6 Hal yang Memicu Penyakit Jantung

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
6 Hal yang Memicu Penyakit Jantung

Halodoc, Jakarta – Menjalani gaya hidup sehat merupakan cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ tubuh, salah satunya adalah jantung. Jantung adalah salah satu organ dalam tubuh yang penting untuk kehidupan. Jika kesehatan jantung terganggu, kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh.

Baca juga: 7 Komplikasi Penyakit yang Sebabkan Gangguan Jantung

Penyakit jantung memiliki beragam jenis dan cukup menakutkan. Penyakit jantung yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan stroke hingga kematian. Umumnya, gaya hidup yang kurang sehat menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit jantung. Tidak hanya itu, ada beberapa kebiasaan lain yang memicu penyakit jantung pada kesehatan, yaitu:

1. Kesepian

Ada berbagai kondisi yang menyebabkan kamu selalu merasa kesepian. Kesepian tidak hanya sebatas mempunyai sedikit teman. Terjebak dalam lingkungan atau hubungan yang tidak sesuai ternyata dapat membuat orang merasa kesepian atau hampa dengan apa yang sedang dijalani. Kondisi ini meningkatkan risiko penyakit jantung pada seseorang yang alami kesepian. Merasa kesepian berkaitan dengan stres yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebaiknya lakukan kegiatan yang dapat menyenangkan diri agar tidak lagi merasa kesepian.

2. Penyakit Migrain

Seseorang dengan penyakit migrain rentan alami penyakit yang berhubungan dengan jantung. Umumnya, pengidap migrain akan mengonsumsi beberapa jenis obat, salah satunya jenis triptan. Jenis ini dapat membuat pembuluh darah menyempit. Tidak ada salahnya untuk diskusikan kepada dokter mengenai penyakit migrain yang kamu alami melalui aplikasi Halodoc

3. Tingkat Stres

Saat seseorang mengalami stres, tubuh memroduksi hormon kortisol dan adrenalin untuk merespon situasi pada tubuh. Meningkatnya hormon kortisol dan adrenalin ketika stres menyebabkan gangguan pada kesehatan jantung. Saat seseorang mengalami stres, tubuh mengalami penurunan kualitas dari endotelium yang memicu peradangan dan menyebabkan penumpukan kolesterol. Segera atasi dan cegah kondisi stres yang dialami agar kesehatan jantung tetap terjaga.

Baca juga: 5 Jenis Penyakit yang Berhubungan dengan Jantung

4. Melewatkan Sarapan

Selain menambah asupan energi untuk kegiatan kamu, rutin melakukan sarapan sehat menurunkan risiko penyakit jantung. Menurut penelitian American Heart Association, seseorang yang rutin mengonsumsi sarapan sehat berisiko lebih kecil untuk terkena sejumlah penyakit seperti penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Jangan lupa untuk pilih sarapan dengan menu yang sehat, ya!

5. Kerja Lembur

Ya, kerja lembur meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Pemicunya adalah tekanan pekerjaan yang lebih banyak mengakibatkan tingkat stres semakin tinggi. Terlalu lama duduk dan kurang aktivitas fisik juga rentan membuat tubuh menjadi sakit dan tidak semangat. Kebiasaan minum alkohol dan merokok saat bekerja lembur juga menambah risiko penyakit jantung. Sebaiknya jika kamu memiliki waktu kerja yang tidak tentu, perhatikan kesehatan dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup sehat untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Penyakit pada Gusi

Bakteri yang ada pada mulut dapat mengakibatkan penyakit jantung. Hal ini disebabkan bakteri dalam mulut sebabkan peradangan dan pembengkakan pada gusi dan pembuluh darah arteri. Kondisi ini rentan membuat seseorang alami penyakit jantung.

Baca juga: Ketahui 3 Penyakit Jantung yang Mengintai Anak

Tidak ada salahnya untuk cegah penyakit jantung dengan lakukan gaya hidup sehat dan menjaga pola makan. Dengan begitu, risiko penyakit jantung yang kamu alami akan semakin menurun.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. Surprising Things That Lead to Heart Disease
Health. Diakses pada 2019. 17 Weird Things That May Affect Your Heart Disease Risk