• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet

6 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet

Halodoc, Jakarta – Penampilan perut yang buncit memang bukan menjadi penampilan yang ideal bagi beberapa orang. Banyak yang menginginkan untuk mendapatkan perut yang rata atau bahkan memiliki sixpack. Sayangnya, kebanyakan di antara mereka menginginkan cara mengecilkan perut tanpa olahraga. 

Namun, cara mengecilkan perut tanpa olahraga juga bukan hal yang tidak mungkin. Ada beberapa hal yang kamu lakukan, seperti menjaga asupan makanan dan bahkan menghindari stres berlebih. Cara-cara tersebut sebenarnya berfokus pada pembakaran lemak. Sebab tidak ada cara yang paling ampuh dalam mengecilkan perut buncit selain membakar lemak berlebih di badan. Ingat, tubuh tidak bisa membakar satu area saja di tubuh, sehingga cara terbaik adalah membakar keseluruhan lemak di tubuh.

Baca juga: 5 Tips Mudah Usir Lemak Perut

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Bagaimanakah cara mengecilkan perut tanpa olahraga? Simak beberapa tipsnya berikut ini!

Kunyah Makanan Pelan-Pelan

Otak membutuhkan waktu untuk memproses bahwa kamu sudah cukup makan. Mengunyah makanan secara menyeluruh dan pelan-pelan juga akan membuat kamu makan lebih lambat, yang dikaitkan dengan penurunan asupan makanan, peningkatan rasa kenyang, dan ukuran porsi yang lebih kecil. 

Seberapa cepat kamu menyelesaikan makanan juga dapat memengaruhi berat badan. Sebuah tinjauan dari 23 studi observasional melaporkan bahwa orang yang makan yang lebih cepat lebih cenderung menambah berat badan daripada mereka yang makan yang lebih lambat. Sehingga orang yang makannya cepat cenderung mengalami obesitas. Untuk membiasakan makan lebih lambat, hitunglah berapa kali kamu mengunyah setiap gigitan. 

Gunakan Piring yang Lebih Kecil untuk Makanan Tidak Sehat

Kini piring dibuat lebih lebar dan lebih cantik, padahal dahulu piring biasanya memiliki bentuk yang kecil. Hal ini nyatanya telah berkontribusi pada penambahan berat badan, karena menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu kamu makan lebih sedikit dengan membuat porsinya terlihat lebih besar.

Di sisi lain, piring yang lebih besar dapat membuat penyajian terlihat lebih kecil, sehingga menyebabkan kamu menambahkan lebih banyak makanan. Kamu dapat memanfaatkan ini untuk keuntungan sendiri dengan menyajikan makanan sehat di piring yang lebih besar dan makanan yang kurang sehat di piring yang lebih kecil.

Konsumsi Lebih Banyak Protein

Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan. Ia dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu makan lebih sedikit kalori. Ini mungkin karena protein memengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang, termasuk ghrelin dan GLP-1. 

Satu studi menemukan bahwa meningkatkan asupan protein dari 15 persen menjadi 30 persen kalori membantu peserta makan 441 lebih sedikit kalori per hari dan kehilangan 5 kilogram rata-rata selama 12 minggu, tanpa sengaja membatasi makanan apa pun.

Jika saat ini Anda makan sarapan berbahan dasar biji-bijian, kamu mungkin kini perlu mempertimbangkan untuk beralih ke makanan kaya protein, seperti telur.

Baca juga: Dua Cara Mudah Latih Otot Perut

Makan Makanan Kaya Serat

Makan makanan kaya serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga mencegah kamu makan berlebihan. Studi juga menunjukkan bahwa satu jenis serat, serat larut, sangat membantu menurunkan berat badan. Ia meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan.

Serat larut ini membentuk gel saat bersentuhan dengan air. Gel ini meningkatkan waktu penyerapan nutrisi dan memperlambat pengosongan perut. Serat larut hanya ditemukan pada makanan nabati. Contohnya termasuk kacang-kacangan, sereal gandum, asparagus, jeruk, dan biji rami. Suplemen penurun berat badan yang disebut glukomanan juga sangat tinggi serat kental.

Minumlah Air Secara Teratur

Minum air putih dapat membantu kamu makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama jika kamu meminumnya sebelum makan. Satu studi pada orang dewasa menemukan bahwa minum setengah liter air sekitar 30 menit sebelum makan mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori. Peserta yang minum air sebelum makan kehilangan 44 persen lebih banyak berat badan selama periode 12 minggu dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Tidur Teratur dan Hindari Stres

Dalam hal kesehatan, orang sering kali mengabaikan tidur dan stres. Padahal, keduanya sebenarnya memiliki efek kuat pada nafsu makan dan berat badan. Kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. Hormon lain, kortisol, meningkat saat kamu stres.

Hormon-hormon ini berfluktuasi dapat meningkatkan rasa lapar dan keinginan akan makanan yang tidak sehat, yang mengarah ke asupan kalori yang lebih tinggi. Terlebih lagi, kurang tidur dan stres kronis dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2 dan obesitas

Baca juga: Lakukan Gerakan Ini untuk Mengecilkan Lengan

Itulah beberapa cara mengecilkan perut buncit tanpa berolahraga. Namun jika kamu masih membutuhkan tips lain untuk menurunkan berat badan, jangan ragu untuk bertanya pada dokter di Halodoc. Dokter di Halodoc akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan. Ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter, kapan dan di mana saja!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Proven Ways to Lose Weight Without Diet or Exercise. 
Insider. Diakses pada 2021. 20 Best Ways to Get a Flat Stomach and Lose Belly Fat.
Stylecraze. Diakses pada 2021. 16 Best Ways To Lose Belly Fat Without Any Exercise.