7 Manfaat Biji Pepaya yang Belum Banyak Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
7 Manfaat Biji Pepaya yang Belum Banyak Diketahui

Halodoc, Jakarta - Saat terserang sembelit, buah pepaya menjadi salah satu alternatif pengobatan alaminya. Dimakan langsung atau dijus, buah pepaya memiliki rasa yang lezat sehingga disukai semua kalangan. Namun, tahukah kamu bahwa tidak hanya dagingnya, biji dari buah pepaya juga memiliki manfaat. Biji pepaya mengandung berbagai mikronutrien esensial, bahkan juga dilengkapi dengan polifenol dan flavonoid seperti daging buahnya. 

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Kegunaan Biji Pepaya untuk Kesehatan

Cara untuk mengonsumsi biji pepaya, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari memakannya langsung bersama daging buahnya atau digerus hingga lumat agar lebih halus. Nah, mari simak manfaat biji pepaya untuk kesehatan berikut ini: 

  • Menjaga Fungsi Pencernaan

Sama halnya dengan daging buah pepaya, biji buah pepaya menjadi sumber serat untuk menjaga fungsi pencernaan. Dengan asupan serat yang mencukupi, kamu lebih mudah buang air besar dan terhindar dari masalah sembelit (susah buang air besar). Dengan pencernaan yang sehat, maka kamu terhindar dari berbagai penyakit pencernaan yang berbahaya seperti radang usus, mencegah luka usus, hingga wasir.  Ketika gangguan pencernaan mengganggu aktivitas, segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan tepat dari dokter. Lebih mudah kini buat janji dengan dokter bisa dilakukan melalui aplikasi Halodoc.

  • Melindungi Kinerja Ginjal

Sebagai organ yang bertugas menyaring cairan yang masih dan yang tidak diperlukan lagi dari dalam tubuh, memiliki ginjal sehat adalah suatu keharusan. Untuk membantu fungsinya ini, kamu bisa konsumsi biji buah pepaya demi melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal. Hal ini karena kandungan tinggi antioksidan dalam biji buah pepaya bisa menghambat kerusakan sel-sel ginjal sehingga menjaga fungsinya. 

  • Mencegah Kanker

Biji pepaya mengandung antioksidan sehingga dapat mencegah serangan penyakit kanker. Sebuah penelitian pada tahun 2014 yang diterbitkan oleh Nutrition and Cancer menyebutkan bahwa biji pepaya memiliki sifat anti-kanker berkat segudang nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan 

  • Menjaga Kesehatan Hati

Biji pepaya juga mengandung nutrisi vital yang efektif membantu menyembuhkan sirosis atau kerusakan hati kronis. Kamu bisa menumbuk atau melumatkan 5 hingga 6 biji pepaya, kemudian kamu bisa memasukkannya ke dalam makanan atau jus. Konsumsi secara rutin setidaknya dua kali sehari selama satu bulan untuk mendapatkan kembali organ hati yang sehat. Tidak hanya itu, biji pepaya juga bertindak sebagai detoks alami bagi hati sehingga dengan mengonsumsinya secara rutin bisa menyehatkan fungsi hati.

  • Melawan Infeksi

Tidak hanya anti kanker, yang tidak kalah penting dari manfaat biji pepaya adalah kemampuannya melawan infeksi yang ada di dalam tubuh, entah itu akibat jamur atau parasit. Selain itu, mengonsumsi ekstrak biji pepaya kering dengan madu efektif dalam membunuh parasit yang bersarang di usus sehingga kinerja usus menjadi semakin baik. 

  • Kontrasepsi Alami

Sejak berabad-abad lamanya, manfaat biji pepaya bisa dimanfaatkan sebagai kontrasepsi alami dan mengontrol kesuburan yang bebas efek samping. Untuk itu, bagi wanita yang sedang ataupun ingin segera hamil, maka konsumsi biji pepaya bisa menjadi salah satu rahasianya. Sementara untuk kaum pria, biji buah pepaya bisa kamu konsumsi 1 sdt biji pepaya setiap hari selama 3 bulan untuk mengurangi produksi sperma tanpa memengaruhi libido. Namun, saat konsumsi biji pepaya dihentikan, maka kesuburan bisa kembali normal. 

  • Menghilangkan Uban

Manfaat biji pepaya bisa digunakan untuk penghilang uban. Bubuk biji pepaya yang telah dikeringkan dan ditumbuk halus dipercaya membantu menghilangkan uban di rambut. Kamu bisa menggunakannya secara rutin pada saat mandi lalu keramas dengan air bersih.

Baca Juga: Selain Buah, Daun Pepaya juga Punya Manfaat untuk Kesehatan

Referensi:
Livestrong (Diakses pada 2019). The Nutritional Value of Papaya Seeds..
Healthline (Diakses pada 2019). Can You Eat Papaya Seeds?