6 Jenis Buah untuk Takjil Sehat Saat Berbuka

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
takjil sehat, buah saat buka puasa

Halodoc, Jakarta - Ketika bulan puasa tiba, tentu ada beberapa hal yang harus disesuaikan, terutama soal pola makan. Energi akan semakin berkurang pada siang hari, karena tidak ada asupan makanan ataupun minuman yang  masuk dalam tubuh. Nah, ketika berbuka kamu akan membutuhkan makanan yang manis dan ringan, yang biasa disebut dengan takjil. Berikut ini jenis-jenis buah yang bisa kamu konsumsi sebagai takjil saat berbuka.

Baca juga: 5 Buah yang Direkomendasikan Dimakan saat Puasa

  • Buah Kelapa

Menjalani ibadah puasa selama satu hari penuh tentu mengurangi cairan dalam tubuh. Untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, es kelapa menjadi minuman yang tepat. Daging kelapa merupakan pembangkit energi yang baik. Apabila cadangan energi kamu cukup baik, maka kinerja organ-organ dalam tubuh juga akan berjalan dengan baik pula.

  • Buah Kurma

Kurma dapat membantu mengembalikan kadar glukosa darah dengan cepat. Kurma mengandung banyak gula alami, serat, mineral, fitonutrien, kalium, magnesium, zat besi, protein, dan lemak. Kurma mudah dicerna, sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi. Selain itu, Kurma bermanfaat dalam mengobati konstipasi, diare dan gangguan usus, serta membantu meningkatkan kesehatan jantung.

  • Buah Blewah

Blewah mengandung nutrisi yang banyak dan cukup beragam, yaitu kandungan mineral kalium, pro-vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serta serat makanan. Enzim yang dikandung di dalam buah blewah ini juga punya fungsi penyerapan yang baik.

Jika buah ini dikonsumsi saat buka puasa, berbagai kandungan tersebut akan membantu pencernaan dalam mencerna makanan dengan perlahan, sehingga lambung tidak mudah terluka. Karena itu, blewah disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain itu, blewah juga dapat membantu mengatasi hilangnya nafsu makan dan penyakit maag, lho. Dengan mengonsumsi buah ini, puasa akan lancar tanpa adanya gangguan pencernaan.

Baca juga: Diet Buah saat Puasa, Bolehkah?

  • Buah Timun Suri

Buah ini kaya akan air dan serat. Kandungan-kandungan tersebut tentunya akan melancarkan sistem pencernaan kamu. Buah ini cocok untuk dikonsumsi oleh  orang-orang yang mengidap sakit maag, sembelit, gastritis atau tukak lambung, agar penyakit penyakit tersebut tidak kambuh, terutama saat puasa.

  • Buah Semangka

Semangka memiliki kadar air yang tinggi, yaitu sebesar 92 persen. Selain itu, semangka juga mengandung mineral penting seperti magnesium, kalsium, natrium dan kalium yang dapat menghidrasi tubuh kamu. Ketika kamu mengalami dehidrasi, otomatis akan mengalami sakit kepala, kurangnya konsentrasi, kelelahan, dan lemas. Nah, jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah semangka saat berbuka puasa atau sahur.

  • Buah Melon

Selain akan membuat tubuh kembali segar setelah berpuasa, ternyata melon juga punya manfaat baik untuk kesehatan tubuh, lho. Melon ternyata baik dikonsumsi bagi mereka yang mengidap insomnia. Saat bulan puasa, banyak hal yang berubah, salah satunya adalah pola tidur. Nah, untuk kamu yang mengalami susah tidur, kamu bisa mengonsumsi melon sebelum tidur atau sebelum sahur berakhir.

Hal ini dikarenakan dalam melon terdapat senyawa yang bernama unique compound. Senyawa ini berguna dalam menenangkan kecemasan. Dengan demikian, melon mampu membantu pengidap insomnia untuk menyingkirkan gangguan tidur mereka dengan menenangkan sistem saraf.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Jus Jeruk Saat Buka Puasa Berefek Buruk?

Kamu ingin tahu tips-tips kesehatan lainnya? Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!