• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah

Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Mentah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak orang mengonsumsi makanan mentah dengan berbagai alasan, seperti diet, kebiasaan, adat, atau cita rasa. Beberapa makanan memang aman untuk dikonsumsi mentah, tapi ada pula yang sebaliknya. Hal tersebut berarti, ada beberapa jenis makanan yang sama sekali tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat mentah.

Tidak semua makanan dapat dikonsumsi secara mentah. Pasalnya, beberapa jenis makanan yang dikonsumsi sebelum melewati proses masak, dapat memicu terjadinya masalah kesehatan, salah satunya adalah masalah pencernaan. Lantas, apa saja makanan yang yang tidak boleh dikonsumsi mentah?

Baca juga: Tips Aman Jika Ingin Mengonsumsi Makanan Mentah

1. Kentang

Kentang menjadi salah satu makanan yang yang tidak boleh dikonsumsi mentah. Jadi, jangan sekali-kali mencoba memakan kentang secara mentah, ya! Pasalnya, kentang mentah bisa membahayakan saluran pencernaan dan menimbulkan masalah pada perut, seperti perut kembung dan masalah gastroenteritis.

Hal-hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan zat tepung dalam kentang yang sulit dicerna oleh tubuh tubuh. Jika makanan mentah tidak tercerna dengan baik, serangkaian gejala akan muncul. Kentang sendiri merupakan makanan yang dapat berubah warna menjadi hijau dan mengeluarkan zat racun bernama solanine dalam perut.

2. Tauge

Makanan yang yang tidak boleh dikonsumsi mentah selanjutnya adalah tauge. Rutin mengonsumsi tauge dapat memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh, di antaranya melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, jika dikonsumsi secara mentah, manfaat-manfaat tersebut tidak akan pernah kamu nikmati.

Tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang tumbuh di tempat lembap. Hal tersebut otomatis membuat tumbuhan ini rentan menjadi sarang bakteri, salah satunya adalah bakteri salmonella. Bakteri tersebut merupakan menyebabkan terjadinya penyakit diare, sakit kepala hingga demam. Untuk menghindarinya, jangan lupa untuk memasak tauge terlebih dulu sebelum dikonsumsi, ya!

Baca juga: Tips Aman Jika Ingin Mengonsumsi Makanan Mentah

3. Kacang Merah

Makanan mentah yang tidak boleh dikonsumsi adalah kacang merah. Meski kaya akan nutrisi dan kandungan baik, seperti protein, serat, dan antioksidan, jika dikonsumsi secara mentah, akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Kacang merah yang dikonsumsi saat mentah bisa menyebabkan masalah pada pencernaan.

Kacang merah mentah memiliki kemungkinan terkontaminasi racun. Biasanya, kacang merah mentah mengandung racun phytohemagglutinin yang akan membuat perut terasa tidak nyaman, serta memberi efek seperti keracunan makanan. Untuk menikmati manfaatnya, rebus kacang merah setidaknya 10 menit sebelum mengonsumsinya.

4. Terong

Sama seperti kentang, terong mentah memiliki zat beracun yang bernama solanine, yaitu zat racun yang diproduksi secara alami oleh tumbuhan. Tidak main-main, saat dikonsumsi dalam jumlah yang besar, kandungan racun ini dapat membuat seseorang keracunan dan mengalami gangguan kesehatan lainnya. 

5. Singkong

Tahukah kamu bahwa singkong mentah memiliki kandungan zat sianida? Makanan mentah yang satu ini mengandung zat berbahaya sianida. Meski kandungannya sedikit, jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, bukan hal yang tidak mungkin jika sianida akan menjadi racun yang membahayakan tubuh. 

6. Madu

Madu dapat memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh, jika dikonsumsi saat matang. Ketika madu dikonsumsi saat mentah, madu memiliki kandungan grayanotoxin yang berbahaya bagi tubuh. Alih-alih sehat, kamu justru akan merasa sangat lemas, mual, muntah, hipertensi, pusing, bahkan kehilangan kesadaran. 

Baca juga: 8 Jenis Makanan yang Lebih Baik Dikonsumsi Mentah

Untuk memastikan apa yang boleh dan tidak boleh kamu konsumsi, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Karena jika salah konsumsi, alih-alih sehat, kamu justru akan mengidap masalah kesehatan yang berhubungan dengan organ pencernaanmu.

 

Referensi:

Academy of Nutrition and Dietetics. Diakses pada 2020. Are Sprouts Safe to Eat?

Healthline. Diakses pada 2020. Is Raw Food Healthier Than Cooked Food?

Prevention. Diakses pada 2020. 6 Surprising Foods You Should Never Eat Raw.