26 January 2019

Terlalu Banyak Duduk, Waspada 5 Penyakit Berbahaya Ini

Terlalu Banyak Duduk, Waspada 5 Penyakit Berbahaya Ini

Halodoc, Jakarta – Percayakah kamu bahwa manusia menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk dalam satu hari? Apalagi bagi pekerja kantoran atau pelajar yang memang diharuskan untuk melakukan aktivitas harian sambil duduk. Tapi ternyata, terlalu lama duduk bisa membawa dampak negatif dan bisa mengundang berbagai penyakit berbahaya, lho!

Seorang pekerja kantoran dituntut untuk duduk diam sambil menyelesaikan pekerjaan, setidaknya selama delapan jam dalam satu hari. Waktu tersebut belum termasuk perjalanan menuju kantor, makan siang, ataupun perjalanan pulang yang sebagian besar juga dilakukan sambil duduk. Lantas, apa saja gangguan kesehatan yang mengintai saat seseorang duduk diam secara berlebihan?

1. Meningkatkan Risiko Diabetes

Kebiasaan duduk diam dalam waktu yang lama ternyata bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes menyerang. Pasalnya, duduk terlalu lama akan memengaruhi kemampuan tubuh dalam memproduksi kadar insulin. Seperti diketahui, gangguan produksi insulin dalam tubuh manusia bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes menyerang.

2. Kinerja Otak Menurun

Kebiasaan duduk diam terlalu lama ternyata juga akan memengaruhi kinerja otak. Nyatanya, organ tersebut akan mengalami penurunan fungsi saat seseorang duduk terlalu lama. Hal itu berkaitan dengan kurang lancarnya sirkulasi darah dan oksigen yang terjadi pada tubuh, akibat terlalu lama duduk.

3. Risiko Penyakit Kolesterol

Risiko penyakit kolesterol juga harus diwaspadai saat terlalu lama duduk. Sebab, kebiasaan ini ternyata bisa membuat kadar “kolesterol baik” dalam tubuh berkurang, sehingga “kolesterol jahat” yang dikenal sebagai pemicu penyakit pun berkuasa di dalam tubuh. Bahkan, hanya dengan duduk diam selama dua jam disebut dapat menurunkan hingga 20 persen kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

4. Penyakit Jantung Mengintai

Orang yang duduk lebih dari 23 jam dalam satu minggu disebut memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi. Risiko ini disebut berkaitan dengan meningkatkan kadar troponin akibat terlalu lama duduk. Troponin merupakan protein yang diproduksi sel otot jantung saat merasa kesakitan. Terlalu banyak troponin bisa meningkatkan risiko serangan jantung meningkat.

Baca juga: Bagaimana Mengenali Gejala Serangan Jantung?

5. Mempercepat Penuaan

Duduk terlalu lama ternyata juga bisa memicu penuaan terjadi lebih cepat. Orang yang menghabiskan waktu hingga 10 jam dalam satu hari untuk duduk disebut berisiko mengalami penuaan hingga 8 tahun lebih cepat. Risiko penuaan jadi lebih tinggi pada wanita yang terlalu lama duduk. Hal itu diduga berkaitan dengan kondisi telomeres yang menjadi lebih pendek, yaitu topi pada ujung untai DNA yang melindungi kromosom dari kerusakan.

Baca juga: Hati-hati, Ini yang Bisa Terjadi jika Terlalu Banyak Duduk

Mengurangi Dampak akibat Duduk Terlalu Lama

Bagi sebagian orang, mungkin sulit untuk menghindari “kewajiban” duduk dalam waktu yang lama. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak akibat kebiasaan ini. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan olahraga kecil atau aktivitas fisik minimal 30 menit di sela-sela keharusan duduk yang cukup lama.

Saat di kantor, kamu bisa mengambil sedikit waktu untuk berdiri setelah setengah atau satu jam duduk diam. Cobalah untuk berjalan memutar saat ingin ke toilet atau mengisi botol minuman di dispenser, sebelum kembali duduk dan bekerja.

Cari tahu lebih lanjut seputar dampak duduk terlalu lama dan cara menghindarinya dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!