5 Makanan yang Bisa Mencegah Dermatographia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5-makanan-yang-bisa-mencegah-dermatographia-halodoc

Halodoc, Jakarta – Gatal-gatal pada kulit adalah hal yang biasa dan hampir pernah dialami oleh banyak orang.  Namun, apa jadinya bila ketika kulit digaruk, muncul goresan-goresan merah yang menjadi bengkak mirip seperti sarang? Kondisi itu dinamakan juga dermatographia. Masalah kulit ini sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Meski demikian, kamu tidak boleh menyepelekannya. Pasalnya, ketika muncul, dermatographia menimbulkan gejala yang mengganggu. Karena itu, cegah dermatographia dengan mengonsumsi 5 makanan ini.

Apa Itu Dermatographia?

Dermatographia yang kadang-kadang disebut juga “tulisan kulit”, adalah kondisi munculnya goresan-goresan kemerahan pada kulit yang menonjol setelah digaruk atau tergores. Dermatographia merupakan gangguan kulit ringan yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Goresan menonjol pada kulit pun bisa hilang dalam waktu 30 menit. Akan tetapi, goresan dermatographia juga bisa bertambah buruk dan menyebabkan luka yang dalam atau bahkan reaksi seperti alergi.

Dermatographia disebut juga dermographism atau dermatographic urticaria. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak remaja atau orang dewasa muda.

Penyebab Dermatographia

Penyebab pasti dermatographia masih belum diketahui. Namun, berbagai kondisi diduga dapat memicu terjadinya gangguan kulit ini, antara lain stres, riwayat alergi, gesekkan berlebihan dari kulit atau tempat tidur, infeksi, obat-obatan tertentu, termasuk penisilin, latihan yang menyebabkan gesekkan kulit yang berlebihan (seperti gulat).

Selain itu, ada juga beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami dermatographia, yaitu:

  • Memiliki kulit kering.
  • Memiliki riwayat dermatitis, yaitu peradangan kulit.
  • Berusia dewasa muda.
  • Sering mengalami goresan pada kulit.
  • Mengidap penyakit tiroid.
  • Memiliki kelainan saraf atau penyakit dalam yang menyebabkan kulit gatal.

Baca juga: Pemeriksaan untuk Deteksi Dermatographia

Pencegahan Dermatographia

Karena salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami dermatographia adalah kulit kering, maka kamu perlu menjaga kelembapan kulit baik dari dalam maupun dari luar. Menjaga kelembapan kulit dari dalam bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan berikut ini:

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, dan herring adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Mereka kaya akan asam lemak omega-3 yang mampu menjaga kulit tetap kenyal dan lembap. Kekurangan asupan lemak omega-3 bisa bikin kulit menjadi kering, lho. Selain itu, asam lemak omega-3 pada ikan juga bisa mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan kemerahan. 

2. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat. Lemak ini bermanfaat bagi banyak fungsi tubuh, termasuk kesehatan kulit kamu. Mencukupi kebutuhan asupan lemak sehat juga bisa menjaga kulit tetap lembap. Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik lho, yang merupakan antioksidan penting untuk melindungi kulit kamu dari kerusakan oksidatif.

Baca juga: 7 Kandungan Nutrisi Alpukat dan Manfaatnya

3. Brokoli

Brokoli sudah dikenal sebagai super food yang punya banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk kulit. Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit, seperti seng, vitamin A, dan vitamin C. Sayur hijau ini juga mengandung lutein, karotenoid yang berfungsi seperti betakaroten. Lutein bisa mencegah kulit kamu menjadi kering yang bisa memicu terjadinya dermatographia. 

4. Biji Bunga Matahari

Sebenarnya secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber nutrisi yang baik bagi kulit. Biji bunga matahari adalah salah satu contoh yang baik

5. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung beta-karoten yang cukup tinggi yang berfungsi menjaga kulit kamu tetap sehat dan berperan sebagai tabir surya alami. Mengonsumsi ubi jalar bisa membantu melindungi sel-sel kulitmu dari paparan sinar matahari, sehingga dapat mencegah kulit terbakar, kematian sel, serta kulit kering dan keriput.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengobati Dermatographia?

Nah, itulah 5 makanan yang bisa mencegah dermatographia. Bila kamu ingin tahu cara-cara mencegah dermatographia lainnya, tanyakan saja pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. What Is Dermatographia?
Healthline. Diakses pada 2019. The 12 Best Foods for Healthy Skin.