6 Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi untuk Perokok

6 Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi untuk Perokok

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya dapat mengganggu kesehatan jantung maupun paru-paru, kebiasaan merokok juga dapat berdampak buruk pada kesehatan mulut serta gigi. Sebaiknya jangan pernah abaikan kondisi kesehatan mulut kamu, khususnya jika kamu perokok.

Baca juga: Kenali Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut

Ada banyak dampak buruk dari rokok terhadap kesehatan mulut kamu, seperti peningkatan gangguan pada kesehatan gusi. Kandungan tembakau dalam rokok dapat menghambat aliran darah menuju gusi. Kondisi ini menyebabkan gusi kekurangan nutrisi serta oksigen yang dibawah oleh darah, sehingga menyebabkan gusi rentan mengalami infeksi.

Tidak hanya pada gusi, kebiasaan merokok menyebabkan beberapa masalah lain pada kesehatan mulut serta gigi, seperti perubahan pada warna gigi, berkurangnya kepadatan tulang pada rahang, munculnya bau napas yang tidak sedap pada perokok aktif, meningkatkan penumpukan plak serta karang gigi, meningkatkan risiko kanker mulut serta meningkatkan risiko kerusakan gigi seperti lubang pada gigi.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok, namun sebelum kamu berhasil menghentikan kebiasaan merokok, tidak ada salahnya kamu melakukan beberapa cara ini untuk membantu menjaga kesehatan mulut serta gigi kamu:

1. Rajin Sikat Gigi

Semua orang memiliki kewajiban untuk rutin melakukan sikat gigi, khususnya bagi perokok. Perokok harus menggosok gigi mereka secara teratur sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu hari.

Pastikan kamu menggosok gigi dengan benar agar bisa merasakan manfaat dari menggosok gigi. Hindari menggosok gigi dengan terlalu keras, gesekan sikat gigi yang terlalu keras melukai gusi serta membuat enamel gigi semakin tipis. Lakukan sikat gigi secara lembut dengan gerakan memutar.

2. Gunakan Sikat Gigi Serta Pasta Gigi Berkualitas Baik

Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Bagi perokok, pilih sikat gigi yang memiliki sikat lembut dan fleksibilitas yang tinggi agar mampu membersihkan sisa-sisa kandungan rokok hingga ke sela-sela gigi.

Proses ini membantu untuk menghilangkan plak yang menempel pada gigi. Jangan lupa untuk memilih pasta gigi yang mengandung fluorida. Kandungan fluorida menjaga kesehatan gigi dengan memerangi kuman yang menjadi penyebab kerusakan serta memberikan perlindungan alami pada gigi.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Plak Gigi

3. Berkumur dengan Obat Kumur

Bau mulut yang sering muncul pada perokok menjadi keluhan yang cukup sering didengar. Selain menyikat gigi, tidak ada salahnya untuk rutin menggunakan obat kumur yang mengandung antibakteri agar masalah bau mulut atau mulut asam dapat dihindari.

4. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh setiap harinya. Khususnya bagi perokok, mencukupi kebutuhan air selama satu hari dapat menghindarkan kamu dari masalah bau mulut. Tidak hanya mengurangi kondisi bau mulut, banyak mengonsumsi air putih dapat membantu untuk mengurangi zat-zat racun yang menempel pada gigi akibat rokok.

5. Gunakan Benang Gigi

Selain rutin melakukan sikat gigi, tidak ada salahnya untuk menambah penggunaan benang gigi untuk merawat kesehatan mulut serta gigi. Benang gigi dapat membantu untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada gigi dan sulit dijangkau oleh sikat gigi. Gunakan benang gigi minimal satu kali dalam satu hari.

6. Rutin Kunjungi Dokter Gigi

Sebaiknya jangan pernah lewatkan untuk kontrol pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dengan rajin berkunjung ke dokter gigi kamu dapat melakukan penanganan pada kerusakan gigi yang terjadi sedini mungkin.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai gangguan pada kesehatan mulut maupun gigi. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 4 Cara Menguatkan Gigi