Lemas Saat Puasa, Tanda Salah Pola Makan?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Lemas Saat Puasa, Tanda Salah Pola Makan?

Halodoc, Jakarta - Tidak lama lagi, Ramadan tiba dan kamu yang beragama Islam harus menjalankan kewajiban puasa selama satu bulan penuh. Ini tandanya, kamu mulai memikirkan menu sahur dan berbuka, tak lupa menyediakan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima. Pasalnya, tubuh mengalami perubahan yang cukup signifikan ketika puasa, dan ini membuat tubuh sering mengalami lemas.

Biasanya, tubuh akan lemas dan lesu pada hari-hari pertama kamu berpuasa. Sebenarnya, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Lalu, apakah tubuh lemah ini ada kaitannya dengan pola makan yang salah? Baca selengkapnya di sini yuk!

Mengapa Tubuh Lemas Saat Hari-Hari Pertama Puasa?

Normalnya, tubuh memecah karbohidrat menjadi gula yang digunakan sebagai energi ketika kamu beraktivitas. Namun, tubuh lama-lama kekurangan karbohidrat yang dipecah ketika berpuasa karena tidak adanya nutrisi yang masuk dalam jangka waktu yang terbilang lama.

Baca juga: Ajak Si Kecil Lakukan Ini Agar Tak Lemas Saat Puasa

Tak heran jika pada waktu siang hingga sore hari, tubuh berada di titik paling lemah karena banyaknya energi yang hilang, sementara tubuh tidak mendapatkan nutrisi untuk membentuknya kembali. Akhirnya, tubuh memecah lemak menjadi energi cadangan supaya kamu tidak lemas dan lesu serta tetap bisa beraktivitas.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena tubuh akan menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi. Jika tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula saat sedang tidak puasa, ia akan menghemat pemecahan ini hingga tiba akhirnya waktu berbuka. Sayangnya, proses ini tidak bisa berlangsung cepat seperti yang kamu harapkan. Inilah mengapa kamu merasa lemas pada 3 hingga 4 hari puasa pertama.

Perlu kamu perhatikan, meski tubuh nantinya mampu beradaptasi, kamu tetap harus memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, kamu hanya makan sebanyak 2 kali dalam sehari dan dalam jangka waktu yang terbilang terlalu pagi dari waktu normal ketika sahur. Ini artinya, jika makanan yang kamu konsumsi tidak mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, kamu akan tetap merasa lemas selama menjalankan puasa.

Jadi, sebaiknya saat berbuka puasa, kamu makan secukupnya tapi lebih sering dibandingkan makan dengan porsi yang besar sekaligus. Hal ini dapat membantu metabolisme tubuh kamu sehingga lebih stabil.

Baca juga: Kalori yang Dibutuhkan Tubuh Saat Berpuasa

Bagaimana Supaya Tidak Lemas Saat Puasa?

Tidak sulit menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama kamu puasa, yaitu dengan memerhatikan beberapa tips mudah ini.

  • Asupan Cairan Harus Terpenuhi

Bukan hanya makan, kurangnya asupan cairan bisa membuat tubuh lemas saat sedang berpuasa. Artinya, kamu harus memenuhi asupan cairan tubuh sebanyak 8 gelas setiap hari. Kamu bisa membaginya menjadi 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah ibadah tarawih hingga menjelang tidur malam, dan 2 gelas saat sahur. Ingat, jangan minum kopi dan soda selama sahur dan berbuka, karena ini akan membuat kamu lebih cepat haus.

  • Pola Tidur Konsisten

Jika sebelumnya kamu gemar begadang, sebaiknya mulailah kurangi hal tersebut. Kala puasa, kamu harus terbangun lebih pagi untuk menjalankan sahur, dan kurang tidur hanya akan membuat kamu lupa sahur atau terbangun dengan kepala sakit. Akibatnya, kamu akan kurang bertenaga sepanjang hari.

  • Olahraga Juga Perlu

Meski sedang puasa, kamu harus tetap olahraga. Jangan malas, karena olahraga membantu meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, olahraga bisa membuat tidur kamu lebih berkualitas, lho! Jadi, masih meragukan manfaat olahraga untuk tubuh?

Baca juga: Cara Detox Tubuh dengan Puasa

Kamu pun disarankan untuk mengonsumsi vitamin agar tubuh selalu kebal dari serangan penyakit. Tidak sempat beli vitamin seharusnya bukan menjadi alasan, karena sekarang beli obat dan vitamin lebih mudah melalui aplikasi Halodoc. Pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc ya!