Agar Lebih Optimal, Ini Cara Pakai Masker Wajah yang Benar

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
agar-lebih-optimal-ini-cara-pakai-masker-wajah-yang-benar-halodoc

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit wajah yang cantik dan cerah tentu merupakan impian setiap wanita di dunia. Namun masalahnya, paparan polusi, stres dan kelelahan bisa membuat wajah menjadi kusam, berjerawat, bahkan memicu tanda-tanda penuaan muncul lebih dini. Hii, kamu tentunya enggak mau kan kecantikan wajahmu jadi berkurang? Karena itu, melakukan perawatan wajah secara rutin sangat penting, agar kulit wajah tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam masalah.

Dengan memiliki kulit wajah yang sehat, kamu pun tidak perlu memoleskan terlalu banyak makeup lagi, karena wajah sudah akan terlihat berseri dan cantik alami. Kulit yang sehat pun juga bisa membantu makeup agar menempel dengan sempurna pada wajah.

Baca juga: 3 Masker Wajah Alami Agar Kulit Semakin Glowing

Nah, salah satu perawatan kulit yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kesegaran dan kecantikan kulit adalah menggunakan masker wajah. Meskipun kelihatannya mudah, tapi kamu perlu tahu tips-tips menggunakan masker wajah yang benar di sini agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal:

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum memakai masker, pastikan dulu bahwa kulit wajahmu sudah bersih secara menyeluruh. Selain dengan mencuci muka dengan pembersih wajah, kamu juga bisa menggunakan scrub agar sel-sel kulit mati terangkat. Ini agar kulit wajah semakin bersih, sehingga masker pun bisa menyerap secara maksimal.

2. Gunakan Uap Steam untuk Membuka Pori-pori

Setelah membersihkan wajah, ada baiknya kamu juga menggunakan uap steam untuk membuka pori-pori wajah, sehingga penyerapan nutrisi dari masker bisa lebih maksimal. Penguapan juga membantu untuk mengeluarkan kotoran dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori. 

Kalau kamu tidak mempunyai steamer, kamu bisa menyiapkan air panas di dalam baskom dan arahkan wajah kamu ke dalam mangkuk dan tutup kepala dengan kain. Lakukan hal ini selama kurang lebih 5 menit. 

3. Aplikasikan Masker dengan Menggunakan Alat Khusus

Bila selama ini kamu mengaplikasikan masker gel atau krim ke wajah dengan menggunakan tangan, sebaiknya segera tinggalkan cara tersebut. Pasalnya, kamu tidak tahu bakteri atau kotoran apa yang masih menempel pada tangan kamu. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mengaplikasikan masker harus dengan menggunakan kuas khusus masker. Selain lebih bersih, menggunakan brush atau kuas masker akan memastikan masker teraplikasi secara merata di wajah kamu.

Baca juga: Ketahui 5 Jenis Masker dan Fungsinya untuk Wajah

4. Diamkan Sampai Mengering Lalu Bersihkan

Setelah mengaplikasikan masker ke seluruh wajah, biarkan masker sampai setengah mengering dengan sendirinya. Setelah masker setengah mengering, bersihkan wajah dengan membilasnya dengan air hangat dan pastikan tidak ada sisa masker yang tertinggal pada wajah kamu. Lalu, keringkan dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya pada wajah dengan lembut.

5. Gunakan Toner Setelahnya

Masih banyak orang yang belum tahu betapa pentingnya menggunakan toner setelah menggunakan masker wajah. Enggak hanya membantu melembabkan kulit, menggunakan toner yang tepat setelah selesai maskeran juga bisa membantu mengunci semua manfaat masker tersebut. Toner juga akan membuat kulit wajah kamu lebih halus dan lebih bersih.

6. Gunakan Secara Rutin

Produk perawatan wajah apapun bila tidak digunakan secara rutin tidak akan memberi manfaat yang maksimal. Karena itu, sebaiknya aplikasikan masker wajah secara rutin agar kamu bisa mendapatkan hasil yang nyata pada wajah.

Baca juga: 7 Manfaat Rutin Menggunakan Masker Wajah

Nah, itulah tips menggunakan masker yang benar agar hasilnya maksimal. Kalau kamu punya masalah seputar kecantikan wajah, tanyakan saja ke ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.