• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Infused Water bagi Tubuh

5 Manfaat Infused Water bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Infused water diklaim sebagai pelengkap gaya hidup sehat zaman sekarang. Minuman ini dilengkapi dengan irisan buah-buahan ke dalam air yang diendapkan semalaman, agar sari-sari buah tercampur ke dalam air putih. Sebenarnya, apakah ada manfaat kesehatan yang dapat diambil dari minuman ini? Apa saja manfaat infused water bagi tubuh?

Baca juga: Perut Rata dengan Infused Water Lemon, Benarkah?

1. Diklaim dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang tengah menjalani program diet, tidak ada salahnya untuk mencoba minuman yang satu ini. Meski belum ada penelitian medis yang membuktikan manfaat infused water untuk turunkan berat badan, dengan banyak mengonsumsi air putih, kamu akan lebih cepat untuk merasa kenyang. Dengan begitu, porsi makanan dapat dikurangi. Air sendiri telah terbukti dapat meningkatkan laju metabolisme, sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak. 

2. Memperlambat Penuaan Dini

Mencegah penuaan dini menjadi salah satu manfaat infused water. Air mineral yang dikombinasikan dengan buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi dianggap mampu melawan efek penuaan dini.

Penuaan dini akan ditandai dengan adanya flek-flek hitam pada wajah, terdapat garis halus, pori-pori membesar, wajah terasa kasar, bentuk mata terlihat berubah, kulit wajah mengendur, serta adanya perubahan warna kulit. Agar manfaatnya lebih efektif, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, ya! 

Baca juga: 6 Faktor Lingkungan Penyebab Penuaan Dini

3. Meningkatkan Energi

Pasti kamu pernah merasakan lemas seharian dan karena mood yang kurang baik, bukan? Hal tersebut bisa saja terjadi ketika asupan cairan dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Bukan hanya lemas, kurangnya asupan air dalam tubuh juga dapat memengaruhi konsentrasi, sehingga bekerja menjadi tidak fokus.

Nah, infused water dapat dijadikan alternatif untuk kamu yang sudah mulai bosan dengan air putih. Selain rendah kalori, infused water mengandung banyak vitamin yang membuat tubuh menjadi lebih bertenaga.

4. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Untuk menjaga daya tahan tubuh di musim hujan ini, coba untuk mengonsumsi infused water dengan campuran air mineral dan potongan lemon. Dengan rutin mengonsumsinya, racun dalam tubuh yang telah menumpuk dapat dihilangkan. Skemanya begini, tubuh sebenarnya sudah memiliki caranya sendiri untuk menghilangkan racun yang menumpuk.

Peran tersebut dilakukan oleh organ ginjal dan hati, sehingga kotoran dalam tubuh dapat keluar lewat keringat, urine, dan feses. Nah, untuk membantu merangsang mekanisme tersebut, konsumsi air putih dan konsumsi makanan sehat bergizi seimbang diperlukan.

5. Melancarkan Organ Pencernaan

Manfaat infused water selanjutnya adalah membantu tubuh dalam melancarkan organ pencernaan. Manfaat satu ini dapat diambil jika kamu mencampurkan air dengan irisan lemon. Lemon sendiri bersifat diuretik yang dapat merangsang pergerakan gastrointestinal jika dicampur dengan air hangat.

Baca juga: Ketahui Fakta Minum Jus Jeruk Untuk Diet

Memiliki gaya hidup sehat memang susah-susah gampang untuk dilakukan. Berbagai cara dapat kamu lakukan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi infused water. Bukan hanya itu, kamu juga dapat melakukan istirahat dan tidur dengan cukup, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, rutin berolahraga, kelola stres dengan baik, kurangi konsumsi junk food, serta berhenti merokok.

Jika kamu memiliki masalah kesehatan, silahkan diskusikan langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc, ya! Kesehatan merupakan barang mahal yang belum tentu dirasakan oleh semua orang. Jadi, sebelum penyakit yang kamu alami semakin bertambah parah, cari tahu cara penanganannya sedini mungkin.

 

Referensi:

Harvard.edu. Diakses pada 2020. Healthy Drinks.

Healthline. Diakses pada 2020. Detox Water Health Benefits and Myths.

NDTV Food. Diakses pada 2020. 6 Wonderful Health Benefits of Detox Drinks.