Tips Aman Jika Ingin Mengonsumsi Makanan Mentah

Tips Aman Jika Ingin Mengonsumsi Makanan Mentah
DIET & NUTRISI 30 January 2018

Halodoc, Jakarta – Walaupun makanan umumnya dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan, tapi tidak sedikit juga orang yang gemar mengonsumsi makanan mentah, lho. Sebagian makanan memang terasa lebih enak jika dikonsumsi mentah, misalnya ikan salmon, tiram, lalapan, salad, dan lain-lain. Namun, karena tidak melalui proses dimasak, maka berbagai macam bakteri pada makanan tersebut pun masih tetap ada dan bisa membahayakan kesehatan tubuh. 

Tidak ada salahnya mengonsumsi makanan mentah. Malah, beberapa jenis sayuran hijau yang dimakan secara mentah dapat memberikan kandungan nutrisi yang lebih optimal yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, selain mengandung nutrisi, rata-rata makanan juga mengandung bakteri. Beberapa macam bakteri, seperti salmonella, eschericia coli, sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh dan dapat menyebabkan diare, muntah, sakit kepala, bahkan tipus.

Jadi, makanan memang sebaiknya dimasak terlebih dahulu untuk mematikan bakteri-bakteri berbahaya agar aman untuk dikonsumsi. Namun, jika kamu ingin mengonsumsi makanan mentah, berikut ada beberapa tips yang bisa kmau ikuti:

1. Ketahui Jenis Makanan Mentah yang Berbahaya

Tidak semua jenis makanan aman dan sehat untuk dikonsumsi mentah. Jadi, agar kesehatanmu tidak terganggu, perhatikan makanan yang berbahaya jika dikonsumsi mentah berikut:

  • Tauge

Tauge yang masih mentah kemungkinan masih mengandung bakteri salmonella, yang dapat menyebabkan infeksi, seperti sakit perut, diare, sakit kepala, dan muntah. Selain itu, bakteri eschericia coli yang sering ditemukan pada toge juga dapat menyebabkan infeksi. Jadi, kamu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi tauge yang masih mentah. 

  • Buncis

Sayuran lainnya yang berbahaya jika dikonsumsi mentah adalah buncis, karena mengandung glikosida sianogen yang merupakan zat asam amino beracun.

  • Daging-dagingan

Segala macam daging-dagingan sebaiknya tidak dikonsumsi secara mentah atau setengah matang, karena sangat berbahaya untuk kesehatan, tertama kesehatan usus. Daging mentah mengandung banyak bakteri, parasit, cacing serta penyakit yang dapat menjadi sangat berbahaya jika tidak dimatikan dalam proses memasak. Jadi, konsumsilah daging yang sudah dimasak dengan matang agar kamu terhindar dari penyakit.

  • Susu

Hindari meminum susu yang belum dipasteurisasi, karena terdapat banyak sekali mikroba yang sangat berbahaya bagi tubuh.

  • Kacang Merah

Kacang merah juga sebaiknya tidak dikonsumsi mentah. Kacang merah mengandung zat berbahaya bernama lectin yang bisa menyebabkan mual atau pusing selama beberapa jam.             

2. Jangan Terlalu Sering

Selain makanan mentah yang berbahaya  di atas, ada juga beberapa makanan yang sebenarnya tidak apa-apa jika dikonsumsi mentah atau setengah matang, seperti telur, sayur lalapan, ikan salmon, ikan tuna, kacang-kacangan, dan lain-lain. (Baca: 8 Jenis Makanan yang Lebih Baik Dikonsumsi Mentah). Daging sapi pun kadang disajikan setengah matang jika disajikan sebagai steak. Namun, sebaiknya hindari terlalu sering mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang, karena bagaimanapun makanan yang tidak dimasak dengan matang masih mengandung sejumlah bakteri atau cacing yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

3. Cuci Makanan Sampai Bersih

Paling aman jika ingin mengonsumsi makanan mentah seperti salad dan lalapan adalah dengan membuatnya sendiri, karena dengan begitu, kebersihan makanan tersebut lebih terjamin. Cucilah sayur-sayuran yang ingin dikonsumsi dengan air yang mengalir sampai benar-benar bersih. Pastikan kamu juga sudah membersihkan tangan saat mencuci sayur. Jika kamu ingin mengonsumsi makanan mentah di restoran, pilihlah restoran yang sudah terjamin kebersihannya.

4. Pilih Sayuran yang Organik

Jika ingin mengonsumsi salad atau lalapan yang mentah, usahakan untuk memilih sayuran yang organik, agar kamu terhindar dari bahan berbahaya seperti zat kimia atau pestisida. Jika tidak memungkinkan untuk membeli sayuran organik, kamu bisa merendam sayur-sayuran di dalam air yang sudah diberi sedikit cuka apel agar zat-zat kimia yang menempel pada sayur dapat hilang.

Jika kamu mengalami gejala-gejala kesehatan tertentu setelah mengonsumsi makanan mentah, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Kini kamu juga bisa melakukan tes kesehatan melalui fitur Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc Jika kamu membutuhkan vitamin atau produk kesehatan tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

18 July 2018

Sebagian besar kasus cacar air yang parah terjadi pada orang dewasa. Lalu, bagaimana sih cara merawat wajah se...

Selengkapnya

IBU & ANAK

18 July 2018

Kata ahli, anak balita pun juga bisa mengalami abses gigi. Nah, agar anak terhindar dari penyakit ini, yuk ken...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tak hanya di bibir saja, stomatitis pun bisa terjadi pada gusi. Nah, berikut hal yang perlu diketahui mengenai...

Selengkapnya