Ketahui 8 Penyebab Nyeri Payudara Selain Kanker

Ketahui 8 Penyebab Nyeri Payudara Selain Kanker
SEKS 05 November 2017

Halodoc, Jakarta - Nyeri pada payudara atau mastalgia dapat terasa di bagian atas sebelah luar payudara dan menjalar hingga ketiak dan lengan. Tak perlu khawatir ketika kamu mengalami nyeri pada payudara, karena hal ini tidak meningkatkan risiko kanker payudara. Selain itu, kanker payudara juga biasanya memiliki gejala lain, tidak hanya berupa nyeri payudara. Rasa nyeri payudara yang biasa dirasakan adalah sakit yang menusuk atau terasa kencang pada payudara. Nyeri payudara semacam ini biasanya hanya terasa beberapa hari saja misalnya sebelum atau selama haid, selama satu minggu atau lebih dalam satu bulan. Ada beberapa penyebab nyeri payudara, di antaranya:

(Baca juga: Benjolan di Payudara Tak Melulu Berarti Kanker)

  • Siklus Menstruasi.

Umumnya nyeri pada payudara terkait siklus menstruasi yang dirasakan tiga hari sebelum menstruasi dan akan membaik setelah menstruasi selesai, meski intensitas rasa nyeri dapat beragam setiap bulannya. Nyeri payudara yang menusuk adalah reaksi normal dari naik turun hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi mereka. Jenis nyeri ini biasa disebut dengan nyeri siklis. Perubahan hormon menyebabkan kelenjar susu membengkak dan memerangkap cairan di dalam payudara, membuat bentuk dan ukuran payudara membengkak. Sensitivitas payudara pun juga akan terpengaruh.

  • Mastitis.

Umumnya mastitis dialami wanita menyusui yang menyebabkan payudara terasa sakit dan bengkak akibat peradangan.

  • Benjolan Pada Payudara

Benjolan payudara yang bersifat jinak (non- kanker) dapat timbul sehingga memicu rasa nyeri.

  • Ukuran Payudara

Wanita dengan ukuran payudara besar mungkin mengalami nyeri payudara, dan nyeri bisa sampai ke leher, bahu dan punggung.

  • Ketidakseimbangan Asam Lemak

Kemungkinan dapat memengaruhi sensitivitas jaringan payudara hingga sirkulasi hormon.

  • Berolahraga Terlalu Keras

Mungkin rutinitas pushup atau angkat beban yang kamu lakukan terlalu keras dan berlebihan sehingga menyebabkan sensasi tidak nyaman pada payudara yang mirip dengan nyeri payudara. Sebenarnya, rasa tidak nyaman tersebut berasal dari otot pektoral di bawah payudara yang tertarik.

  • Salah Ukuran Bra

Ukuran bra bisa menjadi salah satu penyebab nyeri pada payudara kamu. Jika bra sehari-hari kamu terlalu ketat atau cup bra terlalu kecil, kawat penyangga mungkin akan semakin mendorong dada dan mengakibatkan nyeri payudara. Bagi kamu yang mempunyai payudara besar, sangat penting untuk mendapatkan dukungan yang pas saat berolahraga serta menjaga payudara tetap di tempat sehingga tidak berisiko menarik jaringan otot pektoral. Sebuah studi terbaru menemukan bahwa satu dari tiga pelari maraton mengeluhkan mengalami nyeri payudara.

(Baca juga: Ternyata Tidak Mengenakan Bra Punya Manfaat Ini)

  • Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Jika kamu mempunyai kebiasaan ngopi tiga kali sehari dan merasa payudara membengkak dan mengeras itu tandanya kamu harus segera mengurangi kafein yang dikonsumsi setiap harinya. Kafein memiliki peran dalam mengakibatkan nyeri siklik yang berhubungan dengan fluktuasi hormon dan PMS. Kafein juga mengandung methylxanthine yang menyebabkan pembuluh darah membesar. Pembengkakan ini kemudian bisa menyebabkan payudara untuk ikut membengkak dan menjadi lebih menyakitkan.

Jika kamu mengalami nyeri payudara yang terkonsentrasi hanya di satu daerah dan konsisten dalam jangka waktu yang lama, dan kadar rasa sakitnya tidak berubah (tidak membaik atau bahkan memberikan dampak negatif), segera tanyakan dengan dokter menggunakan aplikasi Halodoc. Halodoc pun juga menyediakan layanan Pharmacy Delivery yaitu layanan untuk membeli obat atau vitamin lewat smartphone dan bisa langsung diantarkan dalam waktu kurang dari satu jam. Ayo download Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.

(Baca juga: Sehatnya Makanan Ini, Ampuh Turunkan Risiko Kanker Payudara)


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya