5 Menu Makanan Kaya Serat yang Cocok Selama Bulan Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
5 Menu Makanan Kaya Serat yang Cocok Selama Bulan Puasa

Halodoc, Jakarta - Puasa adalah salah satu ibadah wajib yang dilakukan umat Islam selama bulan suci Ramadan. Puasa dapat mengubah pola makan, memperlambat metabolisme tubuh, dan terkadang menyebabkan ketidaknyamanan. Walau begitu, kesehatan yang baik dapat dipertahankan dengan mengonsumsi nutrisi yang cukup saat makan.

Sesuatu yang kamu konsumsi saat bulan puasa dapat membuat perbedaan yang besar terhadap tingkat energi pada tubuh kamu. Setelah berpuasa seharian, seseorang mempunyai tekanan lebih untuk makan secara berlebihan dan banyak minum air yang mengandung banyak gula selama berbuka puasa dan sahur. Kebiasaan tersebut kurang baik untuk tubuh.

Berpuasa selama bulan Ramadan dapat meningkatkan kesehatan tubuh seseorang hanya apabila dilakukan dengan benar. Apabila tidak, kamu dapat mengalami kenaikan berat badan. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki kontrol diri ketika berbuka puasa dan sahur.

Momen sahur juga sangat penting untuk menyediakan energi yang cukup untuk menahan haus dan lapar selama seharian berpuasa. Sangat penting untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup, supaya tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Selain itu, saat berbuka puasa juga harus tetap memperhatikan nutrisi agar tidak memakan semua yang ada di meja makan.

Baca Juga : 4 Inspirasi Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Menu Makanan Kaya Serat yang Cocok Selama Bulan Puasa

Terdapat beberapa jenis makanan yang wajib kamu penuhi ketika berbuka puasa dan sahur selama bulan puasa. Salah satunya adalah makanan yang kaya akan serat. Hal tersebut dapat membuat tubuh lebih kuat untuk menahan haus dan lapar dalam waktu yang lama. Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan serat:

  1. Buah-Buahan

Beberapa buah-buahan kaya akan kandungan serat yang baik bagi tubuh untuk menahan haus dan lapar seharian ketika puasa. Umumnya, buah tersebut mengandung kandungan air yang tinggi, serta vitamin dan mineral yang dapat menyehatkan. Buah-buahan yang kaya serat adalah apel, pir, alpukat, pisang, dan jeruk.

  1. Sayur-Sayuran Hijau

Sayur-sayuran hijau memang kaya akan kandungan serat yang baik untuk tubuh dan pencernaan. Cobalah untuk mengonsumsi sayuran ketika sahur dan berbuka puasa yang dapat menyehatkan tubuh. Beberapa sayuran hijau yang dapat kamu konsumsi adalah bayam, brokoli, kangkung, kacang panjang, dan lain-lain.

Baca Juga : 5 Buah yang Direkomendasikan Dimakan saat Puasa

  1. Jagung

Salah satu makanan yang kaya akan serat adalah jagung. Sayuran tersebut tinggi akan kadar serat yang mencapai 12 gram dan juga dapat mengatasi masalah pada pencernaan apabila mengalami masalah pada pencernaan. Selain itu, jagung juga dapat mengatasi risiko diare karena mengonsumsi makanan yang berlebihan.

  1. Ubi

Ubi juga termasuk salah satu makanan yang kaya akan serat. Selain itu, makanan ini dapat membuat perut kenyang lebih lama yang dapat baik untuk tubuh saat harus menahan lapar selama berjam-jam. Ubi juga dapat meningkatkan sistem gerakan usus yang berguna untuk mencerna makanan, sehingga membuat feses menjadi lebih lunak.

  1. Beras Merah

Ada baiknya kamu mengganti beras yang kamu konsumsi dengan beras merah. Beras ini mempunyai serat dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan beras putih. Selain itu, beras tipe ini juga dapat mencegah sembelit saat berpuasa dan menurunkan kadar kolesterol yang jahat.

Baca Juga : Pola Makan Sehat saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Itulah beberapa makanan yang kaya serat yang baik untuk kamu konsumsi saat puasa. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal berpuasa, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!