20 June 2018

5 Pemain Sepak Bola Ini Jauhi Alkohol, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

dampak alkohol, piala dunia, world cup,

Halodoc, Jakarta – Banyak orang atau penggemar mengira kalau pemain bintang sepak bola punya hidup yang glamor, dekat dengan dunia hiburan, hingga pesta di malam hari lengkap dengan sajian minuman beralkohol.

Eits, tapi tunggu dulu. Enggak semua pemain bola doyan mengonsumsi alkohol, lho. Alasannya simpel, bagi mereka dampak konsumsi alkohol bagi kesehatan bisa menimbulkan berbagai masalah. Wajar sih, namanya juga atlet profesional, tentunya mereka perlu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Nah, berikut empat pemain bintang sepak bola yang “mengharamkan” konsumsi minuman beralkohol.

1. Cristiano Ronaldo

Bintang dari Real Madrid dan kapten Timnas Portugal ini punya alasan tersendiri mengapa dirinya menjauhi alkohol. Ternyata, CR7 (julukan Ronaldo) tak pernah mengonsumsi minuman beralkohol setelah ayahnya, Jose Diniz Aveiro, meninggal dunia karena alkohol. Selain itu, menurut jurnalis dari Portugal, Ronaldo bukanlah salah satu pemain yang suka keluar larut malam dan minum-minum (alkohol).

Menurut koki dari Timnas Portugal seperti dilansir Business Insider, untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya,  selain melalui air putih, Ronaldo juga meminum minuman isotonik rendah gula dengan campuran karbohidrat untuk meningkatkan daya tahan, dan cairan elektrolit serta vitamin B12 untuk melawan kelelahan.

2. Franck Ribery

Setelah menjadi mualaf, pemain Bayern Munich ini tak lagi pernah mengonsumsi minuman beralkohol. Dirinya selalu mengingatkan rekan setimnya untuk tidak menawarkan minuman keras pada dirinya. Menariknya, Ribery punya sebuah bar yang bebas alkohol, lho. Namanya, O’Shahiz yang terdapat di Prancis bagian utara.

 Baca juga: Deman Piala Dunia, Coba Kenalan dengan Diet Sehat ala Ronaldo)

 3. Harry Kane

Kapten Timnas Inggris sekaligus penyerang tim Tottenham Hotspur ini, mengaku sudah lupa kapan dirinya terakhir kali pergi ke klub malam untuk minum bir. Sebagai gantinya untuk melepas rasa jenuh, dirinya lebih suka memilih untuk bermain golf ketimbang berkunjung ke klub malam.

 4. Gareth Bale

Rekan setim CR7 ini juga termasuk pemain bintang yang menolak untuk mengonsumsi alkohol. Alasannya tegas, menurutnya dampak konsumsi alkohol bisa menimbulkan masalah bagi tubuhnya. Bale mengaku dirinya ingin mendapatkan tubuh yang sehat tanpa konsumsi alkohol.

 5. Javier Hernandez

Mantan pemain Manchester United ini juga menjauhi konsumsi alkohol dalam kehidupannya. Hernadez punya gaya sendiri untuk menjaga tubuhnya tetap fit. Selain tidak mengonsumsi alkohol, dirinya pun enggak pernah tidur larut malam. Kata kakeknya, Hernandez ingin menjadi manusia seutuhnya tanpa pengaruh alkohol.

Punya Banyak Efek Negatif

Bukan rahasia lagi kalau konsumsi alkohol yang berlebihan bisa menyebabkan banyak masalah bagi tubuh, bahkan kematian. Nah, berikut dampak konsumsi alkohol berlebih bagi tubuh:

1. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Kata ahli, konsumsi alkohol berlebihan bisa memicu tekanan darah tinggi, risiko gagal jantung, gangguan irama jantung, dan stroke.

Baca juga: 8 Makanan Ini Sehatkan Jantung Kamu

2. Merusak Tulang

Alkohol dapat meningkatkan risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis karena minuman ini menghambat produksi sel tulang baru. Enggak cuma itu, kebiasaan minum alkohol juga dapat mengganggu produksi sel darah yang dihasilkan di sumsung tulang.

3. Penyakit Liver

Konsumsi alkohol secara berlebihan dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan kadar lemak pada hati meningkat dan radang hati.

4. Gangguan Penglihatan

Selain liver, konsumsi alkohol dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan pergerakan mata yang enggak terkendali (nistagmus) dan kelumpuhan otot mata akibat kekurangan vitamin B1.

5. Mudah Terserang Infeksi

Ingat, alkohol bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Alhasil, risiko untuk terserang infeksi, seperti infeksi paru-paru akan semakin meningkat.

6. Meningkatkan Risiko Kanker

Inilah dampak konsumsi alkohol yang paling ngeri. Kata ahli, konsumsi alkohol dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko kanker mulut, hati, usus, tenggorokan, dan payudara.

Nah, sudah tahu kan dampak negatif dari konsumsi alkohol berlebihan. Bagaimana, masih tertarik mencobanya?

Baca juga: Ketahui 8 Penyebab Nyeri Payudara Selain Kanker

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai dampak negatif konsumsi alkohol atau memiliki masalah kesehatan, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!