12 November 2018

7 Jenis Amnesia yang Perlu Diketahui

Jenis penyakit amnesia

Halodoc, Jakarta - Amnesia merupakan salah satu penyakit yang dapat terjadi secara tiba-tiba, atau berkembang secara perlahan. Bisa jadi, kondisi ini merupakan gejala dari suatu masalah kesehatan serius yang mengganggu daya ingat.

Amnesia sendiri merupakan kondisi ketika seseorang kehilangan memori ingatannya, gangguan ini menyebabkan seseorang tidak bisa mengingat pengalaman, kejadian yang pernah dialami, dan mengingat informasi. Selain itu, pengidap amnesia juga akan kesulitan untuk membentuk ingatan baru. Amnesia juga dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

  • Amnesia Anterograde

Jenis amnesia ini merupakan gangguan daya ingat terkait peristiwa masa lalu yang masih melekat pada pengidap amnesia jenis ini. Namun, pengidap anemia ini hanya dapat mengingat peristiwa yang sudah berlalu.

Penyebabnya adalah karena adanya peradangan pada bagian jaringan otak seseorang, akibat dari suatu penyakit. Bisa juga kondisi ini terjadi karena pengidap mengalami keracunan alkohol yang menyerang otak. Nah, akibat dari amnesia anterograde ini, pengidap hanya bisa mengingat kejadian dan peristiwa sebelum mengalami amnesia.

  • Amnesia Retrograde

Amnesia jenis ini ditujukan kepada seseorang yang kesulitan untuk memperoleh kembali ingatan di masa lalu. Hal yang menyebabkan seseorang mengidap amnesia jenis ini karena pernah mengalami cedera pada otak atau pernah menjalani operasi di bagian kepala, sehingga mengakibatkan hilangnya sebagian memori ingatan. Bisa jadi amnesia ini dikarenakan kurangnya nutrisi dalam tubuh atau adanya kerusakan pada otak.

  • Blackout Amnesia

Amnesia jenis ini disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Seseorang yang mengalami blackout amnesia ini akan kehilangan memorinya dalam keadaan mabuk. Setelah sadar, orang yang mengalami blackout ini akan lupa apa yang dikatakan atau dilakukan pada saat mereka dalam keadaan mabuk.

  • Transient Global Amnesia

Pengidap amnesia jenis ini biasanya akan mengalami hilang ingatan pada kejadian tertentu secara total, walaupun kejadian tersebut baru saja dialaminya. Amnesia jenis ini disebabkan karena adanya cedera yang berhubungan dengan kepala akibat dari terlalu sering melakukan aktivitas yang berat.

  • Amnesia Lakunar

Pengidap amnesia ini akan mengalami hilangnya ingatan mengenai suatu peristiwa secara acak. Amnesia jenis ini tidak akan merusak ingatan di masa lalu atau yang baru saja terjadi. Amnesia jenis ini terjadi karena seseorang mengalami kerusakan pada bagian otak yang terjadi pada limbik.

  • Amnesia Disosiatif

Amnesia jenis ini merupakan kondisi ketika pengidap tidak mampu untuk mengingat berbagai informasi pribadi yang bahkan dinilai sangat penting. Pengidap amnesia jenis ini bisa saja lupa siapa nama dan segala hal yang erat kaitannya dengan pribadinya.

Biasanya, pengidap amnesia jenis ini pernah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan trauma pada kepalanya, atau bisa juga karena mengalami kondisi stres.

  • Amnesia Infantil

Amnesia jenis ini merupakan istilah lain dari childhood amnesia. Amnesia ini mengakibatkan orang dewasa tidak bisa mengingat ingatan atau peristiwa dengan spesifik masa kecil. Penyebabnya bisa saja karena pengidap amnesia jenis ini mengalami reorganisasi otak dengan masuknya berbagai macam hal baru ke dalam otak mereka untuk mereka pelajari.

Perhatikan gejala-gejala amnesia yang terjadi pada diri kamu atau orang-orang terdekatmu. Amnesia yang tidak ditangani oleh dokter bisa jadi akan memperparah kondisi amnesia yang sedang dialami. Di Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan, dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!

Baca juga: