• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makin Cantik, Ini Alasan Wanita Hamil Terlihat Menarik

Makin Cantik, Ini Alasan Wanita Hamil Terlihat Menarik

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Saat usia kehamilan semakin besar, wanita harus bersiap untuk mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Beberapa wanita hamil sering merasa khawatir penampilannya jadi tidak menarik. Kenyataannya, wanita hamil tetap terlihat cantik, lho!

Selama kehamilan, wanita dapat mengalami yang disebut "pregnancy glowing". Menurut mitos yang selama ini berkembang di masyarakat, pregnancy glowing disebabkan oleh perasaan bahagia wanita karena hendak memiliki anak. Beberapa orang juga meyakini bahwa kondisi ini terjadi karena wanita tengah hamil bayi dengan jenis kelamin tertentu.

Baca juga: 8 Mitos Kehamilan yang Perlu Diketahui

Jika ditelaah menurut sains, pregnancy glowing bisa terjadi karena beberapa faktor, yaitu: 

  • Fluktuasi Hormon. Melansir Healthline, alasan pertama pregnancy glowing terjadi adalah meningkatnya jumlah hormon yang dilepaskan selama kehamilan. Akibatnya, hal ini membuat kulit terlihat memerah, membuat tampilan wanita hamil menjadi lebih bercahaya. Hormon tersebut termasuk estrogen, progesteron, dan human chorionic gonadotropin

  • Peningkatan Aliran Darah. Selama kehamilan, tubuh wanita juga menghasilkan lebih banyak darah. Hal ini karena rahim dan organ vital membutuhkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan bayi. Peningkatan volume darah seperti itu juga melebarkan pembuluh darah, membuat kulit wanita terlihat memerah dan bercahaya.

  • Peningkatan Kadar Minyak. Beberapa wanita juga mengalami lebih banyak produksi minyak dari kelenjar sebum mereka akibat fluktuasi hormon. Produksi minyak yang meningkat juga terjadi karena lebih banyak volume darah sehingga sekresi minyak meningkat. Namun, ini bisa menjadi hal buruk jika pada dasarnya sudah memiliki kulit berminyak. Kondisi ini bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan, seperti jerawat. 

  • Peregangan Kulit. Kombinasi peningkatan aliran darah dan perubahan hormon akan menyebabkan kulit alami peregangan. Namun, kondisi ini juga bisa sebabkan kulit semakin bersinar selama kehamilan.

  • Ruam Panas. Tidak jarang seorang wanita hamil merasa lebih panas dari biasanya. Wanita hamil tidak hanya berurusan dengan hormon tetapi juga berat ekstra yang dibawa untuk mendukung bayi juga dapat meningkatkan suhu tubuh.  Ini dapat menyebabkan ruam panas atau hot flashes, yang dapat menciptakan efek "bersinar" pada kulit .

Baca juga: 3 Cara Menjaga Kecantikan Kulit Saat Hamil

Menyikapi Pregnancy Glowing

Pregnancy glowing adalah bagian alami dari kehamilan. Banyak orang menyebut perubahan fisiologis ini sebagai salah satu berkah kehamilan. Namun, penting juga untuk tetap merawat kulit selama kehamilan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Peningkatan minyak dapat membuat kulit terlalu berminyak dan kadang-kadang memicu jerawat. Jika terbukti terjadi, gunakanlah pembersih bebas minyak untuk membersihkan wajah dan mengurangi jumlah minyak pada kulit.

Beberapa wanita hamil juga kerap mengalami perubahan fisiologis yang kurang menyenangkan selama kehamilan, yakni perubahan pigmentasi kulit. Akibat kondisi ini, bisa muncul bintik-bintik kecoklatan atau bercak yang berkembang di leher dan wajah. Jika kamu merasa terganggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter di rumah sakit. Segera buat janji dengan dokter di Halodoc supaya lebih praktis. 

Baca juga: Tips Mengatasi Masalah Kulit yang Dialami Bumil

Meskipun kondisi ini bisa hilang setelah melahirkan, cara terbaik adalah dengan tetap melakukan perawatan kulit yang baik secara teratur, baik selama hamil atau tidak agar wanita hamil tetap terlihat cantik.

 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Is Pregnancy Glow Real?
Healthline. Diakses pada 2020. Glowing Skin During Pregnancy, Why It Happens.
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. Pregnancy Glow.