5 Resolusi Kesehatan yang Wajib Ada di Tahun 2019

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Resolusi Kesehatan yang Wajib Ada di Tahun 2019

Halodoc, Jakarta – Salah satu “budaya” menjelang pergantian tahun adalah menuliskan resolusi yang ingin dicapai dalam satu tahun ke depan. Ada banyak hal yang bisa masuk ke dalam daftar resolusi, mulai dari soal karir, pendidikan, asmara, hingga kesehatan.

Akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk mulai menyusun resolusi yang ingin dilakukan di sepanjang tahun 2019. Setidaknya, ada 5 hal yang wajib masuk daftar resolusi kesehatan di tahun 2019. Apa saja?

  • Medical Check Up Rutin

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Nyatanya, ungkapan tersebut masih berlaku dan memang benar adanya. Memang dibutuhkan sedikit tambahan biaya untuk menjaga kesehatan dan melakukan medical check up rutin, tapi biaya bisa menjadi jauh lebih tinggi jika penyakit sudah terlanjur menyerang. Nyatanya, rutin melakukan medical check up bisa membantu mengetahui dan mendeteksi suatu penyakit sejak dini, selain itu juga bermanfaat sebagai langkah pencegahan.

Baca juga: 3 Alasan untuk Medical Check up Sebelum Tahun Baru

Semakin cepat suatu penyakit dideteksi, semakin cepat pula pertolongan dan pengobatan bisa dilakukan. Dengan demikian, risiko penyakit berkembang ke tahap yang lebih serius bisa dihindari. Medical check up adalah hal yang penting dilakukan siapa saja, dan dalam usia berapa saja. Pemeriksaan kesehatan ini bisa meliputi gula darah, tekanan darah, kadar kolesterol, kesehatan jantung, mata, gigi, hingga kulit.

  • Pola Makan Sehat

Mengawali tahun 2019, cobalah untuk mulai menerapkan pola makan sehat. Pola makan yang dimaksud adalah membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat yang terdiri dari makanan bergizi seimbang. Selain itu, kadar dan kebutuhan nutrisi pun disesuaikan dengan kebutuhan tubuh setiap hari.

Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi, protein untuk membantu pertumbuhan tubuh dan menjaga kesehatan, dan asupan lemak agar struktur sel lebih terjaga serta sistem imun tetap baik. Selain itu, tubuh juga membutuhkan makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral untuk menjaga fungsi organ tubuh, serta asupan air yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik.

  • Lengkapi Vaksin

Agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit, pastikan untuk melakukan vaksin tahunan maupun melengkapi vaksin yang dibutuhkan. Vaksinasi adalah satu tindakan medis yang dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang, dengan cara menyuntikkan mikroorganisme penyebab suatu penyakit yang sudah dimodifikasi ke dalam tubuh. Tujuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga siap menerima “serangan” dari penyakit tersebut kelak.

Baca juga: Apakah Orang Dewasa Masih Perlu Divaksin?

Karena pada dasarnya, fungsi dari pemberian vaksin adalah untuk “membentengi” tubuh dari serangan penyakit, maka dibutuhkan juga oleh orang dewasa. Pemberian vaksin memang biasanya dimulai sejak kecil, dan harus diselesaikan sampai lengkap.

  • Rutin Berolahraga

Jika sebelumnya kamu terlalu malas dan sering menghindari olahraga, cobalah untuk mulai melakukan kebiasaan ini di awal tahun 2019. Nyatanya, rutin berolahraga bisa memberi banyak dampak luar biasa bagi tubuh. Rutin berolahraga bisa menjaga berat badan tubuh, serta membuat tubuh lebih bugar dan terhindar dari serangan penyakit.

Baca juga: Milenial Harus Rutin Olahraga, Alasannya?

  • Gaya Hidup Sehat

Kunci dari menjaga kesehatan adalah dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Kamu bisa memulainya secara perlahan. Misalnya, mulai mengurangi kebiasaan begadang, menghindari alkohol dan rokok, serta menjauhi makanan yang bisa memicu gejala penyakit.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter seputar masalah kesehatan. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan rekomendasi beli obat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!