7 Cara Merawat Kulit Bagi yang Suka Berenang

7 cara merawat kulit bagi yang suka berenang

Halodoc, Jakarta – Berenang memang cara yang paling ampuh untuk melepaskan kepenatan serta menyegarkan pikiran. Enggak hanya menyenangkan untuk dilakukan, berenang juga merupakan olahraga yang bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan mental dan jantung. Itulah sebabnya kamu dianjurkan untuk berenang secara rutin agar tubuh dan pikiran menjadi segar. Namun, berenang setiap hari juga bisa memberi dampak yang kurang baik untuk kulit. Hal ini karena air kolam renang biasanya mengandung kaporit yang bisa membuat kulit menjadi kering. Apalagi bila kamu berenang di bawah paparan sinar matahari. Karena itu, perhatikan cara merawat kulit berikut agar kulitmu tetap sehat walau sering berenang.

1. Gunakan Sunblock Tahan Air

Sebelum berenang, ingatlah selalu untuk mengaplikasikan sunblock tahan air ke seluruh kulit tubuh untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunblock juga bisa mencegah klorin terserap oleh kulitmu yang bisa menghilangkan kelembaban alami kulit. Pilihlah sunblock dengan kandungan SPF yang cukup tinggi bila kamu ingin berenang cukup lama.

2. Mengolesi Minyak Kelapa

Selain sunblock, minyak kelapa juga efektif untuk melindungi kulitmu saat berenang. Kulit kita memiliki lapisan minyak alami yang berfungsi sebagai pelindung terhadap virus dan bakteri, sehingga kulit dapat tetap sehat. Nah, ketika berenang di air kolam renang yang mengandung klor, minyak alami kulit bisa berkurang, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan rentan mengalami infeksi. Jadi, oleskanlah kulit dengan minyak kelapa atau coconut oil yang bisa melembapkan sekaligus melindungi kulit dari bakteri dan bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kolam renang.

3. Membilas Diri Sebelum Berenang

Kebiasaan membilas diri sebelum berenang ternyata sangat baik untuk kesehatan kulitmu lho. Setelah menggunakan sunblock, tunggulah selama beberapa menit agar sunblock bisa diserap dengan baik oleh kulit, kemudian bilas diri sebentar di bawah pancuran air. Cara ini bertujuan untuk menjaga kebersihan kolam renang, tapi juga bermanfaat untuk membantu menghidrasi kulit, mencegah kulit menyerap air kolam, serta membantu sunblock agar lebih kuat melindungi kulitmu.

4. Minum Banyak Air

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah kulit kering akibat terlalu sering berenang adalah dengan minum banyak air putih. Jadi, pastikan kamu minum air putih yang cukup sebelum, sesaat, serta sesudah berenang agar kulit tetap lembap dan sehat.

5. Mandi dengan Air Hangat

Setelah keluar dari kolam renang, kamu disarankan untuk langsung mandi dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit kamu, sehingga bakteri dan kotoran yang menempel pada kulit bisa hilang. Selanjutnya, gunakan sabun anti-klorin untuk membersihkan tubuh. Kemudian, bilas tubuh dengan air dingin untuk membantu mengencangkan pori-pori. Air dingin juga bisa mencegah kulit kehilangan kelembapannya.

6. Gunakan Bedak

Menggunakan bedak badan di area seperti ketiak bisa membantu kulitmu kering lebih cepat setelah berenang. Selain itu, bedak juga bisa membantu menyerap sisa klorin yang mungkin masih menempel di kulit kamu. Hanya pastikan untuk tidak menggunakan bedak di bagian-bagian tubuh yang perlu dilembapkan.

7. Pakai Pelembap

Rutinitas perawatan kulit yang paling penting untuk kamu yang suka berenang adalah menggunakan pelembap. Gunakan pelembap setelah mandi selesai berenang agar kulit tetap lembap dan sehat.

Itulah beberapa cara merawat kulit bagi yang suka berenang. Bila kulit tubuhmu bermasalah atau timbul iritasi bahkan mengelupas, coba tanyakan kepada dokter kulit lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: