• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Mitos Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan yang Perlu Diluruskan

5 Mitos Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan yang Perlu Diluruskan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Mengetahui jenis kelamin anak mungkin jadi bagian paling menarik saat kehamilan. Hanya saja untuk mengetahui jenis kelamin, entah itu laki-laki atau perempuan, baru bisa diprediksi dengan ultrasonografi (USG) pada usia kehamilan tertentu. Itu pun jika posisi bayi tidak menutupinya. 

Jika mengharapkan janin berjenis kelamin perempuan, kamu mungkin pernah mencoba menganalisanya berdasarkan mitos yang beredar, yaitu ciri hamil anak perempuan. Bukan cuma itu, teman dan keluarga mungkin juga turut menebak ciri hamil anak perempuan berdasarkan mitos yang beredar di masyarakat. Faktanya, USG pada usia kehamilan 20 minggu adalah cara yang paling tepat untuk mengetahui jenis kelamin bayi. 

Baca juga: Tips Berhubungan Intim Sesuai Trimester Kehamilan

Deretan Mitos Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan

Daripada percaya pada mitos yang belum jelas, berikut ini mitos ciri hamil anak perempuan yang perlu diluruskan:

1.Mengonsumsi Makanan Manis Ciri Hamil Anak Perempuan

Ibu hamil yang suka makanan manis dipercaya hamil anak perempuan. Mitos ini masih banyak diyakini oleh masyarakat hingga saat ini. Menurut medis, hal tersebut tidak berdasar. Perlu diketahui, selera makan ibu hamil bisa berubah akibat pengaruh hormon yang memengaruhi indra pengecapnya. 

2.Linea Nigra Terlihat Berliku Ciri Hamil Anak Perempuan

Hal ini tidak tepat. Pada dasarnya, linea nigra atau garis hitam di perut memang terkadang terlihat jelas dan kadang tidak. Artinya, linea nigra tidak berpengaruh pada jenis kelamin bayi yang dikandung. Bahkan, semakin mendekati persalinan, garis hitam atau linea nigra ibu tampak semakin jelas.

3.Payudara Sebelah Kiri Lebih Besar Ciri Hamil Anak Perempuan

Mitos yang tidak perlu dipercaya juga, yaitu payudara ibu lebih besar sebelah kiri berarti hamil anak perempuan. Di dunia medis, hal ini tidak ada hubungannya sama sekali. 

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kehamilan di Minggu Pertama

4.Wajah Berjerawat saat Hamil Ciri Hamil Anak Perempuan

Ada mitos yang bilang, jika ibu mengandung janin perempuan, bayi yang ada di dalam kandungan akan mencuri kecantikan ibu yang mengandungnya. Hal ini perlu diluruskan karena sama sekali tidak masuk akal dan tidak teruji secara medis. Meskipun ibu mengandung bayi laki-laki, jerawat di wajah mungkin akan tetap muncul. Hal ini terjadi akibat perubahan hormon dan kulit yang kurang terawat selama kehamilan.

5.Tidur dengan Posisi Miring Ciri Hamil Anak Perempuan

Mitos yang satu ini tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Bagi ibu hamil, tidur dengan posisi miring tentu saja lebih nyaman dibanding posisi terlentang. Hal ini mengingat ukuran perut yang semakin besar.

Posisi tidur miring, terutama miring ke kiri adalah posisi tidur yang dianjurkan bagi ibu hamil. Apalagi jika usia kandungan semakin besar. Hal ini disebabkan peredaran darah, serta distribusi oksigen dan nutrisi mengalir lebih lancar jika ibu hamil tidur di posisi miring ke kiri.

Itulah mitos ciri hamil anak perempuan yang perlu diluruskan. Apabila ibu ingin mengetahui jenis kelamin bayi dalam kandungan, sebaiknya jangan mempercayai mitos. Melakukan USG kehamilan adalah langkah yang tepat untuk mengetahui jenis kelamin bayi. 

Baca juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Trimester Awal Kehamilan

Prosedur USG menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi yang bisa memberikan gambaran bayi dalam kandungan. Untuk melihat kondisi janin dan menentukan jenis kelaminnya, USG dilakukan antara minggu ke-18 hingga ke-20 kehamilan. 

Untuk itu, penting untuk melakukan kontrol kandungan secara rutin untuk melihat perkembangan bayi dalam kandungan. Ibu bisa membuat janji dengan dokter kandungan di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc juga. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Myths vs. Facts: Signs You’re Having a Baby Girl
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the signs of having a girl?