• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya akan Vitamin A, Ini Manfaat Wortel untuk Wajah

Kaya akan Vitamin A, Ini Manfaat Wortel untuk Wajah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Wortel sudah lama dikenal sebagai makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata, karena kaya akan kandungan vitamin A. Namun ternyata, vitamin A yang terdapat pada wortel juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan kulit tetap cantik. Dengan kata lain, kamu bisa mengonsumsi atau menggunakan bahan ini untuk menjaga kulit wajah.

Selain kaya akan vitamin A, wortel juga memiliki kandungan vitamin C, B, K, serta E. Seluruh kandungan tersebut nyatanya baik untuk menjaga kesehatan kulit. Rutin mengonsumsi wortel disebut bisa melawan serangan radikal bebas, sehingga kesehatan dan kecantikan kulit wajah bisa selalu terjaga. Selain itu, kandungan vitamin dalam wortel bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah peradangan serta kerusakan sel terjadi.

Baca juga: Enggak Hanya Wortel, 9 Makanan Ini Baik untuk Mata

Manfaat Wortel untuk Kulit 

Konsumsi wortel bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit. Wortel bisa dikonsumsi langsung dijadikan bahan masakan, seperti sup atau dibuat jus. Ada berbagai jenis masalah kulit yang bisa diatasi dengan konsumsi wortel secara rutin, di antaranya: 

  • Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering bisa menjadi tanda bahwa mungkin ada masalah pada kesehatan kulit. Tidak hanya itu, kulit yang kering juga bisa mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman. Nah, masalah ini ternyata bisa diatasi dengan wortel. Kamu bisa mencoba membuat masker wajah dengan bahan dasar wortel dicampur dengan madu dan air. Aplikasikan masker wortel secara rutin untuk mengatasi masalah kulit kering.

  • Mengontrol Minyak Wajah

Kandungan vitamin A pada wortel bisa menjaga kulit wajah tetap segar dan mengontrol minyak berlebih. Untuk mendapat manfaat ini, kamu bisa rutin menggunakan masker wajah yang terbuat dari wortel. Selain itu, rutin mengonsumsi wortel secara langsung bisa meningkatkan manfaat sehat dari wortel untuk tubuh.

Baca juga: 5 Buah yang Membuat Kulitmu Semakin Mulus

  • Mengangkat Kulit Mati

Kulit mati yang menumpuk di wajah bisa mengganggu penampilan. Hal ini bisa membuat wajah terlihat lebih kusam dan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah untuk rutin mengonsumsi jus wortel setiap hari. Selain itu, biasakan untuk membersihkan wajah, terutama pada malam hari sebelum tidur. Lengkapi dengan menggunakan masker wajah dari wortel untuk membantu wajah terlihat lebih segar dan sehat. 

  • Menangkal Radikal

Perawatan wajah dengan bahan dasar wortel juga bisa membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Seperti diketahui, radikal bebas bisa memicu kerusakan pada kulit, bahkan meningkatkan risiko terjadinya kanker. Selain melindungi kulit dengan tabir surya, kamu juga bisa melengkapinya dengan rutin konsumsi wortel, sehingga kulit akan lebih terhidrasi dan tidak mudah mengalami kerusakan meski sering terpapar sinar matahari. 

  • Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini ditandai dengan muncul garis halus dan kerutan pada kulit wajah, meski belum memasuki waktunya. Artinya, tanda-tanda penuaan sudah terlihat meski seseorang belum memasuki usia tua. Konsumsi wortel ternyata bisa membantu mencegah dan mengatasi masalah penuaan dini. Biar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa coba mencampurkan wortel dengan lidah buaya dan buat menjadi masker. Kemudian, aplikasikan masker alami tersebut secara rutin ke wajah. 

Baca juga: Cara Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
NDTV Food. Diakses pada 2020. Did You Know? Carrots Can Give You A Beautiful Skin!
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Benefits of Carrot Juice.