6 Cara Mengatasi Nyeri Berlebihan Saat Menstruasi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Cara Mengatasi Nyeri Berlebihan Saat Menstruasi

Halodoc, Jakarta - Menstruasi adalah hal yang pasti terjadi setiap bulannya pada wanita. Tidak jarang, kondisi ini dapat membuat wanita mengalami rasa nyeri. Namun, enggak perlu khawatir. Pasalnya, terdapat beberapa cara untuk mengatasi nyeri saat menstruasi.

Perasaan nyeri dan kram yang menyakitkan ketika menstruasi terkadang menjadi momok tersendiri sehingga dapat mengganggu aktivitas seseorang. Hal tersebut membuat wanita hanya ingin berada di atas kasur hingga rasa nyeri tersebut hilang.

Nyeri yang berlebihan pada periode menstruasi umumnya disebut dengan stagnasi, yaitu ketika wanita merasa kekurangan energi. Untuk mengatasi nyeri saat menstruasi, penting bagi kamu untuk mengetahui alasan seseorang yang sedang menstruasi akan merasakan nyeri.

Umumnya, rahim harus melepaskan lapisan alami setiap bulan ketika otot-otot rahim mengalami kontraksi. Pembuluh darah yang disuplai ke rahim pun akan menjadi sempit. Aliran darah pun akan berkurang, akibatnya rasa sakit pun akan muncul saat menstruasi.

Baca Juga: 7 Tips Atasi Nyeri Menstruasi

Apabila rasa sakit tersebut sudah tidak tertahankan, berikut adalah cara mengatasi nyeri saat menstruasi:

1. Memperbaiki Pola Makan

Disebutkan bahwa memperbaiki pola makan dapat mengatasi nyeri saat menstruasi. Hal tersebut dikarenakan dengan mengurangi lemak dan meningkatkan konsumsi sayuran dapat membantu mengurangi rasa sakit yang timbul ketika periode tersebut. Selain itu, diet vegetarian rendah lemak dapat membantu menjaga kesehatan dan mengurangi perasaan kram yang timbul.

2. Mengonsumsi Obat Antiradang

Salah satu cara untuk mengatasi nyeri saat menstruasi adalah dengan mengonsumsi obat antiradang. Obat-obatan antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti Advil (ibuprofen) atau Aleve (naproxen), dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul. Rasa sakit tersebut disebabkan pelepasan zat prostaglandin, dan obat tersebut dapat mengurangi radang yang terjadi.

Baca Juga: Wanita, Wajib Tahu Cara Menghilangkan Nyeri Menstruasi

3. Mengonsumsi Teh Herbal

Jenis teh tertentu dapat meringankan kram saat menstruasi yang terjadi. Hal ini jarang dilakukan oleh para wanita, tetapi secara tradisional memang dipercaya dapat membantu untuk meringankan perasaan yang timbul ketika menstruasi. Salah satu contoh teh herbal yang dapat meringankan efek samping dari menstruasi adalah teh dengan minyak peppermint. Walau begitu, coba tanyakan hal tersebut pada dokter kamu.

4. Menempelkan Bantalan Pemanas

Cara lainnya untuk mengatasi nyeri saat menstruasi adalah dengan menempelkan bantalan panas atau sesuatu yang hangat ke perut. Disebutkan bahwa dengan menempelkan sesuatu yang panas akan sama efektifnya dengan mengonsumsi ibuprofen ketika nyeri terjadi.

5. Banyak Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium

Mengatasi nyeri yang terjadi saat menstruasi dapat dilakukan dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium pada pola makan kamu. Disebutkan bahwa asupan magnesium yang cukup dapat membantu meringankan rasa sakit.

Selain untuk mengatasi kram menstruasi, kandungan magnesium dapat membantu untuk mengatur fungsi saraf dan otot. Asupan magnesium yang baik bagi wanita pada usia subur adalah 320 miligram setiap harinya.

Baca Juga: Waspadai 4 Nyeri & Kram Menstruasi Tanda Endometriosis

6. Berolahraga Secara Rutin

Dengan berolahraga secara rutin, kamu dapat meningkatkan endorfin pada tubuh, sehingga menghilangkan rasa nyeri ketika menstruasi. Selain itu, naiknya endorfin pada tubuh dapat meningkatkan suasana hati kamu. Hal lainnya yang dapat meningkatkan endorfin pada tubuh adalah orgasme.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi nyeri ketika menstruasi. Jika kamu mempunyai pertanyaan mengenai cara mengatasi nyeri saat menstruasi, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!