Usir Penuaan Dini, Ini 6 Manfaat Masker Wajah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Usir Penuaan Dini, Ini 6 Manfaat Masker Wajah

Halodoc, Jakarta - Demi membuat wajah awet muda dan tampak cantik serta bersinar, perempuan di seluruh dunia berlomba-lomba untuk menggunakan berbagai produk kecantikan, termasuk di Indonesia. Salah satu perawatan yang sering dipakai adalah masker wajah. Ada banyak manfaat masker wajah, salah satunya adalah mencegah penuaan dini.

Sebenarnya, tidak ribet kok pakai masker wajah ini, tidak seperti yang kamu pikirkan. Tidak butuh waktu lama juga untuk membuatnya, karena sekarang banyak sekali masker wajah instan yang dijual di pasaran. Kamu hanya perlu melarutkannya dengan air, mengaplikasikan di seluruh wajah, dan menunggu 15 sampai 30 menit. Nah, selain usir penuaan dini, apa saja sih manfaat masker wajah yang lain?

  • Masker Wajah Meningkatkan Hidrasi

Kulit yang kering mengganggu penampilan dan membuat kurang percaya diri. Ternyata, menggunakan masker wajah bisa meningkatkan hidrasi dan kelembapan kulit. Tentu saja, ini cocok untuk perempuan atau laki-laki yang memiliki kulit kering. Jika kulit terhidrasi dengan baik, tentu saja elastisitasnya juga meningkat. Kamu juga lebih mudah untuk merias wajah. 

Baca juga: 5 Buah yang Bisa Dijadikan Masker Wajah Alami

  • Masker Wajah Membersihkan Wajah Lebih Menyeluruh

Memang benar, membersihkan muka setiap hari membantu membersihkan kulit dengan menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa kosmetik yang menempel di wajah. Faktanya, menggunakan masker wajah membantu membersihkan kulit muka secara mendalam, bahkan membantu detoksifikasi kulit muka lebih cepat daripada membersihkan muka dengan pembersih muka biasa. 

  • Relaksasi

Tidak hanya membersihkan kulit muka, masker wajah menjadi salah satu cara relaksasi yang paling baik untuk melepas penat dan stres. Beberapa jenis masker wajah mengandung bahan-bahan alami yang menimbulkan ketenangan. Namun, ini hanya bisa didapatkan jika kamu benar-benar menyisihkan waktu ketika menggunakannya, alias tidak tergesa-gesa. Rasakan setiap usapan di setiap sisi muka, jika diperlukan, putar lagu-lagu yang meningkatkan ketenangan. 

Namun, tidak semua masker bisa cocok dengan kulit muka kamu. Ini artinya, kamu harus tahu dulu apa sebenarnya jenis kulit mukamu, apakah normal, kering, atau sensitif. Nantinya, kamu bisa menyesuaikan produk masker wajah mana yang bisa digunakan. Jika kamu kesulitan, tanyakan saja pada dokter kecantikan. Buat janji di rumah sakit terdekat saja, atau gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi Halodoc

Baca juga: Agar Lebih Optimal, Ini Cara Pakai Masker Wajah yang Benar

  • Mencerahkan Kulit

Masker membantu mengembalikan kecerahan kulit, pasti kamu sudah tahu pasti dengan manfaat masker satu ini. Proses ini terjadi karena beberapa bahan dalam masker juga membantu merangsang sirkulasi darah. Ketika masker mulai mengering dan mengeras, terjadi pelebaran pembuluh darah saat masker diangkat dari wajah. Ini membuat kulit lebih cerah, halus, lembut, dan segar. 

Baca juga: Ketahui 5 Jenis Masker dan Fungsinya untuk Wajah

  • Masker Wajah Membebaskan Pori Kulit

Masker juga membantu menghilangkan kotoran dan menyerap minyak berlebih sekaligus mengangkat semua sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Artinya, pori-pori lebih terbuka. Tersumbatnya pori-pori bisa membuat jerawat mudah muncul, dan menggunakan masker wajah membantu membebaskan pori-pori kulit sehingga masalah kulit muka bisa dihindari. 

  • Memaksimalkan Perawatan Kulit Lainnya

Terakhir, masker membantu semua produk perawatan kulit yang kamu pakai bekerja lebih maksimal, terutama yang digunakan di malam hari seperti krim malam dan serum. Masker membantu produk tersebut diserap kulit lebih cepat dan dalam. Jadi, hasilnya lebih maksimal. Nah, jadi kamu sudah tahu kan manfaat masker wajah ini? Supaya hasilnya lebih terasa, pakai setiap hari, ya!