14 May 2019

6 Tips Bugar saat Puasa di Kantor Meski Dikejar Deadline

6 Tips Bugar saat Puasa di Kantor Meski Dikejar Deadline

Halodoc, Jakarta – Puasa sering dikaitkan dengan tubuh yang lemas dan tak bersemangat. Sebab, selama berpuasa kita diwajibkan untuk menahan haus dan lapar selama belasan jam. Meski menahan haus dan lapar, pekerja kantoran harus tetap mempertahankan produktivitas kerjanya. Sebagian besar pekerja kantoran menghabiskan waktu untuk duduk dan menatap layar monitor seharian.

Menuju waktu tengah hari, biasanya rasa kantuk mungkin mulai muncul yang sering disiasati dengan meminum kopi. Namun, kebiasaan ini otomatis akan hilang ketika bulan puasa tiba. Tanpa kopi, produktivitas kerja mungkin berisiko terganggu, padahal deadline sudah ada di depan mata. Jangan khawatir, beberapa tips ini bisa kamu lakukan agar tubuh tetap segar selama berpuasa. Yuk, cari tahu selengkapnya.

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan yang Sering Ditanyakan saat Puasa

1. Jangan Lewatkan Sahur

Kunci utama untuk membuat tubuh tetap segar saat puasa adalah sahur. Sahur diibaratkan sebagai pengganti sarapan untuk bekal energi menjalankan puasa. Sahur membantu tubuh tetap terhidrasi dan memberikan nutrisi untuk organ tubuh agar tetap menjalankan fungsinya dengan baik selama puasa. Melewatkan sahur justru akan membuat tubuh kamu lemas dan rentan mengalami dehidrasi.

2. Penuhi Asupan Harian

Penting untuk tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, dan serat selama berpuasa. Waktu yang tepat untuk pemenuhan asupan ini adalah saat sahur dan berbuka puasa. Sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi adalah nasi, roti, gandum, dan oat agar tubuh dapat merasa kenyang lebih lama. Sedangkan sumber protein yang baik dikonsumsi yaitu, telur, keju, atau daging rendah lemak. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan serat yang bisa diperoleh melalui buah dan sayuran.

3. Hindari Makan Terlalu Banyak

Hindari makan terlalu banyak saat sahur. Sebab, kekenyangan malah akan mengganggu proses pencernaan, sehingga perut menjadi kembung. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat juga bisa menaikkan kadar gula darah. Tingginya gula darah bisa membuat kamu mudah mengantuk yang justru akan mengganggu produktivitas kerja.

Baca Juga: Makanan Sehat yang Wajib Ada di Menu Buka Puasa

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk produktivitas, meningkatkan energi, dan menjaga kesehatan di bulan puasa. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air saat sahur. Meskipun jus, susu, dan sup termasuk sumber cairan, tetapi air putih tetap menjadi sumber cairan terbaik untuk menghidrasi tubuh. Ketika tubuh sudah terhidrasi dengan baik, tentunya kamu akan lebih mudah berkonsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan kantor meski sedang menjalankan puasa.

5. Tetap Berolahraga

Kata siapa olahraga malah bikin lemas berpuasa? Justru dengan berolahraga tubuh menjadi lebih rileks dan segar seharian. Apalagi pekerja kantoran jarang melakukan pergerakan karena hanya duduk dan menatap layar seharian. Maka itu, berolahraga adalah waktu yang tepat untuk menggerakan tubuh setelah seharian duduk di kantor. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti yoga, pilates, atau latihan kekuatan tubuh seperti sit up atau push up. Olahraga ringan ini dapat dilakukan setelah sahur atau bila tidak sempat lakukanlah di waktu luang bekerja. Hindari melakukan olahraga dengan intensitas tinggi karena bisa membuat kamu kelelahan dan dehidrasi.

6. Cukup Beristirahat

Jam tidur saat puasa pastinya akan berkurang, karena kamu harus bangun lebih awal untuk sahur. Oleh sebab itu, hindari tidur terlalu larut untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Pasalnya, perubahan jam tidur dibulan puasa bisa mengacaukan waktu istirahat apabila kamu melakukan kebiasaan begadang. Kurang tidur bisa memengaruhi kinerja otak yang dapat menghambat produktivitas kerja. Jadi, sebaiknya hindari begadang untuk hal-hal yang tidak penting ya. Segeralah menyelesaikan pekerjaan agar kamu bisa lebih cepat untuk tidur.

Baca Juga: 6 Olahraga Terbaik Jelang Berbuka Puasa

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar menjalani puasa. Kalau kamu punya gangguan kesehatan saat berpuasa, jangan ragu untuk bicara dengan dokter Halodoc . Gunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!