16 October 2018

5 Olahraga yang Dapat Dicoba agar Si Kecil Cepat Tinggi

5 Olahraga yang Dapat Dicoba agar Si Kecil Cepat Tinggi

Halodoc, Jakarta – Tinggi badan memang dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, ada beberapa faktor yang ikut memengaruhi tinggi badan seseorang. Di antaranya adalah asupan nutrisi, durasi tidur, aktivitas fisik dan masalah kesehatan tertentu. Hal ini menunjukkan selain faktor genetik, seseorang yang bertubuh pendek masih berpeluang untuk memiliki anak yang tinggi.

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan agar Cepat Tinggi

Salah satu cara cepat tinggi bagi anak yang bisa dilakukan adalah membiasakan ia berolahraga. Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan Si Kecil agar cepat tinggi:

1. Basket

Bermain basket membantu Si Kecil agar tumbuh lebih tinggi. Saat bermain basket, Si Kecil melakukan gerakan konstan seperti melompat, melempar bola, dan mengambil bola dari lawan. Gerakan ini merangsang peregangan otot dan tulang sehingga tumbuh Si Kecil lebih panjang. Sebuah studi menyebutkan, aktivitas melompat saat bermain basket bisa merangsang pelepasan hormon pertumbuhan dan melancarkan aliran darah ke bagian tubuh yang bekerja saat melompat seperti kaki dan tulang belakang.

2. Berenang

Berenang merangsang pelepasan hormon pertumbuhan (growth hormone/GH) yang mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Alasannya saat berenang otot-otot dalam tubuh Si Kecil akan bekerja, terutama bagian otot kaki, lengan, tulang belakang, dan dada. Gerakan ini merangsang pertumbuhan tulang belakang dan kaki sehingga menambah tinggi badan Si Kecil.

3. Lompat Tali

Lompat tali (skipping) dilakukan sebagai cara cepat tinggi bagi anak yang ampuh. Alasannya saat melakukan lompat tali, tubuh Si Kecil melompat terus-menerus dan merangsang otot-otot tubuhnya untuk meregang dan bertambah panjang. Gerakan melompat dapat menambah massa otot dan membuatnya lebih panjang. Lompat tali bisa menambah tinggi badan seseorang jika dilakukan secara rutin dan sejak kecil.

4. Bersepeda

Bersepeda bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan. Saat mengayuh sepeda, otot-otot tubuh (terutama kaki) akan meregang dan membuat kaki tumbuh lebih panjang.

5. Pull Up

Seiring tumbuh kembangnya, Si Kecil gemar bermain dan mengeksplorasi banyak hal, seperti bermain sambil berlarian, melompat, dan bergelantung (pull up) di taman bermain. Meski sedikit mengkhawatirkan, gerakan bergelantung yang dilakukan Si Kecil bisa membantu meluruskan dan memanjangkan tulang belakang dan membantu menambah tinggi badannya. Karena cukup berbahaya, pastikan ibu selalu mendampingi Si Kecil saat bergelantung, baik di pohon atau area taman bermain.

Itulah lima jenis olahraga yang bisa dicoba agar Si Kecil cepat tinggi. Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan Si Kecil, yaitu dengan menyiapkan menu makanan bergizi seimbang, memastikan kebutuhan tidurnya tercukupi (sekitar 8 – 9 jam per hari), dan rutin memeriksakan kondisi kesehatan Si Kecil ke dokter.

Jika ibu punya pertanyaan lain seputar tinggi badan Si Kecil, jangan ragu bertanya pada dokter Halodoc. Untuk bertanya pada dokter, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan di mana saja melalui fitur Contact Doctor via Chat, dan Video/Voice Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: