6 Buah yang Bisa Disulap Menjadi Bahan Masker Wajah Alami

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
masker wajah dari buah, buah untuk masker

Halodoc, Jakarta - Masker alami menggunakan buah-buahan merupakan salah satu bentuk perawatan wajah alami yang dapat kamu lakukan di rumah. Buah-buahan ini baik bagi kesehatan kulit wajahmu karena mengandung banyak vitamin, mineral, serta nutrisi lain yang dibutuhkan kulit. Dengan menggunakan masker alami ini, wajah akan menjadi bersih, halus, bercahaya, serta sehat. Untuk mempraktekkannya, kamu dapat menggunakan buah-buahan ini.

Baca juga: Agar Lebih Optimal, Ini Cara Pakai Masker Wajah yang Benar

1. Pisang

Pisang yang kamu gunakan sebagai masker akan membuat kulitmu menjadi lembut dan kencang. Selain itu, masker pisang dapat menghilangkan bekas-bekas jerawat yang membandel. Kamu dapat menghancurkan buah pisang dan mencampurnya dengan madu atau minyak zaitun. Kemudian aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

2. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang mampu meremajakan kulit dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Masker pepaya akan mengelupas sel-sel kulit mati pada wajah secara otomatis. Kamu dapat menghancurkan buah pepaya dan menambahkan sedikit madu. Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

3. Tomat

Tomat banyak mengandung vitamin A dan vitamin C yang baik bagi kulit. Dengan rutin mengaplikasikan masker tomat, kulit akan tampak merona dan segar. Kamu dapat mengiris tomat dan gosokkan pada wajah. Selain itu, kamu dapat memeras tomat dan ambil airnya, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air.

Baca juga: 6 Masker Alami untuk Mencerahkan Wajah 

4. Alpukat

Buah yang satu ini aman digunakan jika kamu memiliki masalah dengan kulit wajah yang kering. Kandungan lemak pada alpukat dapat membantu meremajakan kulit, sehingga kulit tampak lebih kencang dan cerah. Kamu dapat mencampur buah alpukat dengan kuning telur dan susu. Kemudian, aduk hingga merata dan aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

5. Bengkoang

Masker bengkoang bagus untuk membuat kulit menjadi tampak lebih sehat dan bersih. Kamu dapat menghancurkan buah ini dengan blender dan mencampurnya dengan madu atau air perasan jeruk nipis. Kemudian aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

6. Lemon

Masker lemon dapat kamu aplikasikan pada wajah guna mengatasi masalah jerawat. Kamu dapat memeras lemon, kemudian tambahkan madu pada perasan air lemon. Lalu, aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Jika kamu memiliki masalah pada kulit wajah dan tidak juga membaik setelah menggunakan masker alami tersebut, diskusikan dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc, ya! Karena kamu mungkin akan membutuhkan berbagai macam obat tambahan untuk mengatasi masalah yang kamu alami.

Baca juga: Usir Penuaan Dini, Ini 6 Manfaat Masker Wajah

Sebenarnya, perawatan sederhana yang rutin kamu lakukan di rumah dapat menghindari kamu dari masalah apapun pada wajah. Namun, karena ini merupakan perawatan yang alami, kamu tidak akan bisa melihat hasilnya hanya dengan beberapa kali pemakaian. Pakailah dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak perlu melakukan perawatan mahal untuk merawat wajah. Tidak ada salahnya untuk mencoba membuat masker sebagai langkah perawatan dengan menggunakan bahan alami yang baik untuk menjaga kulit wajah. Karena selain menyehatkan, bahan-bahan alami tersebut dapat melindungi kulit wajah dari berbagai macam penyakit kulit. 

Referensi:
Allure (Diakses pada 2019). 8 Skin-Transforming Face Masks You Can Make Out of Food.
Choose Healthy Food (Diakses pada 2019). 10 Great Fruits to Use for Facial Masks.