rutin mengonsumsi jus seledri membuat tubuh terhidrasi dengan baik, mampu mengurangi peradangan, hingga mengontrol tekanan gula darah.

Agar rasanya lebih enak, kamu bisa mencampurkan apel, bit, nanas, atau lemon dalam jus seledri kamu.

5.Bayam

Bayam menjadi salah satu sayuran terbaik yang bisa kamu jadikan bahan dasar jus. Hal ini disebabkan bayam memiliki kandungan vitamin A, C, dan antioksidan. Bayam juga memiliki kandungan nitrat yang cukup tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Tidak hanya itu, menurut penelitian pada Journal of Complementary and Integrative Medicine, jus bayam memiliki aktivitas antasida yang signifikan, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami kenaikan asam lambung.

Itulah beberapa jus sayuran terbaik yang bisa kamu coba di pagi hari atau dijadikan sebagai minuman sehat pada siang hari. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak menambahkan gula atau pemanis buatan pada jus sayur buatan kamu, agar tidak mengurangi manfaat dari jus sayuran. 

Baca juga: 4 Kesalahan Membuat Jus yang Bisa Membahayakan Kesehatan

Sebagai pengganti gula, kamu bisa mencampur jus sayur dengan buah yang memiliki rasa manis atau madu. Dengan begitu, jus sayur yang kamu konsumsi akan lebih lezat dan menyehatkan.

Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter melalui Halodoc mengenai manfaat dan cara tepat mengonsumsi jus sayur agar kondisi kesehatan lebih optimal. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The 12 Best Vegetables to Juice.
Journal of Complementary and Integrative Medicine. Diakses pada 2021. A Comparative Study of The Antacid Effect of Raw Spinach Juice and Spinach Extract in An Artificial Stomach Model.
Biomedical and Environmental Sciences. Diakses pada 2021. Kale Juices Improves Coronary Artery Disease Risk Factors in Hypercholesterolemic Men.
Good Nature. Diakses pada 2021. The 10 Best Vegetables for Juicing.
Healthline. Diakses pada 2021. Is Celery Juice Healthy? All You Need to Know.