Ketahui Manfaat Brokoli bagi Kesehatan Anak

Ketahui Manfaat Brokoli bagi Kesehatan Anak

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan Si Kecil, salah satunya memberikan makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Banyak manfaat yang bisa ibu rasakan dengan rajin memberikan anak buah dan sayuran untuk dikonsumsi.

Baca juga: Inilah 5 Manfaat Brokoli yang Perlu Diketahui

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam sayur dan buah menjadi faktor yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Tidak hanya itu, dengan rutin mengajarkan anak mengonsumsi sayur dan buah, tubuh anak mendapatkan banyak asupan nutrisi, vitamin serta mineral yang dibutuhkan anak ketika masa pertumbuhan.

Ada banyak pilihan sayuran dan buah yang bisa ibu berikan pada Si Kecil, salah satunya adalah sayuran brokoli. Mungkin banyak anak yang tidak suka dengan brokoli karena masalah rasa, namun brokoli merupakan sayuran yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Sayuran berwarna hijau ini memiliki banyak kandungan vitamin C, kalsium, vitamin K, folat, potassium, mangan, vitamin B6 dan selenium.

Ketahui manfaat yang bisa Si Kecil rasakan dengan mengonsumsi sayuran brokoli, yaitu:

1. Membantu Mencegah Kanker

Tidak ada salahnya ibu memberikan sayuran brokoli sebagai menu makan sehari-hari untuk anak. Sayuran brokoli memiliki kandungan yang membantu tubuh anak mencegah penyakit kanker serta meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Mata Anak

Tidak hanya wortel, sayuran brokoli memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A menjadi salah satu vitamin yang baik digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Tidak hanya orang dewasa, cukup banyak anak-anak mengalami gangguan mata dan menggunakan kacamata. Jadi, tidak ada salahnya ibu menghindari kondisi ini dengan memberikan anak sayuran brokoli.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Sistem kekebalan tubuh pada anak nyatanya belum seoptimal orang dewasa. Sedangkan anak-anak yang memiliki usia 6 hingga 10 tahun rentan terkena berbagai macam virus. Padahal, sistem kekebalan tubuh berperan penting untuk menangkal segala macam virus yang masuk dalam tubuh. Brokoli yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi menjadi salah satu solusi orangtua untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Baca juga: Ketahui Nutrisi Sayuran Hijau yang Enggak Boleh Dilewatkan

4. Meningkatkan Daya Kerja Otak

Tidak hanya mengandung vitamin C, sayuran brokoli memiliki kandungan asam lemak omega 3 sangat baik untuk perkembangan otak. Pada masa pertumbuhan, kenalkan anak dengan sayuran brokoli.

5. Menguatkan Tulang dan Gigi

Brokoli memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium berfungsi memperkuat struktur tulang dan gigi khususnya anak yang masih dalam pertumbuhan dan perkembangan.

6. Melancarkan Pencernaan

Sistem pencernaan yang baik menentukan keberhasilan dari sistem metabolisme tubuh. Sayuran brokoli memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan pencernaan.

7. Menjaga Kesehatan Kulit Anak

Mengonsumsi brokoli juga dapat menjaga kesehatan kulit. Senyawa glucoraphanin mampu memperbaiki kulit yang rusak. Tidak hanya itu, vitamin E pada brokoli dapat mempercepat proses regenerasi sel kulit mati.

Jangan ragu untuk memberikan asupan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan anak. Namun sebaiknya perhatikan perubahan yang terjadi pada anak setelah konsumsi beberapa makanan yang baru dikenalnya.

Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Ibu bisa pilih dokter anak di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui Halodoc. Tak lupa juga kamu bisa download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play, ya!

Baca juga: 5 Trik Menjaga Kesehatan Anak Saat Perubahan Cuaca