28 October 2018

Alasan Pentingnya Membersihkan Lidah Bagi Kesehatan

Alasan Pentingnya Membersihkan Lidah Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Bakteri dalam mulut bukan hanya berasal dari gigi dan gusi saja, tapi juga berasal dari permukaan lidah. Tapi, kenapa membersihkan lidah harus dilakukan? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Mengapa Harus Membersihkan Lidah?

Campuran liur dan bakteri di lidah akan menempel satu sama lain yang bisa membentuk lapisan di atas permukaan lidah, yang dikenal dengan sebutan plak. Sayangnya, menyingkirkan plak di lidah tidak cukup dengan berkumur. Alasannya karena berkumur hanya membersihkan lapisan terluar dari plak, sedangkan bakteri di bawahnya masih tetap menempel di antara sela permukaan lidah.

Jika permukaan lidah cenderung retak atau berlekuk, kamu rentan terhadap pengendapan plak dalam mulut yang membuat bakteri mudah bersembunyi di antara retakan tersebut. Bakteri juga bisa menempel di reseptor pengecap lidah yang bertekstur seperti kuncup berukuran mikro, sehingga memperburuk kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat Membersihkan Lidah

Manfaat membersihkan lidah di antaranya untuk menghilangkan timbunan bakteri, jamur, sel mati dan sisa makanan pada permukaan lidah. Penimbunan ini bisa disebabkan oleh infeksi jamur, kurangnya asupan cairan, merokok, mulut kering, penggunaan obat tertentu, serta kurang terjaganya kebersihan gigi dan mulut. Manfaat membersihkan lidah juga mampu menghilangkan bau mulut, menghindari hilangnya kepekaan terhadap rasa dan warna lidah menjadi gelap.

Cara Membersihkan Lidah yang Benar  

Mungkin sebagian dari kamu ada yang suka membersihkan lidah menggunakan bulu sikat gigi. Sebenarnya, hal ini tidak disarankan karena bisa menyebabkan kamu muntah secara tiba-tiba. Kondisi ini terjadi akibat bakteri yang berkumpul di bagian mulut dan kemudian merangsang kamu untuk muntah.

Saat ini tersedia alat pembersih lidah yang bisa kamu peroleh di berbagai pusat perbelanjaan. Tapi, bila kamu tidak menemukannya, kamu bisa menggunakan bagian belakang sikat gigi yang bentuknya bergelombang atau bergerigi yang terbuat dari karet. Bagian belakang sikat gigi tersebut bisa digunakan untuk membersihkan lidah. Yang perlu diingat, gunakan bagian belakang sikat untuk menghindari kerusakan lidah dan berkembangnya bakteri.

Membersihkan lidah yang baik dan benar bisa dilakukan setelah menggosok gigi dan berkumur di pagi hari. Kamu bisa menggunakan alat penggosok lidah untuk membersihkannya dari pangkal lidah paling dalam dan tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan secara perlahan. Bilas alat penggosok dan ulangi. Lakukan gerakan yang sama setidaknya 2 - 3 kali sampai lidah benar-benar bersih. Hati-hati, menyikat lidah terlalu keras dapat menyebabkan lidah iritasi.

Setelah itu, bersihkan juga bagian samping lidah dan kumur dengan air bersih. Bersihkan lidah kamu setidaknya sehari sekali di pagi hari karena di waktu ini tubuh kamu sudah melakukan detoksifikasi selama tidur.

Itulah beberapa informasi terkait dengan manfaat membersihkan lidah dan cara membersihkannya. Semoga dengan informasi di atas, kamu bisa meningkatkan kesadaran untuk menjaga indera pengecap ini agar senantiasa terhindar dari segala kotoran yang mungkin menempel di permukaannya.

Kamu bisa menanyakan soal kesehatan lidah, gigi, dan mulut pada dokter yang ada di aplikasi Halodoc baik melalui Chat, Voice Call, atau Video Call yang tersedia di layanan Contact Doctor. Untuk menggunakan aplikasi Halodoc, kamu perlu download aplikasi Halodoc di App Store maupun Google Play. Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Baca Juga: