6 Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

Halodoc, Jakarta – Bila seseorang sedang mengalami stres, sebaiknya harus segera ditangani dengan baik untuk membantu tubuh kembali pada kondisi normal. Bila stres dibiarkan saja dan tidak ditangani dengan segera bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh. Waspadai bila stres terjadi pada ibu hamil, karena akan menimbulkan reaksi berlebihan dan bisa membahayakan sang janin. Hal inilah yang tidak baik untuk kesehatan kehamilan serta mengundang masalah pada perkembangan janin.

Beberapa bahaya stres yang dapat mengganggu ibu maupun kandungan bila tidak dikelola dengan baik, di antaranya:

1.  Berpengaruh Terhadap Otak Janin
Dampak stres yang bisa ditimbulkan bagi ibu yang sedang hamil adalah bisa memengaruhi otak janin. Hal ini dikarenakan stres bisa berpengaruh terhadap adanya kelainan proses pembentukan otak janin yang dapat memicu masalah perilaku pada kelanjutan pertumbuhan bayi. 

2.  Berdampak kepada Tumbuh Kembang Bayi
Bila ibu hamil yang mengalami stres tidak ditangani dengan baik, memungkinkan ibu melahirkan bayi dengan berat badan rendah atau lahir prematur yang disebabkan karena menurunnya aliran darah ke rahim yang bisa secara signifikan memengaruhi tumbuh kembang janin.

3.  Kelahiran Prematur
Dampak lainnya dari stres bagi ibu hamil yakni bisa memengaruhi plasenta ibu hamil. Ketika ibu hamil terutama pada trimester pertama mengalami stres, plasenta bisa meningkatkan produksi hormon pelepas kortikotropin (CRH). Hormon ini bisa mengatur durasi kehamilan. Sehingga bila kadar hormon tersebut lebih tinggi dari seharusnya maka bisa mempercepat durasi kehamilan, sehingga memungkinkan bayi berisiko lahir prematur.

4.  Berkurangnya Pasokan Oksigen untuk Janin
Bila ibu yang sedang hamil merasakan kecemasan, maka tubuhnya secara alamiah akan memproduksi hormon stres yang bisa berdampak kepada janin yang mengakibatkan mengencangnya pembuluh darah dan mengurangi suplai oksigen ke rahim.

Cara Mengatasi Stres Saat Hamil
Pada masa kehamilan, adalah hal yang wajar bila seorang ibu hamil mengalami stres. Namun hindari stres yang berat apalagi hingga berkepanjangan, karena itu akan merugikan kamu dan janinmu. Enam langkah berikut bisa dijadikan penanganan stres bagi ibu hamil untuk lebih tenang dalam menghadapi kehamilan dan mempersiapkan diri untuk menjadi seorang ibu.

1.  Bicarakan
Salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan membicarakan masalah yang sedang ibu alami dengan pasangan. Berdiskusi atau bertukar pikiran bisa membantu ibu hamil merasa lebih baik. Atau bisa juga dengan berbagi pengalaman bersama ibu hamil lainnya dengan tahap kehamilan yang sama juga dapat membantu.

2.  Istirahat yang Cukup
Penting untuk diketahui jika ibu perlu memiliki waktu istirahat dan waktu personal untuk diri sendiri dan janin. Sebisa mungkin untuk melakukan tidur siang secara teratur. Saat sedang istirahat, ibu bisa menyanyikan lagu untuk janin yang bermanfaat untuk menguatkan ikatan antara ibu dan bayi.

3.  Berolahraga
Mengatasi stres juga bisa disiasati dengan rutin berolahraga ringan seperti berenang dan berjalan-jalan. Olahraga dipercaya bisa membantu memperbaiki suasana hati. Harap diingat sebelum berolahraga untuk melakukan pemanasan ringan.

4.  Membuat Daftar Keperluan
Bisa jadi, penyebab ibu mengalami stres diakibatkan karena masalah keuangan. Tentunya keperluan untuk bayi banyak sekali dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah sebaiknya kamu membuat daftar prioritas. Pikirkan mana barang yang masih bisa dipinjam dari orang-orang terdekat, seperti perlengkapan bayi atau lainnya, dan mana yang memang harus dibeli sendiri. Tentunya hal ini bisa sedikit mengatasi stres ibu.

5.  Melakukan Persiapan Diri untuk Menjadi Orang Tua
Tentunya kamu harus melakukan persiapan yang matang sejak dinyatakan hamil oleh dokter kandungan.  Karena mengasuh dan mendidik anak membutuhkan keterampilan dan kesabaran. Namun dalam mempersiapkan segala sesuatu sebelum kamu menjadi ibu, terkadang membuat kamu stres. Untuk mengatasi stres, Ibu bisa mempelajarinya dengan bertanya kepada orang tua atau teman yang telah memiliki bayi tentang pengalaman mereka menjadi orang tua.

6.  Pola Makan yang Baik
Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres untuk ibu hamil adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang diperlukan untuk kesehatan fisik sekaligus psikis. Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, vitamin, dan mineral yang cukup. Kamu juga harus mencukupi minuman air putih setidaknya 1,5 liter per hari.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres pada ibu hamil. Cobalah lakukan tips di atas dengan disertai secara berkala mendiskusikan kondisi ibu hamil beserta janin .dengan dokter kandungan yang ada di Halodoc. Gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi ribuan dokter ahli yang terpercaya melalui menu Contact Doctor dengan memilih metode chat, voice call, dan video call. Dan beli obat atau vitamin yang sampai hanya dalam waktu 1 jam melalui menu Pharmacy Delivery. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

BACA JUGA: 10 TIPS MENGUSIR RASA GERAH SAAT HAMIL