• Home
  • /
  • Trimester Pertama, Ini 5 Cara Jaga Kehamilan

Trimester Pertama, Ini 5 Cara Jaga Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Trimester Pertama, Ini 5 Cara Jaga Kehamilan

Halodoc, Jakarta – Suasana bahagia sedang dirasakan oleh pasangan selebriti Indonesia yang baru menikah, Citra Kirana dan Rezky Aditya. Citra Kirana baru saja mengumumkan kabar kehamilannya melalui sosial media miliknya. Saat ini keduanya diketahui sedang berada di luar negeri untuk berlibur.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan kehamilan saat masih trimester pertama? Menjaga kesehatan kehamilan di trimester pertama menjadi langkah yang tepat untuk memastikan kondisi bayi dalam kandungan dapat berkembang dengan sehat dan optimal. Dilansir dari American Pregnancy Association, usia kehamilan trimester pertama adalah waktu yang cukup penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan seluruh organ bayi dalam kandungan. 

Baca juga: Tahap Perkembangan Janin di Trimester Pertama

Jadi, sebaiknya ibu jangan sepelekan usia kehamilan yang terbilang masih sangat muda. Tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati dalam kegiatan dan penuhi kebutuhan asupan serta nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi yang berkembang dalam kandungan. 

Inilah Cara Menjaga Kehamilan di Trimester Pertama

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh ibu ketika menjalani kehamilan yang sehat di usia trimester pertama. Menjaga kesehatan kehamilan penting untuk menghindari gangguan yang dapat terjadi pada ibu maupun bayi dalam kandungan. 

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Perbanyak mengonsumsi air putih saat menjalani kehamilan menjadi salah satu kewajiban yang perlu ibu lakukan untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan. Umumnya, ibu hamil perlu mengonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas dalam satu hari. Hal ini disebabkan karena tubuh memerlukan cairan lebih untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

Mengonsumsi cukup air putih dapat menghindari ibu dari berbagai gangguan pada air ketuban. Tentunya, air ketuban yang terlalu sedikit atau terlalu banyak memberikan dampak yang kurang baik untuk janin.

Baca juga: 6 Makanan Wajib Bumil di Trimester Pertama

2. Konsumsi Makanan Sehat

Saat menjalani masa kehamilan, tentunya ibu akan membutuhkan nutrisi dan gizi yang lebih untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Dilansir dari situs Parents, ada beberapa nutrisi yang sangat penting dikonsumsi ibu hamil untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan, seperti folat, kalsium, serat, dan zat besi.

Cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti daging tanpa lemak, ikan salmon, telur, sayuran hijau, buah-buahan yang mengandung vitamin C, dan makanan yang berbahan dasar gandum.

3. Atasi Keluhan dan Perubahan Fisik

Banyak perubahan yang dialami oleh ibu hamil saat menjalani kehamilan trimester pertama, mulai dari perubahan bentuk tubuh hingga nafsu makan. Sebaiknya atasi dengan baik keluhan dan perubahan yang terjadi.

Umumnya, ibu hamil akan mengalami mual dan muntah di awal kehamilan, yang disebut morning sickness. Rebusan air jahe bisa meredakan gejala. Tidak lupa untuk tetap makan sedikit demi sedikit agar tetap bertenaga. Jangan lupa perhatikan asupan yang ibu hamil konsumsi. 

Jika mual atau muntah yang dialami ibu hamil hingga menyebabkan ibu hamil pingsan, segera periksakan kesehatan ke dokter kandungan. Kini membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc bisa menjadi pilihan agar pemeriksaan kesehatan menjadi lebih mudah.

4. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Ibu, penuhi kebutuhan istirahat saat ibu menjalani kehamilan di trimester pertama. Umumnya, rasa senang atau bahkan mual yang dialami ibu menyebabkan ibu alami gangguan tidur di trimester pertama.

Dilansir dari National Sleep Foundation, saat menjalani kehamilan di trimester pertama, ibu hamil perlu memenuhi waktu istirahat yang sesuai dengan kebutuhan dan tambahan istirahat pada siang atau sore hari.

Istirahat yang terpenuhi dengan baik dapat membuat kehamilan menjadi lebih sehat. Tidak hanya kondisi bayi, istirahat juga membantu ibu lebih mudah mengontrol emosi yang mengalami perubahan saat kehamilan.

5. Lakukan Gaya Hidup Sehat

Melakukan gaya hidup sehat saat menjalani kehamilan dapat membantu ibu untuk menjaga kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan. Dilansir dari Healthline, tidak ada salahnya ibu hamil melakukan olahraga ringan secara rutin. Namun, jangan paksakan jika kesehatan ibu sedang kurang baik. Selain itu, hindari paparan asap rokok dan konsumsi alkohol.

Baca juga: Mitos Kehamilan di Trimester Pertama yang Bikin Was-Was

Itulah cara yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kesehatan kehamilan di trimester pertama. Jangan lupa untuk menjalani kehamilan dengan hati yang senang agar kesehatan juga dapat menjadi lebih baik.

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. The First Trimester of Pregnancy
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. Sleeping by the Trimester: 1st Trimester
Parents. Diakses pada 2020. Nutrition During Pregnancy: 10 Do’s and Don’ts
Taste of Home. Diakses pada 2020. How Much Water Should a Pregnant Woman Drink?
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. Fetal Development: First Trimester