5 Penyebab Bau Mulut dan Tips Ampuh Menghilangkannya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Penyebab Bau Mulut dan Tips Ampuh Menghilangkannya

Halodoc, Jakarta – Mengalami kondisi bau mulut dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Bukan hanya menurunkan kualitas pembicaraan karena rasa kurang nyaman, bau mulut yang tidak diatasi dapat menimbulkan gangguan kesehatan mulut dan gigi.

Baca juga: Alasan Sering Bau Mulut Ketika Puasa

Bau mulut atau halitosis adalah kondisi yang dapat dialami oleh siapa saja. Umumnya, kondisi ini rentan dialami oleh orang-orang yang memiliki usia lanjut, kurang mengonsumsi air putih, tidak memerhatikan kebersihan mulut dan gigi, perokok, dan memiliki riwayat penyakit tertentu.

Ketahui Penyebab Bau Mulut

Penyebab bau mulut beragam dan setiap orang dapat mengalami penyebab yang berbeda-beda. Tidak hanya jarang membersihkan area mulut dan gigi, ketahui beberapa penyebab seseorang mengalami bau mulut, yaitu:

1. Mulut Kering

Mulut yang kering menyebabkan seseorang mengalami kondisi bau mulut. Air liur berperan untuk proses pencernaan makanan, sedangkan kondisi mulut kering disebabkan kurangnya produksi air liur dalam mulut. Air liur yang jumlahnya kurang mempermudah bakteri dan kuman berkembang biak dalam mulut. Perkembangan kuman dan bakteri di dalam mulut menyebabkan seseorang mengalami kondisi bau mulut. Tidak hanya itu, air liur memiliki peran untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel pada area mulut dan gigi.

2. Makanan Beraroma Kuat

Tidak hanya kuman dan bakteri, mengonsumsi makanan yang memiliki aroma kuat, seperti bawang putih, petai atau durian dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi bau mulut.

3. Merokok

Memiliki kebiasaan merokok tentu menyebabkan beberapa gangguan kesehatan pada tubuh. Selain gangguan pada jantung maupun paru-paru, kebiasaan merokok dapat menyebabkan seseorang mengalami bau mulut. Hal ini disebabkan bahan-bahan kimia dalam rokok yang tertinggal dalam mulut. Tidak hanya itu, merokok dapat menyebabkan produksi air liur menurun, kondisi ini menyebabkan mulut menjadi kering sehingga bakteri dan kuman mengalami pertumbuhan dengan cepat.

Baca juga: Karang Gigi Bisa Menjadi Penyebab Bau Mulut

4. Kebersihan Gigi

Sisa makanan pada gigi yang tidak segera dibersihkan menjadi plak pada gigi. Plak yang mengeras menyebabkan karang gigi. Kondisi ini yang menyebabkan seseorang mengalami bau mulut. Tidak hanya bau mulut, kebersihan gigi yang tidak terjaga dengan baik juga dapat sebabkan gangguan lain seperti peradangan atau infeksi sekitar mulut dan gigi.

5. Gangguan Lambung

Bau mulut juga dapat disebabkan karena adanya gangguan pada lambung. Saat asam lambung naik, tidak hanya kondisi perut yang sakit, efek lain dari GERD adalah munculnya masalah bau mulut.

Namun jangan khawatir, kamu bisa menghilangkan kondisi bau mulut agar napas kamu kembali segar sehingga rasa percaya diri dapat meningkat kembali. Sebaiknya rutin bersihkan gigi dengan menyikatnya sehari dua kali. Pastikan kamu menyikat gigi dengan teknik yang benar agar kotoran yang menempel dapat hilang.

Selain membersihkan gigi, jangan lupa untuk membersihkan lidah. Lidah juga bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri dan kuman penyebab bau mulut. Kamu bisa gunakan obat kumur untuk menurunkan risiko bau mulut. Hindari obat kumur yang mengandung alkohol karena alkohol dapat menyebabkan mulut kering sehingga menjadi bau mulut.

Baca juga: Jangan Sepelekan Bau Mulut, Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Perbanyak konsumsi air putih, sayur, dan buah juga bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah bau mulut dengan cepat. Produksi air pada sayuran dan buah menjaga kelembapan mulut untuk hindari bau mulut yang disebabkan mulut kering.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Bad Breath
NHS. Diakses pada 2019. Bad Breath