14 May 2018

6 Olahraga Terbaik Jelang Berbuka Puasa

6 Olahraga Terbaik Jelang Berbuka Puasa

Halodoc, Jakarta – Tinggal hitungan hari lagi umat Muslim akan mulai menunaikan ibadah puasa. Selama satu bulan penuh, tubuh akan menahan lapar dan dahaga. Pastinya, ini akan membuat kamu malas beraktivitas, termasuk berolahraga. Padahal, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh meski kamu sedang berpuasa.

Saat berpuasa, kamu tidak harus melakukan olahraga berat agar tubuhmu tidak terlalu lelah dan energi kamu tidak terkuras. Nah, ini dia jenis olahraga jelang buka puasa yang bisa kamu lakukan:

Bersepeda

Beberapa waktu belakangan ini, bersepeda sedang menjadi salah satu olahraga yang sangat digemari. Tak mengherankan, karena olahraga satu ini tidak menghabiskan banyak energi dan biaya. Cukup bersepeda selama 30 hingga 45 menit sebelum berbuka untuk membuat tubuh kamu tetap bugar. Ternyata, bersepeda ringan setiap hari bisa membakar setidaknya 300 hingga 350 kalori pada tubuh kamu, lho.

Treadmill

Jam kerja yang padat tak lantas membuat kamu tidak bisa berolahraga. Kamu tetap bisa melakukannya di dalam rumah dengan menggunakan treadmill. Alat olahraga ini memang sangat membantu jika kamu tak punya cukup waktu untuk berolahraga di luar rumah. Berlari-lari kecil di atas treadmill dengan kecepatan konstan selama 20 hingga 30 menit sebelum berbuka puasa akan membuat tubuhmu senantiasa sehat dan bugar.

Baca juga: Planking, Olahraga Ringan yang Menyehatkan Saat Puasa

Yoga

Tak hanya bersepeda, yoga juga menjadi jenis olahraga ringan yang cukup favorit, terutama bagi wanita. Tak hanya membuat pikiran menjadi lebih relaks, melakukan yoga ternyata bisa membuat proses detoksifikasi dalam tubuh kamu menjadi lebih cepat. Cukup temukan tempat yang tenang agar yoga yang kamu lakukan bisa maksimal. Rutin melakukan olahraga ini akan membuat diri kamu merasa nyaman dan tenang selama berpuasa, lho.

Jogging

Jogging atau berlari-lari kecil ternyata amat baik dilakukan meskipun kamu sedang berpuasa. Berbeda dengan berlari sprint, jogging tidak akan menghabiskan banyak energi, sehingga kamu tidak akan merasa kelelahan. Namun, kamu tetap perlu menjaga intensitas dan durasi jogging yang kamu lakukan setiap hari, supaya tubuh tidak rentan terkena dehidrasi. Durasi terbaik untuk melakukan olahraga ini adalah selama 20 sampai 30 menit.

Berjalan Kaki

Olahraga jelang buka puasa lainnya yang bisa kamu lakukan adalah berjalan kaki. Kamu bisa melakukan olahraga ini di mana saja, karena jalan kaki tidak membutuhkan tempat khusus. Melakukannya pun cukup 30 menit saja, kok. Kamu bisa memanfaatkan aktivitas tertentu untuk melakukan jalan kaki, seperti misalnya membeli makanan untuk berbuka puasa di tempat yang jaraknya sekitar 500 meter dari rumah kamu.

Baca juga: Jelang Puasa, Ingat-Ingat Olahraga Ini Bila Ramadan Tiba

Naik Turun Tangga

Sekilas, naik turun tangga akan terasa sangat melelahkan, terlebih kalau kamu sedang berpuasa. Namun, perlu diketahui bahwa ternyata melakukan naik turun tangga secara rutin bisa membakar kalori tubuh kamu hingga 178 kalori, lho! Tak harus lama-lama agar tidak menyebabkan dehidrasi, kamu cukup melakukan olahraga ini selama 10 menit setiap harinya.

 

Itu tadi enam olahraga jelang buka puasa yang bisa kamu coba sembari menunggu waktu berbuka. Meskipun dalam kondisi berpuasa, kamu tidak boleh menyepelekan kesehatan tubuh ya. Jangan pernah ada rasa malas untuk melakukannya.

Nah, apabila kamu mengalami gejala aneh saat berpuasa, jangan ragu untuk langsung bertanya pada dokter ahli melalui layanan tanya dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur live chat yang langsung menghubungkan kamu dengan dokter-dokter yang berpengalaman. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!