• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

6 Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Mengalami sedikit stres selama kehamilan adalah hal yang normal. Stres ringan yang terjadi beberapa kali tidak menyebabkan efek negatif pada bayi di dalam kandungan. Namun, jika stres dan cemas kamu terus alami hari demi hari selama kehamilan, mintalah bantuan dokter untuk menangani hal ini. 

Melansir American Pregnancy Association, stres ekstrem yang berkepanjangan bisa berdampak serius. Mulai dari kadar hormon yang berfluktuasi, ketidakpastian tentang masa depan, ketidaknyamanan fisik, atau gangguan mental yang ada sebelumnya. Menemukan cara yang tepat dan sehat untuk mengatasi stres adalah hal penting untuk mengoptimalkan kesehatan calon ibu dan perkembangan bayi. 

Baca juga: Alasan Stres dan Emosi Bisa Memengaruhi Kesehatan Janin

Terdapat cara alami untuk mengatasi stres saat hamil, yaitu:

  • Fokus pada Bayi. Jangan merasa bersalah karena meluangkan waktu untuk diri sendiri. Setiap kali kamu memiliki kesempatan, istirahatlah sebentar dan fokus pada kehamilan. Usia kehamilan sekitar minggu ke-23, bayi dapat mendengar suara. Cobalah mengobrol, bernyanyi, dan membaca untuk bayi. Tujuannya, untuk menjalin ikatan dengan bayi dan membantu ibu merasa lebih positif tentang kehamilan.

  • Istirahat yang Cukup. Dengarkan tubuh kamu baik-baik. Jika kamu merasa lelah, istirahat atau tidur siang, dan tidur lebih awal. Tidur penting bagi kesehatan mental siapa pun dan mendukung kehamilan yang sehat. Jika ini adalah kehamilan kedua, mintalah pasangan, teman, atau orangtua untuk menjaga anak selama satu sore dan gunakan waktu ini untuk istirahat dan relaksasi. 

  • Utarakan Perasaan. Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang kesejahteraan bayi, atau masalah pribadi, kamu selalu dapat meminta bantuan bidan atau psikolog. Jangan takut untuk mengakui perasaan kamu yang sebenarnya. Jika kamu jujur, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan dukungan yang dibutuhkan. Bidan atau psikolog akan melihat keseluruhan, bahkan hingga ke kekhawatiran terkecil.

    Kamu bisa chat langsung dengan psikolog di Halodoc untuk menceritakan hal yang membuat stres. Bicarakan juga dengan pasangan, membicarakan hal ini juga bisa membuat kalian berdua merasa lebih baik. Kamu juga bisa temui calon ibu lain pada tahap kehamilan yang sama dengan kamu, mungkin di kelas senam atau saat pemeriksaan dokter. Kemungkinan sebagian dari mereka memiliki perasaan yang sama dengan kamu.

Baca juga: Tekanan Sosial pada Ibu Hamil, Hati-Hati Picu Stres 

  • Lakukan Olahraga Ringan. Berolahraga dapat menambah semangat kapan saja, termasuk ketika sedang hamil. Ini karena saat olahraga, tubuh akan melepaskan bahan kimia yang menyebabkan rasa senang di otak. Banyak juga olahraga yang cukup aman untuk dilakukan, namun lebih baik untuk meminta saran pada dokter. Berenang adalah pilihan yang bagus karena membuat tubuh sehat dan menyenangkan. Kamu juga bisa mencoba yoga kehamilan. Tujuannya untuk meregangkan tubuh dan mengajarkan teknik pernapasan, relaksasi dan meditasi yang dapat meningkatkan kesejahteraan emosional. Kamu juga bisa jalan santai di pagi hari untuk meringankan stres. 

  • Coba Terapi Tambahan. Pijat adalah cara yang ampuh untuk menghilangkan stres. Tunjukkan pada pasangan cara melakukan pijatan punggung bawah dan pijatan relaksasi. Atau kunjungi spa dan salon kecantikan yang menyediakan perawatan pijat kehamilan juga. Aromaterapi dapat membantu mengurangi kecemasan dan membuat kamu menjadi lebih tenang.

  • Lakukan Hal yang Kamu Suka. Tertawa adalah cara terbaik tubuh untuk rileks. Jadi, bertemu dengan teman-teman, menonton film lucu, atau membaca novel yang menyenangkan dapat menjadi hal untuk mengatasi stres. Kehamilan juga merupakan waktu yang tepat untuk memanjakan diri dengan semua perawatan kecantikan yang biasanya tidak pernah dilakukan. 

Baca juga: 5 Tips Bagi Ibu Hamil yang Masih Bekerja

Itulah langkah sederhana yang bisa bantu kamu mengurangi stres selama kehamilan. Ingatkan dirimu bahwa stres selama kehamilan bukanlah hal yang baik dan dapat berdampak buruk pada kesehatan janin. Jadi, semua hal-hal di atas semata-mata dilakukan untuk kesehatan kamu dan bayi.

 

Referensi:
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. How to Treat Stress During Pregnancy. 
Psychology Today. Diakses pada 2020. The Importance of Reducing Stress During Pregnancy.
Baby Centre UK. Diakses pada 2020. Ways to Survive Stress in Pregnancy.