6 Masker Alami untuk Mencerahkan Wajah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Masker Alami untuk Mencerahkan Wajah

Halodoc, Jakarta - Wajah kusam dan tidak bersinar dapat menjadi masalah kulit yang sering wanita alami. Terlebih lagi, jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Padahal, rasa percaya diri dapat meningkat jika kulit sehat dan lebih cerah. Oleh karena itu, banyak cara yang mereka tempuh demi mewujudkan kulit wajah yang cerah. Mulai dari memakai masker alami di rumah atau menggunakan produk-produk kecantikan yang dijual bebas, kedua cara ini menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan wajah cerah yang diidamkan. 

Bahan Masker Alami yang Bisa Dicoba

Kini banyak orang yang lebih memilih menggunakan bahan alami untuk mendapatkan kulit cerah. Tidak hanya lebih ramah di kantong, dengan menggunakan bahan alami seperti masker alami, efek sampingnya lebih sedikit. Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan kulit cerah hanya dengan masker alami, ini jenis masker yang bisa dibuat di rumah:

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Blewah untuk Kecantikan

  • Lidah Buaya

Bahan alami satu ini sejak lama naik daun di dunia kecantikan karena manfaatnya yang luar biasa. Salah satunya untuk mencerahkan wajah. Di dalam lidah buaya terdapat senyawa polifenol yang berfungsi antioksidan agar kulit bebas dari kekusaman akibat aktivitas seharian. Gunakan daging buah lidah buaya ini setiap hari untuk hasil yang maksimal. 

  • Pepaya

Buah satu ini mudah kamu temukan di pasaran. Kebanyakan orang menganggap buah pepaya hanya sebagai buah untuk memperlancar pencernaan, padahal manfaat buah ini masih banyak, salah satunya adalah mencerahkan kulit.

Pepaya efektif melawan bakteri pada wajah dan mencerahkan kulit wajah yang kusam. Caranya mudah, kamu hanya perlu menghaluskannya di mangkuk dan diaplikasikan langsung ke wajah layaknya masker alami lainnya. Setelah itu tunggu selama 15 hingga 20 menit, dan kemudian cuci dengan air bersih. 

  • Mentimun

Sama halnya dengan pepaya, buah satu ini mudah ditemukan dan memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Mentimun bisa dijadikan bahan masker alami untuk membuat wajah jadi lebih cerah. Mentimun juga efektif mencegah pigmentasi kulit dan menghilangkan lingkar hitam pada mata. Jika kamu memiliki lingkar mata dan sulit dihilangkan, kamu bisa berdiskusi dengan dokter kecantikan melalui aplikasi Halodoc.

  • Tomat

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk dibuat masker alami pencerah kulit adalah tomat. Tomat mengandung antioksidan dan juga vitamin E yang dapat mencerahkan kulit kusam. Untuk membuat masker tomat ini, kamu bisa menggunakan dua cara. Pertama dengan mengirisnya, dan kedua dengan menumbuknya. Untuk hasil maksimal, kamu bisa mencoba melakukannya sebanyak  3 kali seminggu.

Baca Juga: Pencegahan agar Lingkar Bawah Mata Tidak Menghitam

  • Alpukat

Dibalik rasanya yang lezat, buah ini memiliki efek yang baik untuk mencerahkan kulit. Hal ini karena alpukat mengandung vitamin A yang bekerja efektif dalam mengangkat sel kulit mati. Dengan mengaplikasikannya sebagai masker alami, kamu mendapatkan wajah yang terlihat bersih dan cerah.

  • Ampas Teh

Punya ampas teh di rumah? Eits, jangan langsung dibuang! Kamu bisa menggunakannya sebagai masker alami juga untuk mencerahkan kulit. Ampas teh ini bekerja dengan cara mengangkat semua sel kulit mati dan mengurangi flek hitam pada wajah. 

Baca Juga: Alergi dengan Kosmetik? Ini yang Akan Terjadi pada Kulit

Namun, pastikan untuk menggunakan masker alami di atas dengan rutin supaya hasilnya maksimal. Dengan wajah yang cerah, maka ini akan menaikkan rasa percaya dirimu.