• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet

6 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu, penyebab umum pembengkakan perut adalah gas? Menelan udara sebagai bagian dari kebiasaan gugup atau mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dapat menyebabkan produksi gas. 

Jika kamu tidak melepaskan gas ini, dapat menyebabkan perut bengkak alias buncit. Mengonsumsi makanan dan minuman manis, alkohol berlebih, lemak, kurang bergerak, tidak mengonsumsi protein yang cukup adalah beberapa penyebab lain perut buncit. Bagaimana cara mengecilkan perut buncit? Baca selengkapnya di sini!

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Peningkatan produksi hormon stres juga dapat meningkatkan penyimpanan lemak di perut. Yuk, simak apa saja yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit!

1. Jangan Makan Terlalu Banyak di Satu Waktu

Cobalah makan dalam porsi kecil dan makan secara perlahan. Mengunyah makanan dalam jumlah besar di periode waktu yang singkat dapat memberikan ketidaknyamanan pada perut dan memicu perut kembung. Mengunyah makan secara perlahan juga dapat mengurangi jumlah udara yang ditelan yang kerap terkait dengan perut buncit. 

Baca juga: 5 Tips Mudah Usir Lemak Perut

2. Jangan Mengonsumsi Makanan yang Memicu Gas

Beberapa makanan berserat tinggi bisa membuat orang menghasilkan gas dalam jumlah besar. Ini kacang-kacangan seperti lentil dan biji-bijian. Cobalah membuat catatan tentang jenis makanan yang kamu konsumsi yang kerap membuat kamu merasakan peningkatan lingkar pinggang ataupun kembung. 

Makanan berlemak juga bisa memperlambat pencernaan dan pengosongan lambung. Ini bisa bermanfaat untuk rasa kenyang. Cobalah makan lebih sedikit kacang-kacangan dan makanan berlemak untuk melihat apakah ini dapat membantu.

3. Konsumsi Serat Supaya Tidak Sembelit

Sembelit dapat memicu perut buncit. Namun, meningkatkan serat perlu dilakukan dengan hati-hati bagi orang yang kerap mengalami perut kembung karena terlalu banyak makan serat. Cobalah untuk memperbanyak minum air putih serta meningkatkan aktivitas fisik supaya tidak sembelit. 

Baca juga: Dua Cara Mudah Latih Otot Perut

4. Konsumsi Probiotik

Gas yang dihasilkan oleh bakteri di usus merupakan penyumbang utama kembung. Ada banyak jenis bakteri berbeda yang hidup di sistem pencernaan. Mengonsumsi probiotik dapat membantu mengurangi produksi gas dan kembung untuk orang dengan masalah pencernaan.

5. Tidur yang Cukup

Tidak cukup tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Banyak penelitian juga mengaitkan kurang tidur dengan penambahan berat badan, yang mungkin termasuk lemak perut.

Mereka yang tidur 5 jam atau kurang setiap malam 32 persen lebih mungkin untuk mendapatkan berat badan dibandingkan mereka yang tidur setidaknya 7 jam. Gangguan tidur juga dapat menyebabkan penambahan berat badan. 

Salah satu gangguan yang paling umum, sleep apnea, adalah kondisi ketika pernapasan berhenti berulang kali pada malam hari karena jaringan lunak di tenggorokan menghalangi jalan napas. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa pria obesitas dengan sleep apnea memiliki lebih banyak lemak perut dibandingkan pria obesitas tanpa gangguan tersebut. 

Baca juga: Lakukan Gerakan Ini untuk Mengecilkan Lengan

6. Hindari Minuman Manis

Cobalah meminimalkan jumlah gula dalam makanan dan minuman, terutama pertimbangkan untuk tidak mengonsumsi minuman manis sama sekali. Ini termasuk minuman yang dimaniskan dengan gula, soda manis, jus buah, dan berbagai minuman olahraga tinggi gula.

Butuh panduan sehat untuk mengecilkan perut buncit, bisa ditanyakan langsung ke dokter di Halodoc. Kamu bisa menanyakan apa saja dan dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Proven Ways to Reduce or Eliminate Bloating.
Healthline. Diakses pada 2020. 6 Simple Ways to Lose Belly Fat, Based on Science.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Seriously Bloated: Warning Signs You Shouldn't Ignore.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What causes abdominal bloating?