Ini 5 Khasiat Kulit Manggis yang untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 5 Khasiat Kulit Manggis yang untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu bahwa kulit manggis ternyata banyak manfaatnya, lho! Kalau kamu pernah mencicipi buah yang nama latin Garcinia mangostana ini pasti sudah tidak asing dengan rasanya. Rasa agak manis dan asam dari manggis membuat buah ini cukup menjadi favorit untuk sebagian orang. Bukan cuma itu, manggis ternyata adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara sehingga mudah ditemui di Indonesia. 

Baca Juga: 9 Keajaiban Manggis Madu untuk Kesehatan

Tidak hanya di Indonesia, manggis mudah ditemukan di berbagai daerah tropis di seluruh dunia. Manggis yang berkualitas baik bisa dilihat melalui bentuk daging bagian dalam yang berair dan berwarna putih cerah. Bukan cuma lezat, buah ini ternyata punya manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari kulitnya. Berikut manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari kulit manggis. 

  1. Menangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat manggis yang telah dikenal luas adalah kandungan antioksidannya yang unik. Antioksidan adalah senyawa yang menetralisir kerusakan dari radikal bebas. Radikal bebas sangat berkaitan dengan kerusakan sel yang bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis.

Manggis mengandung nutrisi dengan kapasitas antioksidan, seperti vitamin C dan folat. Ditambah, buah ini menyediakan xanthones, yaitu sejenis senyawa unik tanaman yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat. Aktivitas antioksidan xanthones telah menghasilkan efek antiinflamasi, antikanker, anti penuaan, dan antidiabetik.

  1. Mengurangi Peradangan

Manfaat xanthones dalam manggis tidak berhanti di situ saja. Ternyata senyawa ini efektif untuk mengurangi peradangan, sehingga risiko penyakit radang, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes dapat menurun secara signifikan. Manggis juga kaya serat yang membantu mengurangi respons peradangan tubuh.

Peradangan biasanya ditandai melalui demam. Kalau kamu mengalami demam, ada berbagai jenis obat yang tersedia untuk mengurangi peradangan. Kalau butuh obatnya, beli saja melalui aplikasi Halodoc. Lewat Halodoc, kamu tidak perlu repot pergi ke apotek dan tinggal tunggu obat kurang lebih satu jam untuk sampai ke tempat yang dituju.

Baca Juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

  1. Mengontrol Gula Darah

Senyawa xanthone pada manggis membantu menjaga kadar gula darah pada seseorang yang memiliki riwayat keluarga diabetes. Senyawa ini lagi-lagi bisa mengurangi resistensi insulin, yaitu faktor risiko diabetes secara signifikan. Buah ini juga menjadi sumber serat yang baik membantu menstabilkan gula darah dan meningkatkan kontrol diabetes. Kandungan xanthone dan serat dalam manggis adalah kombinasi sempurna yang membantu menyeimbangkan gula darah. 

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Serat dan vitamin C yang terkandung dalam manggis berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serat menjaga kondisi bakteri baik dalam usus yang masuk kedalam komponen penting imunitas. Di sisi lain, vitamin C dibutuhkan untuk fungsi berbagai sel imun dan memiliki sifat antioksidan. Selain itu, senyawa tertentu pada manggis ternyata juga memiliki sifat antibakteri  untuk memerangi bakteri yang berpotensi berbahaya.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari menjadi kontributor utama kanker kulit dan tanda-tanda penuaan. Ekstrak kulit manggis memberikan efek perlindungan terhadap radiasi ultraviolet-B (UVB) di kulit. Bukan cuma itu, mengonsumsi ekstrak manggis setiap hari meningkatkan elastisitas pada kulit dan mengurangi akumulasi senyawa tertentu yang diketahui berkontribusi terhadap penuaan kulit.

Baca Juga: Bukan Sekadar Penghias Kue, Ini 6 Manfaat Buah Ceri

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi ekstrak manggis? Saat ini, banyak ekstrak kulit manggis yang dijual bebas, sehingga kamu tidak usah repot untuk membuat ekstraknya sendiri.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 11 Health Benefits of Mangosteen (And How to Eat It).
Dr Health Benefits. Diakses pada 2019. 14 Scientific Health Benefits of Mangosteen Peel.